Sukses

WNI Terjebak di Burkina Faso, Pemerintah Diminta Segera Evakuasi

2 WNI di Burkina Faso itu berasal dari Yogyakarta dan Jawa Barat. Keduanya tengah bekerja selama 1 bulan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dua warga negara (WNI) dikabarkan terjebak di negara Burkina Faso. Negara yang terletak di benua Afrika itu saat ini tengah dilanda konflik yang terus memanas.

Salah satu dari 2 WNI yang berada di Burkina Faso yakni Bandu Hermawan. Keberadaan Bandu di negara itu diketahui dari postingan di media sosial Facebook yang baru-baru ini ramai dibicarakan.

Kakak Bandu, Mahari Yuwanto, meminta agar Pemerintah RI segera mengevakuasi 2 WNI tersebut. "Ada satu lagi WNI dari Jawa Barat. Satu lagi dari India katanya. Negara Burkina Faso tengah konflik di sana," kata Yuwanto kepada Liputan6.com, Senin (3/11/2014).

Yuwanto menjelaskan, adiknya berada di negara itu karena urusan pekerjaan selama satu bulan. Sementara Bandu sudah berada di negara itu sekitar 2 minggu.

"Kerjaannya sebagai mapping, itu lho kalau ada yang mau nanam pohon jarak untuk minyak itu. Rencananya sebulan di sana," ujar Yuwanto yang beralamat di Prawirotaman, Yogyakarta.

Menurut Yuwanto, hari ini adiknya sudah berkomunikasi dengan keluarga memberitahukan bahwa kondisinya baik dan telah mendapatkan tiket pesawat dalam 3 hari ke depan. Namun Yuwanto mengaku belum lega karena adiknya bisa saja memberitahukan hal itu untuk menenangkan keluarga di Indonesia.

"Tadi telepon 3 hari lagi dapat tiket, sekarang di hotel. Di sana lagi konflik jadi mungkin nenangin keluarga jadi bilang ada tiket beberapa hari lagi," ujar Yuwanto. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.