Sukses

Ditanya Hadir ke Munas Golkar di Ancol, Ini Jawaban Mendagri

Meski menyatakan hadir, Mendagri Tjahjo Kumolo tidak akan membuka Munas Golkar kubu Agung Laksono.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Musyawarah Nasional (Munas) IX Partai Golkar yang diselenggarakan di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, dikabarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan hadir.

Saat dikonfirmasi oleh Liputan6.com, tersirat Tjahjo akan menghadiri Munas Golkar kubu Agung Laksono tersebut.

"Pemerintah dan sebagai Mendagri pada prinsipnya tidak ingin ikut campur permasalahan internal partai politik. Kemendagri sudah koordinasi dengan MenkumHAM untuk tetap terus mencermati setiap gelagat perkembangan dinamika internal partai politik. Kita cermati dulu, sebagai pemerintah kalau memonitor kan boleh-boleh saja," ujar Tjahjo melalui BlackBerry messenger (BBM) kepada Liputan6.com, Sabtu (6/12/2014).

Meski menyatakan hadir, Mendagri Tjahjo Kumolo tidak akan membuka munas tersebut. "Kita tidak pada posisi membuka sebuah munas atau kongres partai. Kan partai-partai sudah mandiri, sesuai AD/ART yang diyakininya."

Saat ditanya dirinya mendapat undangan atau tidak ketika Golkar mengadakan Munas di Bali, Tjahjo menegaskan tidak memperolehnya. "(Saya) tidak dapat undangan," tukas dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Munas Tim Penyelamat Partai Golkar, Yorrys Raweyai menegaskan, munas tersebut selain akan dihadiri pemerintah, sejumlah ketua parpol bakal datang.

"Kami sudah undang ketua parpol, unsur pemerintah. Mendagri terkonfirmasi akan hadir, kemudian Gubernur DKI hadir," jelas Yorrys.

Meski demikian, mantan Ketua Umum Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tidak bisa hadir di Munas Golkar di Ancol, Jakarta. "SBY sampaikan maaf dia baru mendarat (dari kunjungan ke China)," pungkas Yorrys. (Ans/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini