Sukses

Ini Spesifikasi Pesawat Kepresidenan Milik Indonesia

Indonesia akhirnya memiliki pesawat kepresidenan sendiri senilai hampir Rp 1 triliun. Seperti apa spesifikasi pesawat baru RI tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akhirnya memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Pesawat berwarna biru muda dan putih ini dibeli seharga Rp 840 miliar. Pesawat jenis Boeing Bussines jet 2 nantinya akan dioperasikan TNI AU dan dirawat PT Garuda Indonesia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (10/4/2014), pemerintah mengklaim, pembelian pesawat ini dianggap lebih efektif dan mampu menghemat anggaran negara hingga Rp 114 miliar per tahun. Jika dibandingkan presiden menggunakan pesawat komersial.

Pesawat ini memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter dan panjang 38 meter. Tangki pesawat juga dimodifikasi menjadi lebih besar. Sehingga mampu terbang selama 10 jam dengan daya jangkau lebih dari 10 ribu kilometer dan kecepatan maksimal 871 kilometer per jam.

Pesawat BBJ 2 yang diproduksi Boeing Company ini didesain sedemikian nyaman dan aman. Dengan kapasitas 60 penumpang, pesawat ini juga dilengkapi dengan kamar tidur, ruang rapat, ruang makan, ruang olah raga dan ruang tamu. Pesawat juga memiliki sistem penangkal sabotase.

Lebih lengkapnya lihat ilustrasi pesawat kepresidenan RI jenis Boeing Bussines jet 2 di video di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.