Sukses

Diet Ekstrem HyunA di Masa Awal Jadi Idol, Hanya Makan Sepotong Kimbab demi Berat Badan 40 Kg

Berat badan HyunA di masa awal jadi idol dibahas Rain. Sang idol mengakui diet yang dijalaninya sangat tidak sehat hingga ia bisa pingsan berkali-kali dalam sebulan.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia bila idol K-pop dituntut untuk memiliki badan kurus. Hal itu juga dialami HyunA di masa awal berkarier. Ia mengungkapkan bahwa saat itu, berat badannya hanya 40 kilogram.

Pernyataan itu tercetus saat ini menjadi bintang tamu di chanel Youtube Rain, Season B. Bintang drakor Full House itu mengingat tubuh HyunA saat muda 'sangat kurus' dan hal itu diamini mantan member Wonder Girls tersebut.

"Di masa lalu, aku bertahan dengan sepotong kimbap selama menjalani seluruh aktivitas yang dijadwalkan. Dan itu menghancurkanku. Di usia 26 tahun, aku sangat tidak sehat," ungkap HyunA kepada Rain, mengutip Koreaboo, Minggu, 5 Mei 2024.

Rupanya, HyunA juga membahas soal berat badannya di teaser episode terbaru program reality show Omniscient Interfering View. Ia mengingat masa lalunya yang membuatnya ia harus kelaparan. "Ingat bagaimana aku dulu tidak makan sama sekali? Ada satu masa aku kelaparan selama seminggu," ucapnya di acara tersebut.

Diet ekstremnya kala itu berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Ia mengaku penyakit vasovagal syncope-nya memburuk. Mengutip Mayo Clinic, itu adalah kondisi yang terjadi saat tubuh bereaksi berlebihan bila dipicu satu hal tertentu, seperti melihat darah atau tekanan emosional yang ekstrem.

Penyakit itu menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah menurun secara mendadak. Pada kasus HyunA, dia mengaku pingsan belasan kali dalam sebulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berhasil Memulihkan Diri

Kini, kondisi HyunA terlihat jauh lebih baik. Rain memuji kenaikan berat badannya. Sang solois mengakui bahwa dia 'lebih bahagia' akhir-akhir ini.

"Yang aku inginkah hanyalah tampil bagus di atas panggung, tapi (saat itu), aku tidak bisa menampilkan karya terbaikku. Saat itulah aku menyadari bahwa aku tidak bahagia," celotehnya.

"Aku mulai mempertanyakan apakah kehidupan seperti itu yang sebenarnya kukejar. Tapi mulai tahun lalu, aku rasa mulai semakin memahami kebahagiaan. Aku merasa puas dan bersyukur pada hal-hal kecil dalam hidup dan menyadari bahwa itulah yang diperlukan untuk menjadi bahagia," ucapnya lagi.

Perubahan bentuk tubuh HyunA sejalan dengan transformasi mentalnya. Aura positif terpancar dalam videoya saat latihan menari. Para penggemar pun memuji sang idola. Mereka mendukungnya di tengah-tengah perilisan album baru dan kritik terkait pacarnya yang kontroversial.

"Dia terlihat lebih sehat dan aku sangat gembira," tulis seorang warganet.

"Dia terlihat lebih sehat sekarang yang aku suka," imbuh lainnya sependapat.

"Sekarang kamu bisa bilang bahwa Dia (pacar HyunA) memang baik untuknya," kata warganet berbeda.

3 dari 4 halaman

Pacar Baru HyunA

Sebelumnya, kisah percintaan HyunA jadi sorotan setelah tertangkap membuat lovestagram dengan Junhyung eks Highlight. Mengutip dari laman Koreaboo, Jumat, 19 Januari 2024, HyunA dan Junhyung sama-sama mengunggah foto bersama pada Kamis, 18 Januari 2024. Dalam potret tersebut, keduanya terlihat bergandengan tangan di sebuah padang pasir dengan langit berwarna biru.

HyunA tampak menggunakan sebuah gaun dengan sepatu tinggi, sedangkan Junghyun terlihat mengenakan kaus berwarna putih. Pada keterangan foto Instagram HyunA terlihat ia memberikan emoji sepasang kekasih dengan simbol hati di tengah mereka.

Perempuan 31 tahun itu juga terlihat memberikan tag akun Instagram Junhyung di foto tersebut. HyunA maupun Junhyung dikenal sebagai mantan anggota dari boy band dan girl group yang sukses, yaitu Highlight dan 4Minute.

Keduanya sebenarnya sudah saling kenal selama bertahun-tahun. HyunA dan BEAST memiliki banyak interaksi selama bertahun-tahun, misalnya BEAST dan HyunA tampil di karpet merah bersama untuk MAMA Awards 2011. Mereka juga tampil di acara bersama, seperti DiGi Live K-Pop Party 2011 dan Dream Concert.

 

4 dari 4 halaman

Banyak Penolakan dari Penggemar

Mengutip kanal Regional Liputan6.com, warganet memberikan respon pro dan kontra dengan rumor kencan tersebut. Hal itu terlihat dari isi kolom komentar Instagramnya.

"Oh! itu bukan…," tulis warganet.

"Oh, SAMA SEKALI TIDAK. tolong ambil 10 langkah mundur darinya," kata yang lain.

"Baik itu pengambilan gambar MV atau syuting iklan, aku ikut senang untuk kalian," ujar warganet berbeda.

Melansir Allkpop, setelah rumor tersebut beredar, banyak penolakan yang berasal dari para penggemar HyunA. Pasalnya, Junhyung pernah terlibat dalam skandal kontroversial Burning Sun yang heboh pada 2019 .

Pihak agensi HyunA, AT AREA menanggapi rumor kencan tersebut pada Jumat, 19 Januari 2024. Agensi HyunA menyampaikan bahwa terkait kencan merupakan masalah pribadi artis sehingga pihaknya tidak mencampuri hal tersebut.

"Kencan adalah masalah pribadi artis, AT AREA tidak mencampuri urusan pribadi artisnya," keterangan pihak agensi HyunA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.