Sukses

Staf Karpet Merah Festival Film Cannes 2024 Dituduh Rasis, YoonA Jadi Salah Satu Korbannya

Star karpet merah Festival Film Cannes 2024 diduga rasis dengan menghalangi setidaknya tiga bintang "kulit berwarna" berpose di ajang bergengsi itu.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkah seorang staf perempuan di karpet merah Festival Film Cannes 2024 tengah jadi sorotan online. Pasalnya, ia diduga rasis dengan menghalangi beberapa bintang "kulit berwarna," termasuk idol-aktris asal Korea Selatan, YoonA.

Klip petugas itu "memburu-buru" bintang serial Big Mouse tersebut jadi viral di dunia maya. Di rekaman, YoonA tampak tersenyum sambil menengok dan melambai, bahkan terlihat mengisyaratkan tangan si petugas untuk tidak menghalanginya. Namun, ia diminta terus berjalan.

Dari ekspresi wajahnya, banyak warganet menganggap YoonA terganggu karena perlakuan tersebut. Gelombang kritik kian deras karena para penggemar menyebut ini bukan kali pertama. "Ini orang yang sama dengan yang memperlakukan Kelly Rowland dan Massiel Taveras dengan buruk. Cannes harus berbicara serius dengannya," menurut seorang pengguna X, dulunya Twitter.

Seperti YoonA, Rowland diduga diburu-buru meninggalkan karpet merah, sementara "artis kulit putih bebas berada di sana," menurut seorang penggemar. Seorang ahli pembaca bibir sebelumnya mengatakan pada Page Six, dikutip Senin (27/5/2024), bahwa penyanyi tersebut diduga meminta si petugas keamanan "memperhatikan" cara dia berbicara dengannya.

"Jangan bicara seperti itu pada saya. Jangan bicara seperti itu pada saya," ia berulang kali berteriak pada staf itu. "Kamu bukan ibu saya. Sudah saya bilang jangan bicara seperti itu pada saya."

Bintang Mea Culpa itu menjelaskan kejadian tersebut dalam wawancara dengan AP di amfAR Cannes Gala, dikutip dari People. "Perempuan itu tahu apa yang terjadi. Saya tahu apa yang terjadi," kata Kelly Rowland pada outlet tersebut. "Saya mempunyai batasan, dan saya berpegang teguh pada batasan tersebut, itu saja."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reaksi Para Pesohor

Rowland menyambung, "Ada perempuan lain yang menghadiri karpet itu yang tidak mirip dengan saya (secara warna kulit), dan mereka tidak dimarahi, didorong, atau disuruh turun. Saya tetap pada pendirian saya, dan dia merasa harus mempertahankan pendiriannya."

"Dia antagonis dan kasar. Dia tidak perlu terlalu dekat dengan tamu. Anda dapat dengan sopan menunjukkan bahwa mereka perlu terus berjalan," menurut seorang warganet. "Kelly dan Massiel adalah tamu undangan, bukan tamu sembarangan dan harus diperlakukan dengan hormat."

Taveras yang mendapat perlakuan serupa, memberi reaksi keras dengan berusaha mendebat dan tetap membentangkan kereta gaunnya. Aksi protesnya dimentahkan, dengan si petugas keamanan terus mengarahkannya berjalan naik tangga.

Kesabaran aktris berusia 39 tahun itu sepertinya habis karena di akhir rekaman, ia terlihat mendorong petugas keamanan itu setelah melambaikan tangannya. Tidak jelas apa yang dikatakan Taveras pada si petugas keamanan, tapi sebuah video yang kini viral menangkap interaksi menegangkan antara keduanya. 

 

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Interaksi

Di sisi lain, YoonA dan Han So Hee sempat berdiri bersebelahan di karpet merah Festival Film Cannes 2024. Namun, keduanya tidak saling menyapa di depan publik. Sejumlah orang bertanya-tanya mengapa Yoona dan So Hee bersikap acuh tak acuh pada satu sama lain.

Beberapa di antara mereka berspekulasi bahwa alasannya mungkin ada hubungannya dengan Hyeri. YoonA dan Hyeri adalah teman dekat di industri hiburan Korea. Aktris itu memamerkan persahabatannya dengan YoonA dengan memanggil penyanyi-aktris senior itu dengan sebutan "unnie" di MBC Drama Awards 2022.

Di belakang panggung acara, keduanya pun saling berpelukan dan memuji. Sementara itu, Hyeri dan So Hee terlibat skandal kencan pada awal Maret 2024. Hyeri adalah mantan pacar Ryu Jun Yeol. Setelah berita percintaan Ryu Jun-yeol dengan So Hee tersebar, Hyeri meninggalkan komentar di media sosial, menulis, "Itu menarik," menyebabkan warganet mengangkat rumor cinta transit di antara ketiganya.

Karena tidak bisa menahan emosinya di tengah rumor, Han So Hee terus-menerus membuat unggahan yang membantah klaim tersebut dan bahkan menyerang Hyeri. Setelah kontroversi, So Hee dan Jun Yeol juga putus setelah beberapa minggu.

4 dari 4 halaman

Penampilan Mereka Dibandingkan

Kendati demikian, beberapa orang berpikir lebih positif. Mereka menduga tidak nyaman bagi Yoona dan Han So Hee untuk berinteraksi selama acara formal dengan begitu banyak tamu dan reporter media. Terlebih, keduanya belum pernah bekerja sama dalam proyek apapun sehingga terlihat jelas bahwa mereka tidak dekat satu sama lain.

Saat YoonA dan So Hee muncul di hari yang sama, warganet membandingkan visual dan gaya keduanya. Beberapa memuji penampilan So Hee karena terlihat lebih baik daripada Yoona, tapi banyak yang lain berpendapat, menyebut YoonA menimbulkan reaksi lebih baik. Di situs Getty Images, So Hee hanya memiliki 18 foto, baik untuk karpet merah maupun acara tambahan, sedangkan YoonA mendapat 32 foto.

So Hee debut di Cannes mengenakan gaun putih bersih tanpa lengan. Ansambel yang terbuat dari renda ini terlihat indah terjuntai di bagian bawahnya. Menurut Koreaboo, gaun berbahan tulle tersebut merupakan keluaran label Danielle Frankel. Busana itu aslinya adalah dua potongan yang disatukan, yakni korset Winnie dan rok Georgia, yang memiliki harga eceran gabungan sebesar 11.480 dolar AS (sekitar Rp183 juta).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini