Sukses

Aturan Kunjungan ke Bromo Saat Libur Lebaran 2024, Beli Tiket Online sampai Dilarang Mendaki ke Kawah

Ada sembilan aturan kunjungan yang harus Anda ikuti bila berwisata ke kawasan Gunung Bromo saat libur Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah jadi salah satu destinasi wisata favorit di periode libur Lebaran dari tahun ke tahun. Mengantisipasi lonjakan pengunjung pada Idulfitri 2024, Balai Besar TN BTS merilis sejumlah aturan kunjungan.

Melalui unggahan Instagram, Jumat, 5 April 2024, pihaknya menjabarkan sembilan poin untuk diperhatikan calon pengunjung di libur Lebaran 2024. "Mohon dapat dibaca, diresapi kata per katanya, dipatuhi, serta disampaikan ke siapa pun orang yang menurut sahabat layak untuk memperoleh pesan ini ūüėČ," tulis mereka.

Poin-poinnya termasuk status aktivitas Gunung Bromo yang akhirnya memengaruhi batasan jangkauan wisatawan, sampai ketentuan pembelian tiket. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Status aktivitas Gunung Bromo saat ini adalah "Waspada (Level III)." Karena itu, pengunjung dilarang mendaki ke kawah Gunung Bromo dan dilarang melakukan aktivitas wisata dalam radius satu kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo.
  2. Pembelian tiket dan pembayaran dilakukan secara online melalui situs web https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org/.
  3. Pemberlakuan kuota kunjungan per hari yang angkanya bisa dicek di situs web di atas. Jika kuota habis, wisatawan tidak dapat masuk ke kawasan TN BTS.
  4. Pengunjung wajib membawa karcis masing-masing, mengutamakan keselamatan, dan membawa kembali sampah ke luar kawasan TN BTS.
  5. Pengunjung dilarang membawa narkoba dan barang berbahaya, seperti petasan, bahan peledak, kembang api, smoke bomb, dan flare. Barang bawaan pengunjung akan diperiksa secara acak.
  6. Mobil pribadi dilarang memasuki kawasan TN BTS untuk mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan lalu lintas. Pengunjung wajib menggunakan jip dari paguyuban. Batas akhir penggunaan mobil pribadi adalah rest area sebelum memasuki kawasan TN BTS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan-Aturan Lainnya

7. Pengunjung Bromo Hillside wajib membeli tiket masuk kawasan TN BTS secara online dan menunjukkan bukti pembelian di loket tiket Bromo Hillside.

8. Selama libur Lebaran, kendaraan niaga atau truk dengan roda lebih dari empat dilarang memasuki kawasan TN BTS demi mencegah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

9. Dilarang mengoperasikan drone di dalam kawasn TN BTS, kecuali bagi yang telah memiliki Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) untuk penggunaan drone pengambilan video komersial.

Sebagai penutup, BB TN BTS berharap kunjungan wisata selama libur Lebaran di wilayah mereka dapat berjalan dengan aman, lancar, dan nyaman. Surat edaran itu ditantangani Kepala BB TN BTS, Hendro Widjanarko, di Malang, 3 April 2024.

Sebelumnya, mereka telah mengumumkan penutupan total akses wisata untuk pembersihan. Informasi itu diketahui dari unggahan di akun Instagram BB TNBTS pada 31 Maret 2024. "Ini merupakan bentuk tanggung jawab dari seluruh elemen masyarakat sebagai pengelola, pemerintah daerah, masyarakat sekitar, dan pelaku jasa wisata di sekitar Kawasan Bromo," bunyi keterangan unggahan tersebut.

3 dari 4 halaman

Pembersihan Kawasan Bromo

BB TN BTS menyambung, "Kami sadar bahwa mengedukasi kalian dari tidak meninggalkan sampah ke kawasan konservasi itu sulitnya bukan main. Jadi, sebelum dan sesudah libur panjang Hari Raya Idul Fitri akan ada penutupan sejenak untuk menjaga ekosistem kawasan Bromo."

Penutupan wisata kawasan Gunung Bromo tertuang pada surat Nomor: PG.3/T.8/BIDTEK/KSA.5.1/B/03/2024. Penutupan untuk pembersihan kawasan itu merupakan kesepakatan dalam rapat koordinasi bersama para pemangku kepentingan. Menurut Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TN BTS Septi Eka Wardhani, penutupan kawasan Bromo dilakukan dua kali pada April 2024.

Melansir Antara, Senin, 1 April 2024. Septi menjelaskan, penutupan periode pertama dilakukan pada 4 April mulai pukul 00.01 WIB hingga 5 April 2024 pukul 23.59 WIB. Kemudian, periode kedua dilakukan pada 25 April 2024 pukul 00.01 WIB sampai 26 April 2024 pukul 23.59 WIB.

"Penutupan berdasarkan kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi yang dilakukan pada 28 Maret 2024," sebut dia.

4 dari 4 halaman

Penutupan Akses Wisata Bromo

Septi menambahkan, penutupan akses wisata Bromo dari wilayah Kabupaten Probolinggo dilakukan dari pintu masuk Cemorolawang. Sementara itu, dari arah Kabupaten Pasuruan, akses ditutup dari wilayah Dingklik.

"Untuk pintu masuk dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, ditutup di wilayah Jemplang," katanya. Aktivitas pembersihan kawasan tersebut, lanjutnya, selain menerjunkan personel Balai Besar TN BTS, juga melibatkan mitra lain pengelola kawasan, seperti masyarakat sekitar, paguyuban jip, pedagang kaki lima (PKL), dan lainnya.

Berdasarkan catatan Balai Besar TN BTS, jumlah kunjungan wisatawan di salah satu destinasi wisata utama di Jawa Timur tersebut sepanjang 2023 mencapai 368.507 orang, yang terbagi dari wisatawan nusantara dan mancanegara.

Jumlah tersebut terdiri dari 355.297 wisatawan nusantara dan sebanyak 13.210 orang merupakan wisatawan mancanegara. Kunjungan itu tercatat memberi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp14,7 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.