Sukses

Daftar 11 Bandara dengan Restoran Terbaik di Dunia Versi Global Tastemakers Awards 2024, Singapura Juaranya

Food & Wine mengumumkan daftar 10 besar bandara dengan restoran terbaik di dunia versi Global Tastemakers Awards 2024 pada Selasa, 2 April 2024. Penentuan pemenang dilakukan oleh panelis yang terdiri lebih dari 180 food and travel journalists.

Liputan6.com, Jakarta - Food & Wine mengumumkan pemenang Global Tastemakers Awards 2024 pada Selasa, 2 April 2024, yang melibatkan lebih dari 180 food and travel journalists sebagai panelis. Mereka mengungkapkan bandara favorit untuk berburu makanan dan minuman.

Mengutip New York Post pada Rabu, 3 April 2024, mahkota penghargaan tersebut jatuh kepada Bandara Jewel Changi di Singapura. Bandara itu tidak hanya memiliki air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia, tetapi juga lebih dari 100 penjual makanan. Penawaran bandara ini mencakup "kaldu lezat yang dibuat dari tulang babi Jepang yang telah direbus selama lebih dari 10 jam" dan "kepiting cabai pemenang penghargaan".

Sedangkan untuk Amerika, hanya tiga dari 10 peringkat teratas berada di Amerika Serikat (AS) dan hanya satu di New York City. Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK) di Queens berada di peringkat ketujuh. Para panelis memuji bahwa "pilihan makanannya hampir sama besarnya dengan bandara itu sendiri."

Ada juga Palm Bar & Grille di Terminal 4 yang menyajikan cita rasa ikonis dari New York. Hal tersebut berhasil mendapat pujian dan direkomendasikan oleh para panelis yang "menghadirkan energi restoran steak New York ke bandara." Karena JFK merupakan international hub, para panelis menyoroti keragaman masakannya, seperti kedelai dan sake untuk ramen di Terminal 1, Mi Casa Cantina dan Restoran di Terminal 4.

Bandara AS lainnya dalam daftar adalah Bandara Internasional Hartsfield–Jackson Atlanta yang berada di peringkat delapan dan Bandara Internasional San Francisco yang berada di urutan setelahnya. Berikut merupakan daftar 11 besar yang mendapatkan Global Tastemakers Awards 2024:

  1. Bandara Jewel Changi (Changi, Singapura)
  2. Bandara Internasional Tokyo-Narita (Narita, Jepang)
  3. Bandara Internasional Dubai (Dubai, Uni Emirat Arab)
  4. Bandara Heathrow (London, Inggris)
  5. Bandara Istanbul (Istanbul, Turki)
  6. Bandara Schipol Amsterdam (Amsterdam, Belanda)
  7. Bandara Internasional John F. Kennedy (New York City, AS)
  8. Bandara Internasional Hartsfield–Jackson Atlanta (Georgia, AS)
  9. Bandara Internasional San Francisco (California, AS)
  10. Bandara Internasional Vancouver (Vancouver, Kanada)
  11. Bandara Munich (Munich, Jerman)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kota dengan Makanan dan Minuman yang Terbaik di Dunia

Selain penghargaan untuk makanan dan minuman bandara, Food and Wine juga mengumumkan kategori lainnya dalam ajang Global Tastemakers Awards 2024. Salah satu kategori tersebut adalah penghargaan untuk kota dengan makanan dan minuman terbaik di dunia. Kategori ini melahirkan 12 kota dengan makanan dan minuman terbaik.

Mengutip Food and Wine pada Rabu, 3 April 2024, yang berada di peringkat pertama adalah Tokyo, Jepang. Memiliki jumlah restoran berbintang Michelin terbesar di dunia dengan 183 orang yang ditunjuk, dedikasi Tokyo terhadap teknik kuliner, bahan-bahan berkualitas, dan tradisi terus mengesankan.

Tidak ada kuliner unik yang bisa menggambarkan kota yang ramai ini, namun pengunjung dapat dengan mudah menemukan sushi, ramen, dan izakaya kelas dunia. Sebuah kota yang memadukan santapan lezat dengan jajanan kaki lima dan masakan daerah dengan favorit internasional, Tokyo adalah tempat bagi pengunjung bisa menemukan makanan lezat dan mudah dijangkau. 

 

3 dari 4 halaman

Daftar 12 Kota dengan Makanan dan Minuman Terbaik

Peringkat kedua diduduki oleh Istanbul, Turki. Baik itu hidangan laut klasik di sepanjang Bosphorus, pengalaman naik kereta jalanan di kota tua, Istanbul adalah kota yang penuh karakter dan pesona yang menghadirkan kuliner lintas budaya, pasar rempah-rempah yang berlimpah, dan makanan dan minuman nasionalnya yang kuat dan keras, raki.

Sedangkan untuk peringkat ketiga ditempati oleh Mexico City, Meksiko. Dari Pujol yang menjadi patokan Enrique Olvera hingga puestos (kios jajanan kaki lima) yang lebih kasual, CDMX adalah tempat yang tepat untuk menikmati makanan yang tiada duanya.

Ada yang datang untuk menikmati taco al pastor, ada juga yang datang karena hidangan inventif yang dibuat oleh koki-koki pendatang baru generasi baru di kota ini. Baik itu makanan tradisional atau masakan modern, Mexico City menyediakannya. 

Ada siapa lagi di daftar tersebut? Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Tokyo, Jepang

2. Istanbul, Turki

3. Kota Mexico, Meksiko

4. Paris, Prancis

5. Lima, Peru

6. Roma, Italia

7. Singapura

8. Copenhagen, Denmark

9. Osaka, Jepang

10. Madrid, Spanyol

11. Kyoto, Jepang

12. Lisbon, Portugal

 

 

4 dari 4 halaman

Indonesia Berhasil Meloloskan Satu Restorannya ke Deretan 50 Besar

Global Tastemakers Awards 2024 bukan ajang penghargaan pertama di tahun ini. Sebelumnya, telah diselenggarakan juga penghargaan untuk Asia’s 50 Best Restaurants Awards. Penghargaan tersebut kembali digelar dan diumumkan di Seoul, Korea Selatan pada Selasa malam, 26 Maret 2024.

Mengutip CNN pada Rabu, 27 Maret 2024, setelah kehilangan posisi nomor satu pada 2023, Tokyo telah merebut kembali mahkotanya sebagai kota dengan restoran terbaik di kawasan Asia ini. Sézanne berhasil menempati peringkat pertama dalam penghargaan tersebut.

Sézanne adalah restoran yang terletak di Four Seasons Hotel Tokyo di Marunouchi dan dipimpin oleh seorang koki Inggris, Daniel Calvert. Nama restoran ini diambil dari sebuah kota di wilayah Champagne Prancis. Restoran tersebut terkenal dengan menawarkan masakan neo-Prancisnya yang dibuat dengan sempurna menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang terkenal di Jepang. 

Kenaikan peringkat Sézanne bisa dibilang berlangsung cepat. 2022 adalah debutnya di daftar penghargaan tersebut dan menduduki nomor 17. Kemudian 2023 lalu, ia sudah menduduki peringkat nomor dua.

Indonesia juga memiliki satu wakil di dalam daftar tersebut. Restoran dengan dengan nama August berhasil menduduki peringkat nomor 46. August terletak di Sequis Tower, Lantai Ground, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 71, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini