Sukses

Kisah Bayi 8 Bulan Hasilkan Rp60 Juta dari Modeling

MJ, bayi 8 bulan asal Long Island, AS sudah menghasilkan Rp 60 juta setelah menjadi model untuk produk bayi dan anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bayi berusia delapan bulan di Long Island, New York, Amerika Serikat, menghasilkan USD4 ribu atau sekitar Rp60 juta rupiah dari modeling. Bayi yang baru lahir pada 5 Juli 2023 ini mulai menjadi model sejak usia lima bulan. Dia menjadi wajah kampanye untuk berbagai merek, seperti Walmart dan Costco.

Bayi bernama MJ Lutzker ini terjun ke dunia modeling setelah ibunya, Sarah Lutzker (27), mengirimkan foto-foto lucu MJ ke State Management Kids, sebuah perusahaan agensi model anak-anak yang berbasis di Kota New York. MJ lalu menjalani pemotretan pertamanya pada usia 5,5 bulan untuk Babylist, sebuah aplikasi pengiriman hadiah untuk orang yang baru memiliki bayi.

Bayi perempuan ini sekarang sudah melakukan pemotretan dengan banyak jenama besar lain seperti, retail apparel Hanna Andersson, penjual pakaian kasual Noggiewear, dan Koala Babycare. "Saya sangat cemas saat pemotretannya yang pertama," kata Sarah Lutzker yang bekerja sebagai perawat NICU, kepada SWNS.

Sarah mengatakan bahwa melihat anaknya melakukan pemotretan untuk jenama besar itu terasa seperti pengalaman "keluar tubuh". Di sisi lain, Sarah juga bingung karena tak pernah melihat bagaimana model bayi bekerja.

Salah satu momen berkesan bagi Sarah adalah ketika putrinya melakukan pemotretan untuk Walmart. MJ menjadi model produk handuk bayi berkupluk yang diproduksi oleh jenama tersebut. Sarah diberitahu bahwa wajah anaknya akan dimodelkan pada kemasan produk, lantas ia membeli dan menyimpan kemasan handuk kupluk Walmart itu sebagai kenang-kenangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Mencari Agensi Model Sejak Usia 2,5 Bulan

Ketika MJ berusia 2,5 bulan, Sarah meminta temannya untuk menunjukkan beberapa foto bayi kepada agen model. "Saya punya teman keluarga dan kedua putrinya adalah model. Saya bertanya apakah agensi tersebut tertarik pada bayi," kata Sarah.

MJ dengan cepat mendapati dirinya dipesan untuk jadi model pemotretan banyak brand. Pemotretan pertamanya hanya berdurasi sekitar 3 atau 4 menit.

"Semua orang super, sangat baik di lokasi syuting, dan mereka memiliki hiasan gantungan bayi untuk menghibur MJ," kenang Lutzker.

Sarah menikah dengan suaminya, Jeff Lutzker (27), pada September 2022. Ia mulai hamil MJ pada November 2022. Ia mengatakan bahwa masa kehamilannya cukup lancar dan MJ lahir dengan berat 3 kilogram di Rumah Sakit Wanita Katz di Queens, New York.

"Saya melahirkan selama 32 jam. Saat saya bisa menggendongnya, saya sangat lelah dan baru satu atau dua hari setelah itu saya bisa menerima semuanya," jelas Sarah.

3 dari 4 halaman

Tegaskan Tidak Akan Ambil Hak Anak

Sarah menegaskan tidak ingin mengambil kenangan masa kecil MJ dengan menjadikannya model. Ia mengatakan seiring bertambahnya usia, MJ akan dapat memutuskan apakah ingin melanjutkan kariernya di dunia modeling atau tidak. Ia juga mengklaim bahwa seluruh pendapatan MJ dari hasil modelingnya ditaruh dalam dana perwalian yang dapat MJ gunakan ketika telah dewasa.

"Agensi akan mengambil potongan 20 persen dari uang tersebut dan sisanya akan diberikan kepada MJ," kata Lutzker. “Kami belum menyentuh satu sen pun."

Sarah senang menemani MJ dalam pemotretan dan berbagi cerita mereka lewat akun TikTok yang telah diikuti lebih dari 10 ribu orang. "Saya sangat beruntung memiliki suami terbaik. Jeff telah bekerja lembur jadi saya belum perlu kembali bekerja," ujar Sarah tentang suaminya yang bekerja sebagai seorang terapis okupasi.

"Ini berarti saya bisa tinggal di rumah dan melakukan lebih banyak modeling dengan MJ," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Model Anak Jadi Cara Orangtua Cari Uang di Tiongkok

Dilansir dari sixthtone.com, Rabu, 20 Maret 2024, menjadi model anak jadi salah satu cara orangtua di Tiongkok untuk mendapatkan penghasilan lebih. Industri modeling anak di Tiongkok mulai berkembang pesat pada 2014, dan sudah ada ratusan ribu orangtua bersemangat mengubah anak-anak mereka menjadi model, baik di atas catwalk atau di depan kamera.

Hampir 150 ribu keluarga telah mendaftarkan anak-anak mereka dalam kontes catwalk yang akan diselenggarakan oleh China Children Model Association (CCMA) pada Mei 2023. Selain menyelenggarakan acara modeling, CCMA bertujuan untuk mengatur pasar yang dilanda oleh agensi yang kurang memperhatikan kesejahteraan model anak-anak.

Zhang Peng, Sekretaris Jenderal CCMA, memperkirakan bahwa agensi model anak di Tiongkok berjumlah ribuan. "Beberapa agensi besar mungkin sudah mulai mempertimbangkan upaya untuk mengatur (kesejahteraan model) di pasar ini, namun agensi-agensi yang lebih kecil sedang berjuang untuk bertahan," katanya kepada Sixth Tone.

"Bagi mereka, menghasilkan uang adalah perhatian utama," jelas Zhang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.