Sukses

Wapres Boediono Nonton Simulasi Gempa Besar di Mentawai

Simulasi internasional menghadapi bencana gempa super besar dan tsunami Mentawai di Padang, Sumatera Barat.

Liputan6.com, Mentawai Wakil Presiden (Wapres) Boediono, menyaksikan simulasi internasional menghadapi bencana gempa super besar dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (21/3/2014), daerah Kepulauan Mentawai dipilih karena merupakan titik pertemuan beberapa patahan bumi. Hal itu memungkinkan daerah tersebut terkena gempa super besar.

Simulasi digelar untuk mengukur kesiapan pihak terkait bila memang bencana besar itu terjadi. Diasumsikan, gempa berkekuatan 8,9 skala Richter menghantam daerah itu. 5 menit berselang, Pemerintah mengeluarkan peringatan tsunami. Para warga pun berlarian ke tempat yang lebih tinggi dan sejumlah shelter yang telah disediakan.

Pasca-tsunami, bantuan mulai berdatangan dan warga dievakuasi dari darat maupun laut. Berbagai sarana pengungsian maupun bantuan logistik juga langsung tiba. Termasuk kapal, rumah sakit, pesawat pengangkut, serta helikopter Basarnas. Simulasi yang diikuti oleh 18 negara dan disaksikan langsung oleh Wapres Boediono itu melibatkan hampir 4.000 personel.

 

Lihat Juga:

[VIDEO] Maraknya Pemeriksaan Senjata Api di Kepolisian 

[VIDEO] Aisyah, Bocah Rawat Ayah Kini Kembali Bersekolah

Pernah Laporkan Kecurangan Lelang Jabatan, Guru Ini Jadi Kepsek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini