Sukses

10 Cara Merawat Rambut Rontok Paling Mudah, Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Rambut adalah mahkota indah perempuan yang punya peran penting bagi penampilan dan peningkatan rasa percaya diri. Maka itu, mengetahui cara merawat rambut rontoh jadi sesuatu yang penting.

Liputan6.com, Jakarta Rambut adalah mahkota indah perempuan yang punya peran penting bagi penampilan dan peningkatan rasa percaya diri. Nggak heran, kalau muncul masalah kerontokan rambut menjadi salah satu hal yang menakutkan dan horor bagi perempuan. Bayangkan saja, setiap hari melihat banyak helai rambut rontok entah di kamar mandi, lantai, maupun memenuhi sisir rambut. Sekalipun kerontokan 50-100 helai rambut terbilang normal, tetap saja setiap perempuan perlu mengetahui cara merawat rambut rontok.

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kekurangan asupan nutrisi, masalah psikologis, hingga penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat. Selain itu, ada beberapa faktor khusus bagi perempuan, seperti perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan, pasca melahirkan, atau menopause juga dapat memicu kerontokan rambut yang berlebihan. Dengan penyebab itu, tentu saja sangat penting memahami cara merawat rambut rontok.

Karena jika dibiarkan terus-menerus, kerontokan rambut dapat memicu dampak negatif yang signifikan bagi penampilan. Masalah ini dapat menyebabkan penipisan rambut yang parah, bahkan kebotakan dalam kasus yang ekstrem. Agar tidak terkena dampak negatif dari rambut yang rontok, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara merawat rambut rontok dengan baik dan tepat. Meskipun terkadang waktu menjadi kendala, ada beberapa solusi praktis yang dapat dilakukan di rumah untuk merawat rambut rontok secara ampuh. 

Berikut ini adalah 10 cara merawat rambut rontok yang terampuh dan mudah untuk diterapkan sendiri di rumah:

1. Masker Rambut 

Cara rawat rambut rontok yang bisa diikuti adalah gunakan masker rambut setiap satu kali per minggunya. Masker rambut membantu memperbaiki struktur rambut secara menyeluruh, mulai dari menyehatkan kulit kepala, mempercepat pertumbuhan rambut, hingga membuat rambut terasa lebih lembut. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan vitamin dan nutrisi dalam masker rambut tersebut. Agar lebih mudah, hemat waktu, dan dapat dilakukan di rumah, berikut rekomendasi masker rambut alami beserta cara pembuatannya:

Masker lidah buaya, madu dan minyak zaitun: 

  1. Siapkan gel lidah buaya, madu, dan minyak zaitun
  2. Dalam wadah campurkan 1 sendok gel lidah buaya dan madu hingga merata
  3. Tambahkan minyak zaitun secukupnya 
  4. Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala
  5. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas secara menyeluruh dengan air dingin

2. Gunakan Minyak Kelapa 

Menggunakan bantuan minyak kelapa merupakan salah satu cara merawat rambut rontok. Kaya akan vitamin, asam lemak, dan antioksidan, minyak kelapa mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan bermanfaat tersebut membantu memperkuat akar rambut, mencegah kerontokan, serta meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan kuat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, disarankan untuk menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan rambut secara rutin, minimal dua kali dalam seminggu. Dengan perawatan teratur menggunakan minyak kelapa, kamu akan merasakan perubahan signifikan pada rambut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pijat Kulit Kepala

Salah satu cara merawat rambut rontok adalah pijat kulit kepala secara perlahan.  Menurut para ahli, pijatan lembut pada kulit kepala dapat melebarkan pembuluh darah di area tersebut, sehingga meningkatkan aliran darah menuju folikel rambut. Aliran darah yang lancar ini menyuplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan folikel rambut untuk tumbuh dengan optimal. Ketika folikel rambut mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup, proses regenerasi sel-sel di dalamnya dapat berjalan lebih efektif. Hal ini membantu memperbaiki kerusakan sel dan memperkuat akar rambut, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. 

Untuk melakukan pijat kulit kepala secara optimal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sebelum memijat kepala kamu bisa cuci tangan dengan bersih agar tetap steril saat memijat kulit kepala
  2. Mulailah memijat dari tepi rambut, lalu perlahan bergerak ke arah belakang atau tengah kepala.
  3. Pijatlah ke belakang menggunakan ujung jari dengan tekanan lembut namun konsisten.
  4. kamu dapat melakukan gerakan memutar setelah memijat area tersebut.

4. Gunakan Shampo Anti Oksidan 

Menggunakan sampo atau perawatan kulit kepala yang mengandung antioksidan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Antioksidan memiliki kemampuan untuk melawan efek buruk dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan kulit kepala.

Dengan menggunakan produk perawatan rambut yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, ekstrak buah-buahan, dan antioksidan lainnya, kamu dapat memberikan nutrisi penting bagi rambut dan kulit kepala. Ini akan membantu menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan dan mengurangi masalah kerontokan yang berlebihan.

5. Makan Protein Tinggi 

Memenuhi asupan protein yang tinggi merupakan salah satu kunci dalam proses rawat rambut rontok. Karena protein sebagai salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Zat ini cukup berguna untuk menguatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Kamu dapat mengonsumsi sumber protein hewani seperti daging, kacang-kacangan, telur, dan ikan untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkan bagi kesehatan rambut. 

6. Jangan Terlalu Sering Keramas 

Banyak yang beranggapan bahwa keramas setiap hari dapat menjaga kebersihan rambut. Namun, anggapan ini tidak sepenuhnya tepat. Terlalu sering keramas menggunakan sampo justru dapat menyebabkan rambut menjadi lebih rentan rusak, kering, terlihat lebih tipis, dan mudah patah. Apalagi jika kamu sering menggosok rambut dengan handuk untuk mengeringkannya. Sangat disarankan untuk menjadwalkan kegiatan keramas 1-3 kali dalam seminggu sekaligus mengerikan handuk dengan perlahan.

3 dari 3 halaman

7. Gunakan Air Dingin saat Keramas

Menggunakan air dingin saat keramas merupakan salah satu cara merawat rambut rontok. Keramas dengan air panas dapat menyebabkan minyak alami dari kulit kepala dan pelumas akar rambut ikut terbuang. Akibatnya, akar rambut menjadi kering dan rambut menjadi rapuh. Jika dilakukan secara terus-menerus, kondisi ini dapat memicu kerontokan rambut yang lebih parah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan air dingin atau hangat saat keramas.

8. Sisir Rambut dengan Lembut

Menyisir rambut dengan lembut adalah kunci dalam rawat rambut yang rontok. Jika kamu terlalu kasar saat menyisir rambut, hal ini dapat menyebabkan kerusakan, kekeringan, dan iritasi pada kulit kepala, sehingga dapat mempercepat proses kerontokan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menyisir rambut dengan gerakan lembut dan berhati-hati, terutama saat rambut masih dalam kondisi basah.

9. Batasi Kebiasaan Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Cara merawat rambut rontok juga berhubungan dengan kebiasaan mengikat rambut. Jika kamu sering mengikat rambut dengan terlalu kuat, hal ini dapat menyebabkan tarikan berlebihan pada rambut dan mempercepat kerontokan. Hindari mengikat rambut dengan sangat kencang, karena tekanan yang berlebihan dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan yang tidak diinginkan.

10. Hindari Stres untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Kondisi stres yang berkepanjangan dapat memicu kerontokan rambut, dan sebaliknya, rambut rontok juga dapat menjadi sumber stres bagi sebagian orang. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah rambut rontok, penting untuk mengelola stres dengan baik. Ketika sedang menghadapi masalah, cobalah untuk rileks dan mencari solusi dengan kepala dingin. Teknik relaksasi seperti meditasi atau olahraga teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres kamu.

Dengan mengikuti cara merawat rambut rontok di atas kamu akan mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Terlebih lagi hal tersebut tanpa harus meluangkan waktu dan tenaga yang banyak karena semuanya bisa dilakukan di dalam rumah. Yuk dicoba, demi rambut yang lebih sehat dan kuat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini