Sukses

Hambit Bintih Sebut Dodi Sebagai Saksi Kunci Kasus Suap Akil

Bupati Gunung Mas Hambit Bintih mengatakan saksi kunci dalam kasus suap Akil Mochtar adalah Ketua Harian FPTI Kalteng, Dodi.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Gunung Mas Hambit Bintih menyebut ada saksi kunci dalam kasus suap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Saksi kunci yang dimaksud yakni Ketua Harian Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) cabang Kalimantan Tengah, Dodi.

"Dodi, dia saksi kunci. Dia yang pertemukan saya dan terdakwa. Dia kenal baik dengan terdakwa, Pak Akil. Setelah itu Jumat sore saat daftar perkara di MK, dia masih bujuk saya, tanggal 13 Desember," kata Hambit di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (17/3/2014).

Dodi juga diduga orang yang mengatur pertemuan Hambit dengan Akil di Kompleks Widya Chandra III Nomor 7. Tak hanya itu, Dodi menurut Hambit, juga bisa mengetahui kesepakatan yang ditawarkan politisi Golkar Chairun Nisa untuk membayar Rp 3 miliar.

"Dia datang ke rumah saya, lalu nagih-nagih Rp 3 miliar dengan menunjukkan SMS Babeh (Akil). Ini bikin saya stres, kok dia bisa tahu Rp 3 miliar," katanya.

Pada persidangan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi itu, hadir pula Sekretaris KPU Gunung Mas, Ruji. Ia mengatakan tak melihat ada keanehan saat Akil menyidangkan sengketa Pilkada Gunung Mas.  "Tidak ada yang aneh. Keputusannya semua ditolak," imbuhnya.

Hambit dan Ruji  hadir sebagai saksi dalam kasus suap dengan terdakwa Akil Mochtar. Selain mereka, saksi lain yang hadir adalah Chairun Nisa, anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar yang juga menjadi tersangka karena menjadi perantara dan Cornelis Nalau Antun, Komisaris PT Berkala Maju Bersama yang didakwa ikut menyuap Akil. (Ismoko Widjaya)

 

Baca juga:

Suap Pilkada Gunung Mas, Chairun Nisa Dituntut 7,5 Tahun Bui

Wawan Masih Sakit, Sidang Perdana Suap Pilkada Lebak Batal Lagi

Berbelit Soal BAP, Ketua Golkar Kalteng Takut `Jumat Keramat` KPK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.