Sukses

McDonald's Tutup Semua Gerainya di Sri Lanka Gara-Gara Tak Higienis

Perusahaan induk McDonald's menggugat pemilik hak waralabanya di Sri Lanka secara hukum karena tidak bisa memenuhi standar higienis yang ditetapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh cabang McDonald's di Sri Lanka ditutup pada Minggu, 24 Maret 2024, setelah jaringan restoran waralaba yang berbasis di Amerika Serikat itu menggugat secara hukum pemegang waralaba lokal atas tuduhan higienitas yang rendah. AFP melaporkan, dikutip Senin (25/3/2024), Pengadilan Tinggi Komersial Kolombo memerintahkan semua gerai ditutup hingga 4 April 2024.

Perusahaan induk McDonald's menuduh pemegang waralaba lokal gagal memenuhi standar kebersihan (higienis) internasional. "Penutupan diperintahkan sambil menunggu penyelidikan," kata seorang pejabat pengadilan.

Dia mengatakan pengacara McDonald's mengatakan kepada pengadilan bahwa mereka telah mengakhiri perjanjian waralaba dengan perusahaan lokal Abans minggu lalu. Sidang akan dilanjutkan pada awal April 2024.

Belum ada komentar langsung dari McDonald's atau Abans, yang telah memegang waralaba tersebut dengan 12 gerai sejak perusahaan Amerika itu masuk ke Sri Lanka pada 1998. Pengumuman terlihat di luar gerai McDonald's pada Minggu yang menyatakan bahwa gerai tersebut "tutup" dan tidak ada indikasi apakah atau kapan gerai tersebut akan dibuka kembali.

Beda halnya dengan gerai McDonald's di Indonesia yang tetap buka meski dibayang-bayangi ancaman boikot karena bisnis perusahaan induk terkait dengan Israel. PT Rekso Nasional Food yang memegang waralaba McDonald's Indonesia kemudian menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp1,5 miliar melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI.

Perusahaan tersebut berdalih berkomitmen kuat terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan ingin berperan aktif dalam mendukung upaya kemanusiaan di Gaza, Palestina. 

"Kami sangat prihatin melihat semakin banyaknya warga yang terdampak akibat krisis kemanusiaan di Gaza. Bantuan ini merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, sekaligus langkah awal yang perusahaan lakukan untuk meringankan beban saudara kita di Palestina," kata HR & GS Director PT Rekso Nasional Food, Yulianti Hadena, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 8 November 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luncurkan Program Kolaborasi dengan Hello Kitty

Dalam kesempatan terpisah, McDonald's Indonesia juga meluncurkan program kolaborasi terbaru dengan Sanrio Asia Tenggara untuk menghadirkan 50 karakter boneka Hello Kitty berbentuk gantungan tas. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menyediakan Limited Edition Hello Kitty Plush Bag Tag secara lengkap, 50 karakter.

"Kolaborasi ini merupakan upaya kami untuk memberikan pengalaman serta kesempatan langka kepada para pelanggan setia kami yang telah mengikuti perkembangan karakter Hello Kitty sejak kecil. Sejalan dengan perayaan ulang tahun Hello Kitty yang ke-50, kami sengaja menghadirkan 50 ragam desain untuk para penggemar Hello Kitty di Indonesia," kata Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Rabu, 20 Maret 2024.

Pelanggan dapat memilih variasi Hello Kitty Plush Bag Tag selama periode 1 Maret – 13 Juni 2024. Koleksi 50 karakter dari Hello Kitty Plush Bag Tag dihadirkan secara berkala. Sejak diluncurkan pada awal Maret ini, beberapa koleksi Hello Kitty Plush Bag Tag seperti edisi spesial Hello Kitty 50th Anniversary, Kimono, dan Mermaid menjadi yang paling dicari-cari oleh para penggemar dari anak-anak hingga orang dewasa.

3 dari 4 halaman

Karakter Spesial di Layanan Pesan Antar

Dalam setiap minggunya, pelanggan dapat memilih variasi koleksi yang diinginkan selama persediaan masih ada. Limited Edition Hello Kitty Plush Bag Tag tersedia di seluruh saluran penjualan McDonald’s Indonesia, yakni dine in, take away, drive thru, dan McDelivery.

Setiap minggu akan ada satu karakter yang hanya bisa didapatkan melalui pembelian di delivery channel (McDelivery, GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood). Apabila terdapat lebih dari satu pesanan melalui delivery, pembeli akan mendapatkan satu karakter khusus dan sisanya adalah karakter yang berbeda di periode berjalan, kecuali terdapat permintaan khusus dan stok tersedia.

Sebagai contoh, pada periode 3 yang berlangsung pada 15--21 Maret 2024, pelanggan yang memesan melalui layanan pesan antar akan mendapatkan Hello Kitty Plush Bag Tag dengan karakter khusus Natural Botanical. Edisi khusus dalam setiap periode dapat dipantau langsung melalui akun media sosial McDonald’s Indonesia.

4 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Hello Kitty

Ada dua cara pembelian Limited Edition Hello Kitty Plush Bag Tag. Pertama, dengan pembelian satuan dengan harga Rp33.784 (sebelum pajak) disertai pembelian paket menu apa saja. Kedua, dengan harga normal Rp49.550 (sebelum pajak) tanpa disertai pembelian menu apa pun. Setiap pembelian satu paket harga spesial/harga normal, pelanggan akan mendapatkan satu karakter Hello Kitty Plush Bag Tag.

Hello Kitty, salah satu karakter kartun populer dari Jepang, baru saja merayakan hari jadinya yang ke-50. Karakter yang memiliki nama lengkap Kitty White ini diciptakan oleh perancang Sanrio bernama Shimizu Ikuko pada 1974 yang hingga saat ini masih menjadi karakter favorit masyarakat di seluruh dunia.

Salah satu penggemarnya adalah Jisoo Blackpink. Ia menunjukkannya saat merayakan ulang tahun ke-28 pada 3 Januari 2023, lewat pesta bertema Hello Kitty. Dengan latar kata-kata Happy Birthday dan balon Hello Kitty, Jisoo terlihat memakai cincin, kalung, dan gelang Hello Kitty dan dipadukan dengan busana hitam berkerah putih.

"Tahun ini, saya pikir saya ingin menjadi ulang tahun yang memberikan sedikit kebahagiaan untuk Blink, yang memberi saya kebahagiaan setiap ulang tahun karena dia selalu memberi saya ucapan selamat untuk saya, tetapi bagaimana?" ungkap Jisoo dikutip dari akun Instagram @sooyaa__, Kamis, 5 Januari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.