Sukses

Bogor Digelayuti Mendung, Status Bendungan Katulampa Normal

Ketinggian air yang semula dalam level Siaga 3 mulai turun sejak dini hari tadi, tepatnya sekitar pukul 01.00 WIB.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras di wilayah Bogor mengakibatkan ketinggian air di Bendungan Katulampa merangkak naik Senin malam. Namun, sejak dini hari tadi tinggi muka air (TMA) di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat tersebut berangsur turun.

Kepala Pengawas Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan, ketinggian air yang semula dalam level Siaga 3 mulai turun sejak dini hari tadi, tepatnya sekitar pukul 01.00 WIB.

"Hingga pukul 22.00 WIB, TMA masih 100 cm, namun hujan reda dan turun menjadi 80 cm serta pukul 03.00 WIB menjadi 50 cm atau level normal," ujarnya kepada Liputan6.com saat dihubungi, Selasa (17/6/14) pagi.

Menurut Andi, pada angka 50 cm tersebut volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 35.876 liter per detik. Namun demikian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan Depok serta Jakarta untuk terus memantau naik turunnya volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati dan waspada dengan perubahan cuaca yang ekstrim," imbaunya.

Sementara pantauan di Bendungan Katulampa, cuaca di wilayah Bogor hingga pukul 07.00 WIB mendung dan sesekali turun hujan dengan intensitas ringan.

Sebelumnya, hujan yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak sore hari, membuat debit air Sungai Ciliwung terus beranjak naik. Volume air sempat menyentuh ketinggian 100 cm dan statusnya meningkat menjadi Siaga 3 pada pukul 21.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.