Sukses

Menlu: Mahasiswa RI di Yaman Bisa Lanjutkan Studi di Dalam Negeri

Retno memastikan, WNI yang kembali ke Indonesia bisa melanjutkan studi di cabang Universitas Al Ahgaff yang berada di Cirebon.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Al Ahgaff di Tarim, Yaman mengimbau mahasiswa asal Indonesia yang tengah menuntut ilmu tidak meninggalkan Yaman agar proses studi mereka tak terganggu.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) langsung merespons imbauan tersebut. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi justru menekankan, karena keadaan di Yaman dinamis, mahasiswa asal Indonesia diminta untuk kembali ke Tanah Air.

"Kemlu sudah bertemu dengan para pengurus lembaga pendidikan. Kami menjelaskan imbauan pemerintah kepada para pelajar jika mereka meninggalkan Yaman mereka tidak hilang (proses pendidikannya)," kata Retno di Jakarta, Senin (6/4/2015).

Retno memastikan, para WNI yang kembali ke Indonesia bisa melanjutkan pendidikannya. Mereka akan dirujuk untuk belajar di cabang Universitas Al Ahgaff di Tanah Air di Cirebon, Jawa Barat.

Bukan hanya belajar, Kemlu memastikan hingga sampai ujian bisa dilakukan di Cirebon. Sehingga, dengan adanya kemudahan ini diharapkan mahasiswa Indonesia yang berada di Yaman mau kembali.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu Muhanad Iqbal, turut angkat bicara terkait isu adanya warga Indonesia yang tanpa dokumen di Yaman. Dia mengatakan kabar tersebut tak benar.

Iqbal mengatakan, isu itu muncul karena banyak WNI yang menikah dengan warga lokal Yaman. Warga lokal tersebut yang sempat dituding sebagai WNI tanpa dokumen.

"Kami sejauh ini tidak mendapat info soal WNI tak berdokumen. Mereka bukan WNI, mereka istri WNi," sebut dia.

Lebih lanjut, Iqbal menyatakan, dorongan agar WNI mau pulang ke Indonesia sudah berjalan baik. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya permintaan dari para WNI untuk segera dipulangkan. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini