Sukses

Jokowi Mulai Bangun Infrastruktur Tol Laut

Pembangunan tol laut diharapkan dapat menekan tingginya harga di beberapa daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pembangunan dermaga baru untuk distribusi barang di kawasan Marunda, Jakarta Utara, dengan Kementerian Perhubungan.

Gubernur DKI yang juga pemenang pemilu presiden 2014 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan dermaga tersebut merupakan langkah awal dalam membangun program maritim yang menjadi visi dan misinya sebagai presiden terpilih. Menurut Jokowi, program pembangunan dermaga tersebut sejalan dengan ide tol laut yang menjadi program unggulannya.

"Yang namanya perbaikan di dunia maritim itu perlu segera dilaksanakan. Ini sejalan kok (dengan program tol laut)," ujar Jokowi usai menandatangani MoU di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Jokowi juga mengungkapkan, dengan pembangunan tol laut ia yakin dapat memperbaiki manajemen logistik nasional. Jika program ini sudah berjalan, diharapkan dapat menekan tingginya harga di beberapa daerah.

Terkait pembangunan Dermaga Marunda,  mantan walikota Solo ini mengatakan dermaga tersebut dapat mempersingkat distribusi barang. Ia mencontohkan seperti distribusi barang dari Medan ke Jakarta atau sebaliknya.

"Kalau pada masa sebelumnya distribusi barang antar dua daerah tersebut harus melalui Pelabuhan Merak-Bakauheuni, dengan dermaga ini jalur distribusi bisa dipotong langsung dari Medan ke Marunda," ucap dia.

‎Sementara Direktur Utama KBN Sattar Taba mengungkapkan, pembangunan dermaga akan dimulai tahun ini usai penandatanganan MoU. Ditargetkan pembangunan selesai pada pertengahan 2015.  

"Target selesainya pada pertengahan 2015. Habis ini kita bangun di Banyuwangi sembari kita siapkan kapal kecil untuk melanjutkan distribusi dari dermaga itu ke daerah lainnya," ucap Sattar. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini