Sukses

Marcell Siahaan Mengaku Lebih Ikhlas Menjalani Hidup dan Takdir Setelah Bertafakur

Perjalanan spiritual Marcel Siahaan cukup panjang. Sebelumnya, pria kelahiran Bandung, 21 September 1977 itu menganut Kristen dan sempat pindah ke agama Buddha sebelum memutuskan menjadi mualaf.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Marcell Siahaan telah menganut agama Islam sejak beberapa tahun terakhir. Perjalanan spiritualnya cukup panjang, karena sebelumnya, pria kelahiran Bandung, 21 September 1977 ini menganut agama Kristen dan sempat pindah ke agama Buddha hingga menjadi mualaf.

Pria bernama lengkap Marcellius Kirana Hamonangan Siahaan ini pun sempat berbagi tentang pengalamannya menemui hidayah kepada Daniel Mananta di Podcast Daniel Tetangga Kamu. Berbicara tentang takdir, pelantun tembang Firasat ini pun belajar supaya bisa lebih menerimanya.

"Kadang kita perlu waktu untuk diam. Bengong.. bengong, bego.. bego gitu," ungkapnya dalam video yang diunggah ulang melalui akun TikTok @danielmanantanetwork pada Senin, 9 April 2024.

Menurut Marcell, sebagai makhluk harus bisa membaca tanda-tanda yang sering Allah berikan, baik lewat orang, alam, atau apapun. Itu yang ia sebut sebagai bertafakur. "Semuanya sign-nya sudah dia kasih lho," cetusnya menyakinkan.

Bahkan, ia belajar menerima ketentuan atau takdir Allah, termasuk dari hal-hal yang menyakitkan baginya ketika keinginannya belum dikabulkan. "Kita udah lakukan apapun gitu, tapi tiba-tiba nggak jadi misalnya atau nggak sesuai harapan kita," beber Marcell.

Setelah bertafakur, Marcell megaku mulai bisa membaca tujuan Allah menghadapkannya pada sebuah situasi. "Akhirnya bisa ikhlas lebih cepet ya. Bisa surrender lebih cepet," ucapnya lagi ke Daniel.

Jika tidak memotivasi diri untuk bertafakur dan melihat tanda-tanda yang diberikan-Nya, ia akan sangat lama menerima secara ikhlas takdir tersebut. "Kesel kenapa gini ya, gitu," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Marcell Merasa Nyaman

Sebelumnya, Marcell menjelaskan alasannya memutuskan memeluk agama Islam. "Gue nyaman, gue senang, gue yakin bahwa segala sesuatu itu ada titiknya," kata pelantun tembang"Firasat" dan "Ketika Kau Menyapa" dalam tayangan 31 Maret 2021 di saluran YouTube Daniel Mananta Networ berjudul Alasan Marcell Siahaan Memeluk Agama Islam.

Dengan menjadi mualaf, bapak tiga anak ini merasa bermanfaat untuk banyak orang. "Gue jadi merasa bisa berbuat banyak hal. Menjadikan diri gue sesuatu yang berguna buat banyak orang," pemilik nama lengkap Marcellius Kirana Hamonangan mengungkapkan.

Bagi suami Rima Melati Adams ini, Islam mengajarkan banyak hal mengenai berbagi dan mengasihi orang lain. Ia menganggap memeluk Islam adalah pencapaian spiritual tertingginya.

"Jadi bukan hanya melihat ini sebagai pencapaian spiritual hanya internal gue, tapi gue juga pencapaian spiritual eksternal," Marcell menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Marcell menyampaikan pandangannya kepada Daniel Mananta mengenai bagimana ia memandang Tuhan dalam Islam. "Dia (Allah SWT) tuh menjadi sesuatu yang Mahakokoh sekaligus yang paling loveable menurut gue. Jadi benar-benar dua unsur yang menguatkan, dia Jamal dan Jalal dalam suatu yang bersamaan," Marcell Siahaan menerangkan.

 

3 dari 4 halaman

Nama Islam Marcell Siahaan

Setelah menjadi muslim, Marcell memiliki nama lain yang berbau Islami. Namanya itu diambil dari Asmaul Husna, yaitu nama-nama Allah yang indah. Hal itu terungkap dari akun Instagram @fatih_indonesia, Sabtu, 9 April 2022.

"Abdul Matin adalah nama islam dari @marcellsiahaans diambil dari asmaul husna AL MATIN (yang Maha Kokoh)," tulisnya, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com

Semula, Marcell Siahaan tak mempublikasikan ke banyak orang bahwa dirinya menjadi mualaf. Kepada sahabatnya Daniel Mananta, ia membongkar semuanya.

"Perjalanan spiritual Marcell yang hening dalam diam, tanpa publikasi dan tanpa haus pengakuan, gak pernah melakukan self proclaim kalau dirinya berhijrah, meyakini bahwa agama itu sangat privasi," lanjutnya.

Usai menjadi mualaf, Marcell Siahaan tak lagi hanya fokus berkarya di dunia musik saja. Ia juga merambah ke dunia bisnis. Selain sebagai pemilik, Marcell juga menjadi modelnya.

"Value tersebut yang meyakini kami berkolaborasi bersama untuk menciptakan satu karya untuk dinikmati di hari raya, ALMATIN!" tutupnya.

4 dari 4 halaman

Menengahi Once dan Ahmad Dhani

Dalam kesempatan berbeda, sebagai salah satu komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), Marcell sempat menengahi musisi Ahmad Dhani yang mempermasalahan royalti dengan Once Mekel. Akhirnya, Dhani melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19.

Marcell mengungkapkan bahwa persoalan itu bisa diselesaikan dengan baik-baik. "Kalau saya sih masalah-masalah itu diselesaikan saja secara kontraktual di antara mereka. Itu bisa dibicarakan oleh masing-masing pihak kalau hubungannya enak," papar Marcell kepada wartawan di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Kamis, 6 April 2023. 

Jika jalur komunikasi tak ada titik temunya, Marcell punya saran untuk Once Mekel dan tim manajemen. Agar tak lagi bermasalah soal hak cipta lagu Dewa19, tim manajemen Once Mekel dapat bersikap tegas ke EO untuk tak memaksa Once bawakan lagu Dewa 19. 

"Atau misalnya gini dimintakan ke pihak manajemennya bang Once kalau misalnya ada EO yang nakal, dia minta bang Once bawain lagu Dewa. Sementara kan bang Once juga kan punya album gitu ya, berarti mereka nggak respect sama bang Once," ungkap Marcell. 

Terkait persoalan ini, Marcell yang seorang musisi mengaku bisa memahami apa yang menjadi keresahan Dhani sehingga timbul polemik seperti saat ini. "Karena saya juga bisa menerima maksud ketika Mas Dhani bilang 'selama konser Dewa19 tolong jangan ada dulu siapapun membawakan lagu-lagu Dewa19', ya karena saya pun pernah mengalami begitu, saat saya bikin konser solo di Indonesia," tutup Marcell.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini