Sukses

YouTuber Korea Tzuyang Mukbang Makanan Indonesia di Warung Dekat Rel Kereta Jakarta, Ketagihan Indomie Rebus

Tzuyang memesan mulai dari nasi goreng, mi goreng, sop iga, sop ayam kampung, sampai tiga porsi Indomie rebus.

Liputan6.com, Jakarta - "Sebuah tempat makan kecil di suatu tempat di Indonesia," begitulah YouTuber Korea Tzuyang berbagi salah satu video yang direkamnya di Jakarta pada hampir 10 juta pengikutnya, Selasa, 26 Maret 2024. Di kesempatan itu, ia kedapatan makan di Warung Ibu Tia yang beralamat di Jalan Srikaya II, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, dekat dengan Stasiun Gondangdia.

Video itu memperlihatkan bukan kunjungan pertama, namun keduanya untuk mukbang. "(Karena) rasanya enak, saya datang lagi," ia mengatakan dalam bahasa Indonesia, yang disambut dengan ucapan terima kasih dari ibu pemilik warung makan tersebut.

"Saya makan tiga menu kemarin," sebut Tzuyang. "Hari ini, mungkin semuanya? Wah menunya banyak sekali." Ia kemudian memesan makanan yang diinginkan, yakni sop iga, nasi goreng, dan mi goreng masing-masing satu porsi, serta mi rebus, yang dimasak menggukana Indomie, tiga porsi.

Menu pertama yang dihadirkan adalah nasi goreng. "Saya sangat ketagihan makan nasi goreng ini," ia mengakui. "Enak banget. Kok bisa ya seenak ini?"

Selanjutnya, ia dihidangkan mi rebus yang dibuat dari Indomie dan dilengkapi berbagai bumbu tambahan dan topping, seperti sawi hijau, bakso irisan tomat, telur, dan taburan bawang goreng. "Ini tuh enaknya enggak masuk akal," kata Tzuyang. "Rasa kuahnya kaya banget."

Hidangan lain yang jadi khas makanan indonesia, sebut dia, adalah mi goreng. Di tengah makan, ia berbalik untuk memuji masakan tempat makan tersebut sambil mengangkat kedua jempol tanggannya. Lucunya, ibu pemilik warung sedang tidak berada di tempat. "Lho ibunya ke mana?" kata dia sambil terkekeh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lanjut Mukbang

Saat mi rebus sudah hampir licin tandas, sop iga pesanan Tzuyang disajikan. Semula, ia menyebut bahwa rasanya mirip dengan sop iga ala Korea. "Eh beda, beda. Ini kenapa enak banget sih?" katanya memperlihatkan ekspresi seolah tidak percaya.

"Di sini, kami bisa dengar suara kereta kayak di Korea. Tempat makan di kolong rel kereta," ia menyebut. Tzuyang ternyata juga memesan sop ayam kampung. Ia mengatakan bahwa dari semua tempat makan yang sudah ia coba di Jakarta, warung makan itu yang paling enak, termasuk soal perhitungan harga makanan.

"Harganya murah banget," sebut dia. "Tapi semua makanannya enak." Setelah mencicip rasa kuah sop ayam kampungnya, ia berkomentar, "Game over," yang artinya tidak akan makanan yang rasanya gagal, menurutnya.

Saking ketagihan, Tzuyang bahkan meminta si ibu pemilik warung pergi ke Korea Selatan untuk membuka warung makan di sana. Namun, pernyataan ini dikatakannya dalam bahasa Korea, dan sepertinya si ibu pemilik warung tidak memahaminya. Rekaman berlanjut dengan memperlihatkan YouTuber itu melahap mi rebus keduanya.

3 dari 4 halaman

Janji Balik Lagi

Interaksi antara Tzuyang dan ibu pemilik warung juga menarik. Ia berkali-kali memuji masakannya, menyebut "enak" dan "mantap," yang dibalas dengan senyum dan ucapan terima kasih dari ibu pemilik warung. Di satu momen, ibu itu bahkan menyebut senang Tzuyang memakan makanannya dengan lahap.

Setelah semua makanan di depannya hampir habis, Tzuyang kembali memesan mi rebus. Menuju akhir rekaman, ada beberapa ibu yang berada di dekat si YouTuber, memujinya "cantik seperti boneka," yang dibalas dengan ucapan terima kasih. Akhirnya ia berhasil menghabiskan semua makanan yang dipesan, ditambah seporsi nasi yang dimakan bersama sop ayam kampung.

Ia berkata, "Makanannya berbeda dari Korea. Rasanya itu rasa yang belum pernah saya cicip di Korea. Saya senang banget karena ternyata cocok sama rasa makanannya."

Perpisahannya dengan si ibu pemilik warung pun sarat haru dengan tangis. Teman Tzuyang yang ikut ke sana juga terekam menangis sambil memberi pelukan perpisahan pada ibu pemilik warung. "Saya bakal balik lagi, bu," tulisnya di video tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Berapa Berat Badannya?

Tzuyang disebut-sebut sebagai salah satu YouTuber Mukbang ternama, tidak hanya di Korea Selatan, tapi dunia. Saat jadi bintang tamu acara radio komedian Park Myung Soo di KBS CoolFM pada 13 Juli 2023, ia mengungkap berat badannya.

Awal tahun lalu di Knowing Bros, ia menceritakan kondisi kesehatannya dan menyebut bahwa berat badannya berada di angka 40-an kilogram. Ia juga berbagi bahwa dia tidak berolahraga, rangkum Koreaboo.

Tapi, YouTuber mukbang itu bertambah beratnya karena mulai berolahraga. "Dulu berat saya 47 kg, tapi sekarang bertambah. Berat badan saya sekitar 50 kg karena saya sering berolahraga. Saya mulai pergi ke gym tiga bulan lalu," katanya.

Tzuyang kemudian teringat ketika ia menyadari ia bisa makan lebih banyak daripada orang lain. "Ketika saya masih di sekolah menengah, saya sempat tinggal di rumah nenek saya. Ia memasak dalam porsi besar, dan saya memakan semua yang ia masak untuk saya," ucapnya.

"Sementara teman-teman saya makan satu atau dua bungkus keripik saat ngemil, saya makan enam atau tujuh bungkus. Saat itulah saya menyadari bahwa saya makan banyak," imbuhnya. Tzuyang  juga mengenang saat ia berumur 20 tahun dan tidak mampu membeli makanan mahal.

"Saya sering pergi ke restoran makan sepuasnya saat itu. Saya merasa sangat tidak enak pada pemiliknya karena banyaknya makanan yang saya makan. Setelah itu, saya tidak pernah kembali ke restoran tersebut," sebutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.