Sukses

Kuliner yang Menggoyang Lidah di Jalan Barito

Beragam kuliner tersedia di Jalan Brito, Jakarta Selatan ini. Mulai dari kopi hitam, bubur manado, hingga selat solo.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Barito, Jakarta Selatan, memiliki sederet jajanan kuliner. Mulai dari yang harganya mahal hingga sangat bersahabat di kantong.

Dalam Jelajah Kuliner yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (27/12/2014), untuk memulai hari saat cuaca hujan seperti saat ini, kopi menjadi minuman yang nikmat.

Kopi Kamu yang terletak di Jalan Mahakam II No 1 menyajikan beraneka ragam jenis minuman kopi.  Salah satu sajiannya adalah black coffee. Biji kopinya lokal dan berasal dari Medan. Ciri khas kopi Medan ini tidak terlalu asam dan jenisnya adalah kopi robusta.

Black coffee ini kopi murni atau espresso, yaitu tidak dicampur susu atau gula sama sekali dan ciri khasnya adalah tidak ada rasa asam di kopinya. Secangkir black coffee dihargai Rp 25.000.

Selanjutnya ada Rarampa, restoran yang menyajikan masakan khas Manado. Salah satu menu favoritnya adalah bubur manado. Bedanya bubur manado dengan bubur pada umumnya adalah kaya dengan rempah-rempah. Ada rasa asin dan bau harum dari daun kemanginya. Ada tambahan ikan asin dan sambal, sehingga kaya akan rasa.

Menu selanjutnya adalah ayam woku. Cara membuatnya tidak sulit, bumbu woku yang merupakan campuran dari cabe rawit keriting, jahe, bawang putih, dan kunyit ditumbuk.

Rasa ayam woku ini menggugah selera, karena ada daun kemangi yang dominan tetapi kunyitnya juga sangat terasa. Dengan merogoh kocek Rp 35.000 untuk seporsi bubur manado dan Rp 40.000 untuk seporsi ayam woku, Anda sudah pasti kenyang usai menyantapnya.

Dan kuliner terakhir yang dapat dicoba di Kawasan Barito ini adalah D'Solo. Salah satu menu favoritnya adalah selat solo. Isi dari selat solo ini adalah daging khas dalam yang sudah dimasak lama agar empuk, lalu ada sayur yang terdiri dari kentang, buncis, wortel, tomat, selada, acar, dan pelengkapnya telur.

Cukup dengan Rp 30.000, Anda sudah dapat menikmati 1 porsi selat solo yang memiliki rasa khas Jawa Tengah, serta manis dan asam karena acarnya ini.

Tertarik untuk mencicipinya? Tak ada salahnya saat lewat di Jalan Barito Anda melipir untuk mampir berjelajah kuliner. Selamat mencoba... (Vra/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.