Sukses

Corby Ancam Bunuh Diri?

Corby dikabarkan mencoba bunuh diri dua kali saat bertemu dengan pihak pemasyarakatan di rumah kakaknya di Kuta.

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kakak Schapple Leigh Corby, Mercedes, dengan media Australia, Channel 7 jadi bumerang bagi pihak sang 'Ratu Mariyuana'. Di satu sisi itu adalah pembelaan diri, namun konsekuensinya tak main-main.

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menilai, pembebasan bersyarat dapat ditarik menyusul adanya wawancara eksklusif itu.

"Banyak desakan agar pemerintah mengkaji pembebasan bersyarat Corby. Oleh karena itu Bapas (Balai Pemasyarakatan) Bali sedang evaluasi. Tentu saja evaluasi belum sampai ke saya," ujar Amir di gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Hasil evaluasi itu hanya akan sampai di meja Amir, tak perlu disampaikan pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Terlalu kecil untuk Presiden," tegas Amir.

Evaluasi yang tengah dilakukan untuk melihat apakah terdapat persinggungan antara wawancara yang dilakukan Mercedes dan persyaratan yang diberikan Kementerian Hukum dan HAM yang telah disetujui Corby ketika pembebasan bersyarat diberikan.

Corby yang divonis 20 tahun penjara, mendapat bebas bersyarat terhitung pada 8 Februari  2014 lalu. Padahal, wanita asal Australia itu dinilai bersalah karena menyelundupkan mariyuana seberat 4,1 kilogram.

Coba Bunuh Diri?

Kabar mengejutkan kembali muncul dari Corby. Seperti dikabarkan situs media Australia, News.com.au, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali, Sunar Agus mengatakan, perempuan 36 tahun itu mencoba bunuh diri dua kali saat bertemu dengan pihak pemasyarakatan di rumah kakaknya di Kuta.

Emosi Corby diduga tak stabil.  "Dia mencoba bunuh diri, mengambil pisau, keluarganya segera mencegahnya,'' kata Sunar Agus seperti dimuat News.com.au.

Dua kali upaya bunuh diri dilakukan selama pertemuan yang berlangsung selama 2 jam. Corby mencoba mengiris pergelangan tangannya dengan pisau kecil yang diambilnya dari dapur.

Corby diduga kalap karena mengira petugas yang datang akan membawanya kembali ke balik sel. Dia juga mengira dikuntit wartawan -- bahkan mengalami delusi ia difoto para pewarta saat tidur.

Kakak Corby, Mercedes dikabarkan menyangkal insiden percobaan bunuh diri itu.

Baca juga:

Nekat Wawancara Eksklusif, Bui Kembali Menanti Corby

Menkumham: Pembebasan Bersyarat Corby Bisa Dicabut

`Ratu Mariyuana` Corby Bebas Bersyarat, Ini Tanggapan BNN

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini