Sukses

Ical Diundang ke Munas Tandingan Golkar Kubu Agung Laksono?

Munas yang diselenggarakan di Ancol ini merupakan perlawanan terhadap Munas kubu Ketua Umum Aburizal Bakrie atau Ical Cs di Nusa Dua, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Kubu Agung Laksono dkk akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar tandingan di Ancol, Jakarta Utara. Munas yang diselenggarakan ini merupakan perlawanan terhadap Munas kubu Ketua Umum Aburizal Bakrie atau Ical cs di Nusa Dua, Bali.

‎Politisi Partai Golkar, Agun Gunanjar Sudarsa mengatakan, panitia penyelenggara Munas Golkar versi Agung ini mengundang seluruh ketua umum partai. Namun, dia mengaku tidak tahu, apakah sejumlah menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK juga akan hadir dalam munas ini?

"Untuk menjawab seperti itu saya belum bisa mengonfirmasi karena itu bagian dari tugas penyelenggara, saya tidak menjadi bagian dari organization comittee. Tapi yang jelas, kita memang melayangkan beberapa undangan ke berbagai orang ya, termasuk kepada pimpinan-pimpinan partai, ketuanya," ujar Agun usai diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/12/2014).

Lalu apakah Ical juga akan diundang dalam Munas ini?

"Oh tidak tahu, coba tanya Ketua Penyelenggaranya Pak Yorris (Yorrys Raweyai)‎," ujar Agun.

Agun mengklaim, munas yang diselenggarakan kubu Agung ini adalah konstitusional. Di mana penyelenggaraannya mengacu pada UU Partai Politik. "Munas konstitusional yang mengacu pada UU partai politik," ujar dia.

Agun menuturkan, DPD-DPD Partai Golkar juga akan hadir dalam Munas ini. Terutama DPD Partai ‎Golkar Bali. "Diundang, karena memang yang dari Bali semua yang kita undang," kata dia.

Munas IX Partai Golkar kubu Agung Laksono akan digelar Sabtu siang ini di Ancol, Jakarta Utara. Dikabarkan, acara Munas tersebut akan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sekaligus politikus PDIP Tjahjo Kumolo.

Duduk sebagai Ketua Steering Committee (SC) Munas kubu Agung ini adalah Yorrys Raweyai. Baik Agung maupun Yorrys‎ merupakan 2 dari sekian nama kader Golkar yang sebelumnya telah dipecat oleh Ical.

‎Berdasarkan informasi, ada 3 calon ketua umum yang bertarung dalam Munas IX Partai Golkar versi Agung ini. Mereka adalah Agung, Priyo Budi Santoso, dan Agus Gumiwang Kartasasmita. Munas ini merupakan bentuk perlawanan sejumlah kader Golkar yang berseberangan dengan Ical yang baru saja terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum dalam Munas IX Golkar di Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu.

Di dalam acara Munas kubu Ical di Bali itu, DPP Partai Golkar juga memecat 15 orang pengurus termasuk Agung, Priyo, Agus, dan Yorrys. Mereka dianggap melawan keputusan partai dengan membentuk Presidium Penyelamat Partai Golkar yang tidak diakui oleh kubu Ical. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.