Sukses

5 Sambal Ini Jadikan Hidangan Buka Puasa Lebih Nikmat, Salah Satunya Berbahan Dasar Terasi

Salah satu yang menjadikan hidangan berbuka puasa semakin lezat adalah sambal.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Ramadan, tradisi berbuka puasa tidak hanya menjadi momen memperoleh energi setelah seharian menahan lapar dan haus, tetapi juga sebagai kesempatan untuk menikmati berbagai hidangan lezat. Salah satu yang menjadikan hidangan berbuka puasa semakin lezat adalah sambal.

Pasalnya, di Indonesia, sambal tidak hanya dianggap sebagai pelengkap, tetapi juga sebagai penguat rasa yang memperkaya cita rasa hidangan. Nah, sambal yang menjadi primadona masyarakat Indonesia adalah sambal terasi dan jika kamu ingin menikmati sambal itu secara praktis, ABC Sambal Nusantara bisa pelengkap sajian hidangan berbuka puasa.

Pasalnya, ABC Sambal Nusantara varian Terasi dibuat dengan 100% bahan-bahan asli dan segar Indonesia, seperti terasi segar, cabai merah rawit dan bawang merah* berkualitas. ABC Sambal Nusantara Terasi yang diproduksi oleh ABC Heinz Indonesia.. 

Bagaimana tidak? ABC Sambal Nusantara digiling dengan cara tradisional sehingga menghasilkan rasa dan aroma seotentik sambal rumahan. Tak hanya sambal terasi, ABC Sambal Nusantara juga tersedia dalam varian Geprek, Sambal Hijau, Sambal Rendang serta Sambal Teri. 

Setiap varian juga terinspirasi dari kekayaan sambal Nusantara dengan cita rasa dan level pedas yang berbeda-beda. Tak hanya itu, ABC Sambal Nusantara Terasi bisa jadi pilihan karena memiliki kemasan yang praktis dibawa ke mana-mana, yakni pouch dan sachet. 

Dengan kemasan tersebut, jika kamu ingin mendapatkan hidangan lezat ketika berbuka puasa di luar rumah, bisa sesimpel menggunakan ABC Sambal Nusantara Terasi! Selain itu, saat Lebaran pun ABC Sambal Nusantara Terasi bisa dibawa ke mana-mana dengan kemasan yang praktis tersebut.

Hidangan Lebaran berupa ketupat sayur, opor ayam, dan rendang pun bisa semakin lezat dengan varian ABC Sambal Nusantara Terasi, lho! Jadi, saatnya mencoba kelezatan ABC Sambal Nusantara karena sambal asli Indonesia jelas #HarusYangOtentik dan kamu bisa membeli ABC Sambal Nusantara di toko-toko terdekat.

Selain ABC Sambal Nusantara varian yang membuat praktis dalam menyantap sambal, ada pula jenis sambal lain di Indonesia. Dan dari banyaknya jenis yang tersedia, inilah 5 jenis sambal yang populer di Indonesia dan bisa menjadikan hidangan berbuka puasa semakin lezat.

1. Sambal Terasi

Sambal terasi merupakan salah satu jenis sambal yang digandrungi oleh sebagian masyarakat Indonesia. Rasanya yang pedas dengan sentuhan unik dari terasi memberikan dimensi tambahan pada hidangan apa pun.

Terasi yang terdapat pada sambal ini memberikan aroma yang kuat dan rasa yang unik. Selain itu, sambal terasi juga biasanya dibuat dengan cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula.

2. Sambal Ijo

Sambal Ijo adalah salah satu varian sambal yang kaya akan rasa dan aroma. Dengan bahan-bahan alami dan proses pembuatan sederhana, sambal ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidangan Indonesia.

Ya, sambal ijo merupakan pendamping sempurna untuk berbagai hidangan, terkhusus ayam goreng atau lauk yang ada di nasi Padang. Kombinasi rasa pedas, segar, dan gurih dari sambal ijo dapat meningkatkan kenikmatan dari hidangan apa pun yang disajikan. 

Jika kamu ingin membuat sambal ijo, perlu dipersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula, ya!

3. Sambal Teri

Sambal Teri adalah hidangan khas Indonesia yang telah dikenal dan disukai oleh banyak orang. Teri yang merupakan jenis ikan kecil kaya akan protein dan rasa gurih, menjadi bahan utama.

Bahan utama itu pun dikombinasikan dengan bawang merah dan putih, cabai, serta bumbu-bumbu lainnya yang menghasilkan cita rasa gurih, pedas, dan memikat. Dengan perpaduan unik tersebut, sambal teri tak hanya menyajikan rasa pedas yang menggigit, tetapi juga menghadirkan cita rasa khas Indonesia yang tak terlupakan.

4. Sambal Rendang

Sambal Rendang adalah kombinasi yang menggugah selera antara cita rasa pedas yang membara dan kelezatan rempah-rempah khas Rendang. Sambal rendang tidak hanya memenuhi kebutuhan akan rasa pedas, tetapi juga menambah dimensi rasa mendalam dan kompleks bagi pencinta kuliner.

Sambal Rendang merupakan inovasi kuliner yang lahir dari kekayaan tradisi masakan Minangkabau. Tradisi masak rendang yang dikenal dengan kaya akan rempah-rempah, seperti serai, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, dan santan, mengilhami pembuatan sambal yang memadukan elemen-elemen tersebut dengan rasa pedas yang kuat.

5. Sambal Geprek

Sambal geprek merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sedang naik daun belakangan ini. Seiring dengan popularitas yang terus meningkat, sambal geprek telah menjadi favorit bagi banyak orang yang menyukai cita rasa pedas dan nikmat. 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal geprek relatif sederhana dan mudah seperti cabai rawit, bawang merah dan putih, tomat, garam, gula, dan minyak goreng. Sambal geprek pun bisa disandingkan dengan ragam kuliner lainnya, mulai dari ayam, tahu atau tempe, hingga ikan.

Nah, itulah 5 sambal yang ada di Indonesia dan mana yang menjadi favorit kamu selama menyajikan hidangan berbuka puasa?

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini