Sukses

Pemasangan Papan Larangan Prostitusi di Gang Dolly Berujung Ricuh

Perlawanan dari warga Jarak dan Dolly serta Forum Pekerja Lokalisasi (FPL) terjadi di Jalan Dukuh Kupang.

Liputan6.com, Surabaya - Rencana Pemerintah Kota Surabaya mamasang papan imbauan kampung bebas lokalisasi dan prostitusi di Gang Dolly, Kelurahan Putat Jaya, Surabaya mendapat perlawanan dari warga terdampak dan Front Pekerja Lokalisasi (FPL).

Seperti pantauan Liputan6.com, Minggu (27/7/2014), setelah warga berhasil memukul mundur petugas Satpol PP Kota Surabaya dan sempat membakar papan imbauan tersebut, beberapa menit kemudian petugas kepolisian bertindak tegas dengan melaukan sweeping ke perkampungan Dolly dan Jarak, serta menangkap para pelaku perusakan papan imbauan.

Ratusan polisi bersenjata lengkap itu berjalan kaki dari Jalan Dukuh Kupang tempat terjadi amuk massa menolak pemasangan papan pengumuman hingga Gang Dolly. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama ke arah Putat Jaya dan kelompok kedua ke Jarak serta Dolly.

Aparat keamanan sempat mengimbau warga yang berkerumunan untuk membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing.  Tak hanya itu, aparat juga menyisir perkampungan Jarak dan mencari warga yang ikut membakar papan pengumuman bertuliskan 'Kelurahan Putat Jaya, Kampung Bebas Lokalisasi Prostitusi' itu dan melakukan pelemparan batu ke polisi.

Posko FPL yang lokasinya tak jauh dari Gang Dolly juga tak lepas dari incaran polisi. Sejumlah anggota FPL diperintahkan tiarap di lantai, selanjutnya polisi melakukan pemeriksaan.

Seorang pemuda yang berada di dalam posko FPL saat digiring ke luar terlihat berdarah-darah di wajahnya. Belum diketahui identitas sang pemuda yang menderita luka itu.

Pentolan FPL yang biasa dipanggil Pokemon juga dikabarkan diamankan. Selama sweeping aparat juga terlihat mengamankan sejumlah orang di Jalan Jarak. Spanduk-spanduk bernada penolakan penutupan Dolly dan Jarak juga dicopoti.

Belum bisa dikonfirmasi jumlah orang yang telah diamankan polisi. Untuk pengamanan pemasangan papan itu, Polrestabes Surabaya mengerahkan 500 personel, termasuk kendaraan taktis water canon.

Warga Blokade Jalan Jarak

Sebelum aparat melakukan sweeping, terjadi bentrokan dengan warga dan anggota Forum Pekerja Lokalisasi(FPL) menjelang pemasangan papan imbauan bebas prostitusi di Gang Dolly dan Jalan Jarak.

Kabag Ops Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran mengatakan, kegiatan pemasangan papan tersebut merupakan tindak lanjut dari deklarasi penutupan lokalisasi Dolly. "Papan dipasang di dua titik yakni di Simpang Tiga Girilaya dan Raya Dukuh Kupang," tuturnya.

Sebelum menuju lokalisasi Jarak dan Dolly pihak Pemkot Surabaya dan Polrestabes, serta TNI Gartap II Surabaya melaksanakan apel persiapan yustisi di halaman Polrestabes Surabaya pukul 08.00 WIB.

Dari pantauan Liputan6.com, di sepanjang Jalan Raya Dukuh Kupang, warga sekitar Jarak sudah terlihat sejak pagi. Bahkan mereka menyiapkan batu untuk melakukan aksi anarkhis dan bersiap melawan pihak Pemkot yang akan memasang papan imbauan tersebut.

Perlawanan dari warga Jarak dan Dolly serta Forum Pekerja Lokalisasi (FPL) terjadi di Jalan Dukung Kupang. Mereka membakar papan imbauan disertai aksi lempar batu ke arah petugas keamanan. Tak hanya itu warga juga membakar ban bekas akibat tersulut emosinya, saat petugas berusaha memadamkan api yang membakar ban dan papan imbauan di depan Jalan Jarak.

Satpol PP dan aparat kepolisian akhirnya memilih mundur. Sementara berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, papan imbauan tersebut dipasang di dua titik. Yaitu di jalan Girilaya jalan menuju Dolly dari arah Pasar Kembang, serta di depan Jalan raya Dukuh Kupang akses jalan masuk ke Dolly dari Jarak. Pemasangan ini disaksikan langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Baca juga:

PSK Eks Dolly Hijrah ke Palembang?

Jelang Puasa, Eks Dolly Ditertibkan Ratusan Petugas Gabungan

Jelang Ramadan, PSK Dolly Pulang Kampung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.