Sukses

Lebah Madu

Lebah madu timur atau apis cerana biasa diternakkan untuk memproduksi madu. Selain menghasilkan madu, serangga ini membantu petani dalam proses penyerbukan tanaman.

Liputan6.com, Jakarta: Lebah madu timur atau apis cerana adalah salah satu dari sekitar 20.000 spesies lebah. Umum ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Selatan di ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut. Api cerana memiliki fisik kecil. Ukuran rentang sayapnya hanya 7-9 milimeter. Ciri fisik lebah madu timur adalah warna tekstur di bagian perut yang tak terlalu tajam.

Di alam bebas, apis cerana biasa hidup di lubang-lubang pohon sebagai sarang termasuk kayu bekas pohon tumbang. Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Lantaran itulah, apis cerana biasa diternakkan. Selain menghasilkan madu, serangga ini membantu petani dalam proses penyerbukan tanaman.

Berbeda dengan apis cerana, lebah madu hutan atau apis dorsata hidup bebas di atas pohon dengan ketinggian 10-20 meter. Memiliki ukuran 17-19 milimeter. Tak heran, jenis ini mampu membuat sarang 1 X 2 meter dengan madu sekitar 20 kilogram. Dengan rasa khas manis kepahit-pahitan, madu hutan kaya akan vitamin dan zat yang diperlukan tubuh. Saksikan selengkapnya dalam Potret edisi 3 Mei 2008.(TOZ/Tim Potret SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini