Sukses

Di Mana Budi Gunawan saat Pelantikan Kapolri Badrodin Haiti?

Sejumlah pejabat menghadiri acara tersebut, dari menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, dan para perwira tinggi Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi secara resmi melantik Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri pagi tadi. Sejumlah pejabat menghadiri acara tersebut, dari menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, dan beberapa perwira tinggi Polri.

Namun tak nampak kehadiran Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) Komjen Pol Budi Gunawan yang sempat menjadi calon tunggal Kapolri sebelum akhirnya digantikan oleh Badrodin. Lalu di manakah pria yang karib disapa BG itu saat pelantikan Badrodin berlangsung?

"‎Beliau tidak bisa hadir. Beliau lagi tugas di Bandung," ujar Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (17/4/2015).

Dia mengatakan, tugas tersebut terkait dengan jabatan BG saat ini sebagai Kalemdikpol.

"Itu acara pembukaan pendidikan Sespimti (Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri). Karena beliau kan Lemdikpol kan," ucap Budi.

‎Jokowi melantik Badrodin sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Sutarman. Sebelum Badrodin, Presiden sempat mengajukan nama Komjen Pol Budi Gunawan sebagai pengganti Sutarman.

Namun, sebelum uji kelayakan dan kepatutan, mantan ajudan Presiden Megawati itu ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Pasca-penetapan itu, hubungan antar-kedua lembaga sempat memanas lantaran Polri juga menetapkan 2 pimpinan KPK Bambang Widjojanto dan Abraham Samad sebagai tersangka.

Meski akhirnya BG memenangkan sidang praperadilan, Jokowi membatalkan pencalonannya dan menggantinya dengan Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti. Serta mencopot 2 pimpinan KPK dan melantik 3 pimpinan sementara. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.