Sukses

Raline Shah Padukan Kebaya dan Kain Ulos di Penutupan Festival Film Cannes 2024

Ini tahun kedua Raline Shah mengenakan kebaya di ajang Festival Film Cannes 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Raline Shah bolak-balik berpose di karpet merah dalam rangkaian acara Festival Film Cannes 2024. Pada hari penutupan, yakni Sabtu, 25 Mei 2024, ia kembali mengenakan kebaya karya desainer Indonesia, Sapto Djojokartiko.

Kali ini, Raline mengenakan kebaya berwarna putih gading yang disebut sebagai Yayi Darpana oleh sang perancang. Keluar dari pakem bahwa kebaya adalah bukaan depan, kebaya dirancang off shoulder untuk menonjolkan kalung berlian bermata zamrud dari Chopard. Barisan kancing bulat di bagian depan memberi aksen elegan pada kebaya tersebut.

Bintang film 5cm itu menambahkan kain ulos motif tumtuman berwarna pastel dari Tobatenun. Mengutip laman Karya Kreatif Indonesia, tumtuman berasal dari kata ditumtumhon dalam bahasa Batak yang berarti digenggam erat dalam bahasa Indonesia. Motif tersebut merupakan simbol ikatan antara keharmonisan dan kebahagiaan.

"Saya tetap ingin memperkenalkan kecantikan busana khas kita, terutama kebaya, di acara-acara yang kerap menjadi pusat perhatian para pemerhati dunia hiburan dan fashion. Mudah-mudahan kebaya juga bisa mendunia seperti film-film terbaik Indonesia di berbagai festival Internasional," kata Raline dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Senin (27/5/2024).

Malam sebelumnya, Raline juga mengenakan kebaya rancangan Sapto dalam acara Cinema of Indonesia yang dihadiri sejumlah sineas lokal. Kebaya janggan berbordir warna putih mutiara itu dipadu dengan jarik batik keluaran Iwan Tirta. Penampilan yang simpel tapi tetap anggun itu membuatnya leluasa bergerak, termasuk bergoyang saat menyanyi bersama di tengah acara.

"Cannes Film Festival selalu memberikan inspirasi bagi para pekerja seni film seperti saya untuk berkarya lebih baik lagi. Seminggu lebih saya menjadi ‘murid’ dan belajar banyak sekali dari para pekerja seni film terbaik dari berbagai negara," ucap Raline lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Debut Kebaya di Cannes 2023

Raline lebih dulu mengenakan kebaya di Festival Film Cannes 2023. Saat itu, Puteri Indonesia Favorit 2008 tersebut berbalut kebaya jawa berwarna biru safir dari Maison Baaz Couture yang dipadukan dengan kain batik bermotif pucuk rebung pada Minggu, 21 Mei 2023. Kebaya itu tampak megah dengan tambahan ekor panjang dari bahan serupa menyapu lantai.

Aura anggun makin terpancar dengan rambutnya yang disanggul modern. Ia menambahkan aksesori kalung berlian bermata safir biru yang senada dengan cincin berlian yang dikenakannya. Keduanya merupakan keluaran Chopard. Raline sempat mengenakan koleksi brand perhiasan asal Swiss itu di hari ia menghadiri premier film Killers of The Flower Moon pada Sabtu, 20 Mei 2023.

"Hi everyone, it's a sunny day in Cannes. Finally, ada matahari karena beberapa hari ini hujan deras dan dingin sekali. Dan kali ini, aku gunakan kebaya aku dan batik buat premier film yang kedua," kata Raline saat menyapa warganet via Instagram Story-nya sebelum keluar dari mobil yang mengantarkannya, dikutip Senin, 22 Mei 2023.

Ia mengaku sangat bersemangat bisa tampil di karpet merah dengan kebaya dan batik. Wajahnya yang dipulas dengan riasan natural tampak berseri-seri. Tangannya melambai ke barisan fotografer yang menjepretnya.

3 dari 4 halaman

Foto Bareng Han So Hee

Raline sebelumnya debut mengenakan kebaya janggan hitam rancangan Willsen Willim dengan aksen manik-manik saat menghadiri acara penghargaan bertajuk Women in Motion Emerging Talent Award. Ia memakai korset hitam sebagai dalaman. Sementara, bagian bawah tubuhnya dililit dengan dengan kain batik berwarna kuning keemasan keluaran Iwan Tirta.

Saat itulah, ia sempat berfoto dengan sejumlah wajah terkenal, seperti Zoe Saldana, bintang film Avatar, dan Han So Hee. Dengan sosok terakhir, mereka sempat berpose dengan mulut manyun mirip wajah bebek saat berdiri berdempetan. So Hee mendekatkan kepalanya ke wajah Raline. Sementara So Hee melipatkan kedua tangan ke dada, Raline memilih melipatkan tangannya di bagian belakang. Foto keduanya diunggah Raline di Instagram Storynya.

Dalam acara tersebut, Han So Hee berbalut gaun bermotif hijau. Gaun tersebut, dihiasi dengan sulaman bunga dan dihiasi dengan tali manik-manik serta dekorasi, menambah sentuhan indah. Dia melengkapi pakaiannya dengan kalung bermotif rumit, meningkatkan pesonanya yang bersinar.

4 dari 4 halaman

Bergaya Glamor bak Gal Gadot

Mengutip Fimela, Raline sempat berpose di karpet merah mengenakan gaun monokrom rancangan desainer lokal, Stella Rissa. Gaun asymmetrical drapped yang dikenakan Raline Shah merupakan bagian dari STELLARISSA Studio Collection 2025.

Tampilan Raline Shah makin bersinar berkat sederet perhiasan mahal dari Piaget. Ia terlihat mempersona di red carpet mengenakan kalung sayap menawan. Kalung itu terdiri dari sepasang batu rubi menakjubkan dari Mozambik.

Warna merah yang ditampilkan mirip dengan warna "Darah Merpati". Kristal rubi ini terlihat sangat jernih dan murni dengan berat lebih dari 4 karat dan bentuk buah pir. Batu ini terbilang langka karena paling banyak hanya ditemukan 3--4 batu di pasaran setiap tahun.

Tak ketinggalan dengan anting-anting Piaget yang dibuat dari berlian berpotongan marquise. Inspirasi anting ini dibuat dari karya bersejarah Piaget yang ditafsir ulang dengan sentuhan modern.

Terakhir, ia mengenakan jam tangan yang terbuat dari emas putih dan berlian. Item itu berasal dari koleksi eksklusif Piaget Treasures. Menampilkan casing oval yang elegan dan pelat jam berbahan mutiara, jam tangan berlian ini dilengkapi dengan tali satin hitam dan putih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini