Sukses

Cara Simpan Daun Salam Agar Tetap Hijau dan Harum, Tahan Hingga 2 Minggu Tanpa Dijemur

Daun salam akan tetap hijau, awet dan harum setidaknya sampai 2 minggu tanpa harus dijemur. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Daun salam merupakan salah satu jenis daun aromatik yang dapat membuat masakan jadi lebih harum dan cantik.

Selain itu, daun salam juga memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti mengatasi asam urat, mengurangi kolesterol, hingga mengelola stres secara efektif.

Bagi yang sering masak di rumah, daun salam seolah-olah sudah menjadi bahan pokok yang wajib distok di rumah. Sayangnya, daun salam berisiko tidak akan bertahan lama jika tidak disimpan dengan benar.

Namun jangan khawatir, karena seorang warganet TikTok @iie070 memiliki cara yang cukup efektif untuk menyimpan daun salam. Bahkan, ia tidak menjemur daun salam terlebih dahulu.

Kira-kira, bagaimana ia menyimpan daun salam agar tetap hijau dan harum? Simak ulasan berikut yang dirangkum pada Sabtu (04/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Daun Salam

Pertama-tama, siapkan beberapa lembar daun salam yang masih kering dan segar. Daun salam bisa didapatkan di pasar atau melalui e-commerce dengan harga sekitar 20-30 ribu per kilo.

3 dari 11 halaman

Cuci Daun Salam

Masukkan semua daun salam ke dalam panci, lalu rendam dengan air mengalir. Agar lebih bersih secara merata, jangan lupa untuk mengaduk-aduk daun salam dengan tangan.

4 dari 11 halaman

Keringkan Daun Salam

Setelah daun salam dicuci dan dibilas dengan air mengalir, tiriskan daun salam untuk dikeringkan. Daun salam bisa dikeringkan menggunakan kipas angin atau dilap dengan tisu.

5 dari 11 halaman

Bungkus dengan Tisu

Langkah yang terakhir setelah daun salam kering adalah dengan dibungkus menggunakan dua atau tiga lembar tisu.

Setelah itu, daun salam yang dibungkus tisu bisa langsung dimasukkan dalam freezer. Namun, akan lebih baik jika daun salam diletakkan dalam wadah beralaskan tisu, lalu dimasukkan ke freezer. Dengan cara ini, daun salam akan tetap hijau dan harum sampai dua minggu ke depan.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Daun Salam

7 dari 11 halaman

Bolehkah Daun Salam Disimpan di Kulkas?

Untuk menjaga kebersihan daun salam yang masih segar, simpanlah dalam lemari es, tetapi pastikan terlebih dahulu untuk memasukkannya ke dalam kantong plastik zip lock. Dengan cara ini, daun salam dapat dipertahankan kesegarannya selama 1-2 minggu dalam kulkas dengan suhu yang tetap stabil.

8 dari 11 halaman

Daun Salam Sebaiknya Disimpan di Mana?

Taruh daun salam ke dalam kantong plastik yang tersegel rapat, kemudian letakkan di tempat penyimpanan yang kering dan gelap pada suhu ruangan. Alternatifnya, daun salam juga dapat disimpan dalam freezer.

9 dari 11 halaman

Berapa Lembar Daun Salam Direbus untuk Obat?

Anda dapat merebus sepuluh lembar daun salam menggunakan tiga gelas air untuk penyaringan, lalu konsumsi dalam keadaan hangat secara teratur. Daun salam mengandung asam caffeic, fitonutrien, dan senyawa salisilat yang diyakini memiliki potensi dalam pencegahan stroke.

10 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengawetkan Daun Agar Tetap Hijau?

Daun dapat diawetkan dengan merendamnya dalam campuran gliserin dan air. Proses ini memungkinkan daun untuk tetap fleksibel sambil terlindungi dari kerusakan. Perawatan ini berhasil karena gliserin menggantikan kelembaban alami dalam daun, mempertahankan tekstur dan bentuknya.

11 dari 11 halaman

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Salam?

Salah satu kegunaan utama daun salam adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini terjadi karena keberadaan vitamin A, B6, dan C di dalamnya yang berperan sebagai antioksidan yang efektif. Vitamin-vitamin ini bekerja secara sinergis untuk mendukung fungsi sel darah putih, seperti limfosit dan neutrofil, yang sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini