Sukses

Jurus Menteri Marwan Giatkan Transmigrasi

Di daerah transmigrasi akan dibangun sarana prasarana seperti sekolah, puskesmas, tempat ibadah, bahkan kawasan industri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar menegaskan, kementeriannya berkomitmen menggiatkan program transmigrasi. Sebab, selama ini program transmigrasi mulai tenggelam.

"Selama ini transmigrasi tidak kedengaran gaungnya. Periode ini akan kita giatkan kembali," kata Marwan di kantornya, Jakarta, Jumat (12/12/2014).

Marwan mengatakan, langkah awal menggiatkan program transmigrasi tersebut dengan membangun rumah untuk para anggota TNI Angkatan Darat. Kementeriannya dan TNI AD sudah sepakat akan membuat program transmigrasi secara terpadu.

"Rencananya akan dibangun di Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Kita berencana bangun 6 ribuan rumah di sana," ungkap dia.

Selain itu, Marwan menyebutkan, Kalimantan dipilih sebagai daerah transmigrasi karena bertujuan untuk menjaga perbatasan Indonesia. Sebab Kalimantan menjadi pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Ke depan, Marwan menambahkan, di daerah transmigrasi tersebut akan dibangun pula sarana prasarana seperti sekolah, puskesmas, tempat ibadah dan bahkan jika memungkinkan dibangun kawasan industri.

"Masterplan-nya sudah keluar dan tinggal kita implementasikan. Ini tinggal menunggu anggaran 2015 keluar," tandas Marwan. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.