Sukses

2 Ribu Buruh Sempat Blokir Pintu Tol Bitung dan Balaraja

Setelah berdiam dan menutup pintu tol sekitar 45 menit, mereka kemudian bergerak ke kantor Kabupaten Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - Hari Buruh atau May Day pada 2 Mei 2015 telah berlalu. Namun rupanya aksi para buruh masih berlanjut. Seperti yang terjadi di Provinsi Banten.

Dua ribu buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang melakukan unjuk rasa dengan memblokir pintu Tol Bitung dan pintu Tol Balaraja. Akibatnya lalu lintas macet sepanjang 3 kilometer.

"Kami melakukan orasi di beberapa titik vital di Kabupaten Tangerang. Seperti Tol Balaraja, Tol Bitung, dan yang terakhir di kawasan Pasar Kemis atau Kedaton," ujar Koordinator KSPSI Kabupaten Tangerang Suherman di lokasi, Tangerang, Banten, Rabu (6/5/2015).

Menurut dia, aksi ini masih merupakan rangkaian peringatan Hari Buruh. Setelah berdiam dan menutup pintu tol sekitar 45 menit, mereka kemudian bergerak ke kantor Kabupaten Tangerang.

"Kami berkumpul di kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang untuk berorasi di hadapan Bupati Tangerang. Dengan harapan, para penjabat tersebut bisa menyerap, mendengar serta melakukan tindakan akan aspirasi kami," ujar dia.

Para buruh ini menuntut upah layak sesuai dengan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) yang sudah ditetapkan. Dan juga peningkatan pelayanan BPJS yang sampai saat ini dirasa masih belum memadai.

Sebelum melakukan aksi, ribuan buruh ini melakukan melakukan sweeping ke beberapa pabrik yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Akibatnya, sempat terjadi adu mulut antara buruh dengan manajemen perusahaan yang tak mengizinkan karyawannya untuk ikut berdemonstrasi.

"Jangan terprovokasi. Ingat tujuan kita," pungkas Suherman. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini