Sukses

Gempa 5,9 SR Guncang Nias Utara

"Gempa dirasakan sedang selama 5 detik oleh masyarakat di Nias Utara. Sebagian masyarakat ada yang berhamburan keluar rumah."

Liputan6.com, Jakarta Gempa dengan kekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Namun gempa tidak berpotensi tsunami.

Seperti disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis di Jakarta, gempa terjadi pada Sabtu (5/7/2014) pukul 16.39.26 WIB.

Pusat gempa di laut di koordinat 1,89 Lintang Utara - 96,80 Bujur Timur. Lokasi pada 91 km Barat Laut Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Kedalaman gempa 10 km.

"Gempa dirasakan sedang selama 5 detik oleh masyarakat di Nias Utara. Sebagian masyarakat ada yang berhamburan keluar rumah," sebut Sutopo.

Hingga saat ini, lanjut Sutopo, belum ada laporan kerusakan bangunan. Kondisi masyarakat normal kembali. BPBD Nias Utara masih melakukan pemantauan di lapangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Nias Utara