Sukses

Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024, Indonesia Hanya Diwakili 1 dari Jakarta

Asia’s 50 Best Restaurants Awards kembali digelar dan telah mengumumkan pemenang yang masuk ke dalam 50 besar restoran terbaik di kawasan Asia. Apakah Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Asia’s 50 Best Restaurants Awards kembali digelar dan diumumkan di Seoul, Korea Selatan, pada Selasa malam, 26 Maret 2024. Mengutip CNN pada Rabu, 27 Maret 2024, setelah kehilangan posisi nomor satu pada 2023, Tokyo, Jepang, merebut kembali mahkotanya sebagai kota dengan restoran terbaik di kawasan Asia.

Sézanne menempati peringkat pertama dalam daftar 50 restoran terbaik Asia 2024 itu. Restoran yang terletak di Four Seasons Hotel Tokyo di Marunouchi itu dipimpin oleh seorang koki Inggris, Daniel Calvert.

Namanya diambil dari sebuah kota di wilayah Champagne, Prancis. Restoran tersebut terkenal dengan masakan neo-Prancisnya yang dibuat dengan sempurna menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang terkenal di Jepang. Kenaikan peringkat Sézanne bisa dibilang berlangsung cepat. Mereka debut pada 2022 dan langsung menduduki nomor 17. Pada 2023, restoran sudah menduduki peringkat dua.

Dalam penghargaan tersebut, Sézanne diwakili oleh kokinya, Calvert, yang mengambil penghargaan secara langsung. Ia nyaris membatalkan kehadirannya karena alasan penting. "Istri saya baru saja punya bayi, jadi saya tidak akan datang minggu ini," ujarnya sambil menerima penghargaan sambil tertawa.

"Terima kasih kepada semua orang yang makan bersama kami, yang memilih kami, yang berkunjung tahun lalu dan mendukung kami. Bukan hanya tahun lalu tapi bertahun-tahun sejak saya berada di Asia, yaitu 2016. Jadi saya tidak pernah berpikir kami akan berada di panggung ini sekarang."

Tokyo juga menduduki posisi runner up dalam daftar tersebut. Lagi-lagi restoran yang terinspirasi kuliner Prancis yang mendapatkan posisi, yakni Florilege.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Restoran yang Menempati 5 Besar

Restoran Florilege naik lima peringkat dan menempati posisi nomor dua dalam daftar 2023 itu. Posisinya disusul oleh Restoran Gaggan Annand dari Bangkok, yang dipimpin oleh koki legendaris kelahiran Kolkata dengan nama yang sama, Gaggan Annand. Restoran itu naik dua peringkat dari tahun sebelumnya.

Lima besar restoran terbaik tersebut dilengkapi oleh dua restoran di Hong Kong. Di posisi keempat adalah restoran The Chairman, yang terpilih sebagai nomor satu pada 2021. Sementara, Wing, yang sangat tidak disangka-sangka malam itu, naik 32 peringkat secara mengesankan sejak tahun lalu untuk meraih tempat kelima. 

Proses penilaian pemenang tentunya tidak bisa oleh sembarang orang. Daftar pemenang dalam penghargaan ini disusun oleh 50 Akademi Restoran Terbaik Asia, yang terdiri dari lebih dari 300 kritikus makanan, penulis, koki, dan pemilik restoran. Semuanya dipilih berdasarkan pengetahuan mereka tentang dunia restoran di Asia.

Indonesia juga menempatkan satu restoran sebagai perwakilan di daftar tersebut. Restoran itu bernama August.

3 dari 4 halaman

Indonesia Berada di Urutan Berapa?

Restoran August berhasil menduduki peringkat nomor 46. Lokasinya terletak di Sequis Tower, Lantai Ground, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 71, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

August adalah sebuah restoran yang digagas oleh Hans Christian, seorang koki terampil dan juga digagas oleh Budi Cahyadi, seorang pengusaha hotel berpengalaman dan profesional F&B. Restoran yang menawarkan menu masakan Indonesia dengan teknik Prancis itu debut pada November 2021.

Keduanya memilih nama August untuk restoran mereka untuk mencerminkan tujuan mereka agar restoran tersebut dihormati dan mengesankan, sesuai dengan arti kata august. August juga termasuk salah satu restoran yang berhasil menaikkan peringkatnya dalam penghargaan tersebut.

Pada 2023, mereka menduduki posisi ke 95 dalam Asia’s 50 Best Restaurants Awards berdasarkan situs resminya August yang dikutip Rabu, 27 Maret 2024. Pada tahun ini, August naik 49 peringkat dari tahun sebelumnya. Selain berhasil mengamankan posisinya di Asia’s 50 Best Restaurants Awards, August juga pernah menyabet gelar juara pada American Express One To Watch Award. 

4 dari 4 halaman

Daftar 50 Restoran Asia Terbaik 2023

Meskipun Singapura tidak memiliki satu pun restoran yang masuk dalam lima besar, sembilan restorannya masuk dalam daftar 50 teratas, lebih banyak dibandingkan kota manapun. Dalam daftar tersebut juga terdapat restoran baru yang masuk dalam daftar tersebut, salah satunya adalah Seroja yang menduduki peringkat ke-31. Seroja menjadi pendatang baru tertinggi malam itu.

Sedangkan, Bangkok memiliki delapan restoran yang masuk ke dalam daftar. Selain Gaggan Anand di nomor tiga, ada juga restoran-restoran teratas lainnya, di antaranya Nusara oleh koki Thitid "Ton" Tassanakajohn yang meraih posisi nomor enam, diikuti oleh Sühring di urutan tujuh (naik 15 peringkat tahun ini). Sementara, restoran nomor satu di Asia tahun lalu, Le Du dari Bangkok, yang juga dijalankan oleh koki Ton, malah turun ke peringkat 12 tahun ini.

Berikut merupakan daftar 50 restoran terbaik di Asia:

1. Sezanne (Tokyo)

2. Florilege (Tokyo)

3. Gaggan Anand (Bangkok)

4. The Chairman (Hong Kong)

5. Wing (Hong Kong)

6. Nusara (Bangkok)

7. Suhring (Bangkok)

8. Den (Tokyo)

9. La Cime (Osaka)

10. Odette (Singapura)

11. Sorn (Bangkok)

12. Le Du (Bangkok)

13. Mingles (Seoul)

14. Narisawa (Tokyo)

15. Burnt Ends (Singapore)

16. Neighborhood (Hong Kong)

17. Potong (Bangkok)

18. 7th Door (Seoul)

19. Fu He Hui (Shanghai)

20. Euphoria (Singapore)

21. Onjium (Seoul)

22. Logy (Taipei)

23. Masque (Mumbai)

24. Toyo Eatery (Manila)

25. Born (Singapura)

26. Indian Accent (New Delhi)

27. Mono (Hong Kong)

28. Meta (Singapura)

29. Samrub Samrub Thai (Bangkok)

30. Labyrinth (Singapura)

31. Seroja (Singapura)

32. Caprice (Hong Kong)

33. JL Studio (Taichung, Taiwan)

34. Mume (Taipei)

35. Villa Aida (Wakayama, Jepang)

36. Ling Long (Shanghai)

37. Ando (Hong Kong)

38.  Les Amis (Singapura)

39. Sazenka (Tokyo)

40. 102 House (Shanghai)

41. Mosu (Seoul)

42. Baan Tepa (Bangkok)

43. Lolla (Singapura)

44. Avartana (Chennai, India)

45. Goh (Fukuoka, Jepang)

46. August (Jakarta, Indonesia)

47. Cenci (Kyoto, Jepang)

48. Anan Saigon (Ho Chi Minh City)

49. Chef Tam’s Seasons (Macao)

50. Meet the Bund (Shanghai)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.