Sukses

Nekat Terobos Kawasan Savana Gunung Bromo Meski Dilarang, Pemilik Mobil Kena Batunya

Mobil yang memasuki kawasan wisata Gunung Bromo itu terjebak genangan air bercampur lumpur dan pasir sehingga tidak bisa bergerak. Genangan air pun terlihat merendam hampir seluruh ban mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Aturan dilarang membawa mobil atau kendaraan pribadi memasuki kawasan wisata Gunung Bromo di Jawa Timur kembali dilanggar. Hal itu diketahui dari video yang viral di media sosial. Salah satunya di akun Instagram @explorewisataprobolinggo pada Selasa, 23 April 2024.

Sebuah mobil nekat menerobos kawasan wisata Bromo meski sudah diperingatkan petugasnya. Konsekuensinya, mobil itu terjebak di genangan air bercampur lumpur dan pasir sehingga tidak bisa bergerak. Genangan air terlihat merendam hampir seluruh ban mobil.

Di depan mobil berwarna biru dengan pelat nomor S 1719 ED tersebut terlihat sebuah mobil jip yang siap untuk menderek mobil biru itu. Upaya menderek mobil pribadi itu dibantu oleh sejumlah pria yang ada di video tersebut. Pada potongan video selanjutnya, terlihat seorang wanita mencoba menguras air yang masuk ke dalam mobil dengan menggunakan gayung.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) sudah membuat kebijakan semua kendaraan pribadi dilarang masuk ke kawasan TNBTS. Aturan ini sudah berlaku sejak bertahun-tahun lalu. Pengunjung kawasan Gunung Bromo harus memakai transportasi jip lokal. Bila suatu mobil diperbolehkan masuk, itu karena pengecualian.

Video itu pun menjadi sorotan warganet. Tak sedikit dari mereka bertanya-tanya bagaimana mobil tersebut bisa masuk ke kawasan Bromo.

"Perjalanan ngeri nekat kali bawa sendiri ke atas Bromo begini," komentar seorang warganet.

"Kok gak sayang mobilnya," tanya warganet lain.

"Tanggung sendiri akibatnya, kan tahu disana gak boleh pakai mobil pribadi," kata warganet yang lain.

"Gak mau sewa jeep bromo, mahal? Ya itu bayar sendiri akhirnya, mahal kuadrat," ujar warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Pengelola Bromo

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa, 23 April 2024, mengatakan bahwa berdasarkan ketentuan yang ada, kendaraan pribadi roda empat dilarang masuk ke dalam kawasan taman nasional tersebut. "Kendaraan (roda empat) pribadi tetap dilarang masuk, sudah ada aturannya," ucap Septi, mengutip Antara.

Septi menjelaskan petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang bertugas di lapangan telah menegur keras wisatawan yang menggunakan mobil pribadi dan masuk ke kawasan savana tersebut. Ia menduga mobil tersebut masuk ke kawasan savana Bromo saat pagi hari dan mencari celah untuk menghindari petugas yang ada di Pos Jemplang. Kendaraan itu masuk ke kawasan taman nasional dari arah Kabupaten Lumajang.

"Pengunjung kami harap mematuhi aturan. Aturan itu dibuat ada maksudnya, termasuk menghindari hal-hal seperti ini," imbuhnya.

Larangan kendaraan roda empat memasuki kawasan taman nasional ditetapkan berdasar Surat Keputusan Kepala BB TNBTS Nomor: SK.88/21/BT.1/2012 tentang Pengaturan Transportasi Kendaraan Roda di Kawasan Laut Pasir tertanggal 20 Desember 2012. Dalam ketentuan itu, disebutkan kendaraan roda empat yang akan memasuki kawasan Lautan Pasir Bromo dibatasi sampai pintu masuk Cemorolawang dari arah Kabupaten Probolinggo, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, dan Jemplang dari Kabupaten Malang dan Lumajang.

3 dari 4 halaman

Bromo Termasuk Destinasi Favorit

Kendaraan roda empat yang menuju kawasan Laut Pasir disediakan oleh paguyuban jip dari masing-masing pintu masuk. Pengecualian dikeluarkan atas kepentingan kedinasan oleh Kepala Balai Besar dan atau Kepala Bidang Teknis Konservasi, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I dan II.

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Berdasarkan catatan Balai Besar TNBTS, jumlah kunjungan wisatawan sepanjang 2023 mencapai 368.507 orang, yang terbagi dari wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

Jumlah tersebut, terbagi dari 355.297 wisnus dan sebanyak 13.210 orang merupakan wisman. Kunjungan itu juga memberikan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp14,70 miliar.

Di penghujung tahun lalu, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dinobatkan sebagai salah satu Taman Nasional Terindah di Dunia tahun 2023. Daftar itu dirilis Bounce, platform layanan perjalanan yang berbasis di San Fransisco, Caifornia, Amerika Serikat (AS). TNBTS berada di peringkat ketiga di bawah Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan yang menduduki peringkat pertama dan posisi kedua, yakni Taman Nasional Lencois Maranhenses di Brasil.

4 dari 4 halaman

Kawasan Bromo Tutup Sementara

Bagi yang ingin berwisata ke Bromo dalam waktu dekat ini harus sedikit bersasar karena wisata Gunung Bromo akan ditutup untuk pembersihan kawasan pada 25--26 April 2024.

Penutupan wisata Bromo untuk pembersihan kawasan itu bertujuan mengedukasi pengunjung bahwa persoalan sampah bisa dicegah. Penutupan sementara itu sudah diumumkan sejak 30 Maret 2024 termasuk melalui akun Instagram @bbtnbromotenggersemeru.

"Ini merupakan bentuk tanggung jawab dari seluruh elemen masyarakat sebagai pengelola, pemerintah daerah, masyarakat sekitar, dan pelaku jasa wisata di sekitar Kawasan Bromo," tulis keterangan dalam unggahan pada 30 Maret 2024.

"Kami sadar, bahwa mengedukasi kalian dari tidak meninggalkan sampah ke kawasan konservasi itu sulitnya bukan main. Jadi, sebelum dan sesudah libur panjang Hari Raya Idul Fitri akan ada penutupan sejenak untuk menjaga ekosistem Kawasan Bromo. Gantian ya, Bromo nya yang healing.Tolong ya sahabat… Jangan karena aksi ini, kalian jadi seenaknya buang sampah sembarang. Mari bersama kita jaga kawasan sebaik-baiknya,” sambung unggahan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini