Sukses

Tips Menata Interior Kamar Kos yang Pas Sesuai Zodiak

Indekos jadi pilihan tinggal kebanyakan anak muda Indonesia. Hunian yang kecil namun lengkap dan strategis seperti ini mendukung mobilitas aktif para generasi muda. Banyak tips untuk menata kamar kos, salah satunya disesuaikan dengan zodiak.

Liputan6.com, Jakarta - Merasa bosan dengan dekorasi kamar kosmu yang monoton hingga memengaruhi produktivitasmu? Mungkin ini saatnya untuk mengganti dekor dan tata letak kamarmu sesuai dengan zodiak. Nisha Astrin, desainer interior Rukita, berbagi beberapa tips kepada para penghuni indekos untuk menentukan kamar yang cocok dengan kepribadian berdasarkan bintang kelahiran.

Nisha memulai dari bintang lahir pertama, yaitu Aquarius. Zodiak dari elemen air ini dikenal sebagai kepribadian yang kreatif dan rebellious.

"Aquarius butuh kamar lapang dengan pencahayaan yang cukup untuk bekerja dengan warna-warna hangat yang mendukung kreativitasnya," sebut Nisha menunjukkan salah satu contoh gaya interior dengan jendela besar, pada peringatan Hari MRT di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Setelah Aquarius, zodiak kedua, Pisces disarankan untuk memilih kamar interior yang berkesan hangat dengan aksen kayu dan warna earthtone. Menurut Nisha, "Yang seperti ini cocok dengan kepribadian Pisces yang tenang."

Sementara bagi Aries si penyuka tantangan, Nisha menyarankan untuk memilih desain interior kamar yang luas dan dicat dengan tone alam yang tenang sebagai peredam energi mereka yang tak habis-habis. Lain dengan Aries, Taurus yang penuh dengan rencana dan serius memerlukan living space yang lebih praktikal dan simpel. 

"Para Taurus ini bisa coba untuk atur kamar dengan posisi furnitur yang saling berdekatan supaya lebih praktis," sebut Nisha.

Para Gemini yang dikenal friendly disarankan untuk memilih kamar berdesain minimalis dan memiliki tempat bersosialisi, karena kepribadian mereka yang senang untuk berkoneksi dengan orang lain. Sedangkan untuk si Cancer yang sensitif, kamar dengan jendela menghadap outdoor yang didekatkan dengan tempat tidur akan sangat cocok dengan kepribadian mereka yang melankolis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Leo yang Narsis hingga Capricorn Si Pekerja Keras

"Sedangkan untuk Leo yang narsis, mungkin bisa juga taruh beberapa cermin di dalam kamarnya," canda Nisha. Ia menyarankan para Leo yang dominan untuk memilih desain kamar indekos yang memiliki warna atau fitur bold sesuai dengan kepribadian mereka.

Di sisi lain, Virgo si perfeksionis mungkin membutuhkan indekos dengan model compact yang lengkap dan berwarna cerah untuk mendukung produktivitas mereka.

Libra yang dikenal sebagai social butterfly mungkin akan butuh sedikit space lebih sebagai tempat berkumpul bersama sirkel mereka yang erat. "Para Libra mungkin bisa pilih kamar Indekos dengan mini ruang tamu di dalamnya," sebut Nisha.

Setelah Libra, ada pula Scorpio yang ambisius dalam menjalani hidup. Pemilik zodiak ini disebut membutuhkan indekos dengan pemandangan kota untuk menjaga produktivitas sebagai seseorang yang passionate dalam pekerjaan.

Sedangkan Sagitarius yang ramah dan senang bermain, perlu hunian luas yang bisa mengakomodasi kebutuhan sosial mereka. "Sagitarius bisa memilih untuk tinggal di apartemen yang luas dan akomodatif," sebut Nisha, menyarankan.  Terakhir, Capricorn yang disiplin akan sangat cocok dengan jenis hunian yang memiliki meja kerja, jendela, dan kasur yang saling berdekatan untuk mendukung mobilitas Capricorn yang penuh tanggung jawab.

3 dari 4 halaman

Rukita Canangkan Rilis Produk Baru di Akhir Tahun

Selain soal desain interior, Tim Lifestyle Liputan6.com juga berkesempatan untuk mewawancarai Sabrina Soewatdy, CEO dan Co-Founder Rukita. Ia membocorkan bahwa ada produk dan pengembangan baru yang akan dirilis oleh perusahaan proptech tersebut akhir tahun ini.

"Karena kita terus berkembang, sekarang kita ada produk-produk di apartemen juga untuk young professional dan young family jadi lebih mengakomodir lagi. Dan untuk event, Rukita ke depannya akan menghadirkan banyak event-event dan promo," sebutnya ketika di temui di acara Hari MRT pada 24 Maret 2024, di Taman Literasi Blok M, Jakarta.

Inovasi Rukita untuk menyediakan hunian bagi keluarga muda menjadi salah satu daya tarik yang belum pernah mereka buat sebelumnya. Sabrina mengatakan, "Yang menarik dari target families ini lokasinya ada di apartemen, bisa dalam studio yang punya satu, dua, hingga tiga buah bedroom."

Terkait produk Rukita yang terletak di apartemen ini juga bisa dibayar secara bulanan, sehingga bisa memudahkan tenant untuk memilih. "Untuk saat ini, layanan untuk families ini tersedia hanya di apartemen," tutup Sabrina.

4 dari 4 halaman

Cara Menata Kamar Indekos agar Tidak Terasa Sesak

Nisha juga memberikan tips untuk para anak muda penghuni indekos yang ingin kamarnya tidak terlihat penuh sesak. Nisha mengatakan, "Sebenarnya untuk kebutuhan di indekos itu yang wajib cuma empat, kasur, lemari, meja dan kursi, sisanya kalau tidak ada, nggak masalah juga."

Selain soal jenis furnitur, pastikan juga ukurannya sesuai dengan luas kamar. Untuk kamar indekos compact yang biasa tersedia di kota besar, mungkin kasur single sudah cukup untukmu yang tinggal sendiri, sebut Nisha. 

Nisha juga menyarankan untuk memperbanyak furnitur yang memiliki fitur laci penyimpanan untuk menambahkan ruang menaruh barang yang  bagi penghuni indekos. Pastikan juga ketika membeli keperluan untuk kos, pilihlah jenis furnitur yang sudah dilapisi oleh HPL (High-Pressure Laminate) agar lebih mudah untuk dibersihkan.

HPL merupakan bahan coating di atas cat yang membuat furnitur menjadi lebih licin dan anti-air. Rukita menawarkan beberapa jenis desain interior untuk produk layanan co-living dan apartemen mereka seperti, desain Industrial, Japandi, Modern, hingga Scandinavian yang minimalis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini