Sukses

Balenciaga Jual Gelang Selotip Rp51 Jutaan, Dianggap Lelucon dan Barang Sampah

Kesekian kalinya Balenciaga menjual barang-barang yang terinspirasi dari barang murah, seperti gelang selotip itu.

Liputan6.com, Jakarta - Balenciaga kembali menjual barang fesyen kontroversial. Kali ini mereka menjual gelang dari selotip bening seharga 3000 euro (sekitar Rp51 jutaan), menurut SCMP, dikutip dari AsiaOne, Kamis (14/3/2024). Padahal, produk selotip bening biasa tanpa logo Balenciaga hanya dijual Rp26 ribuan. 

Mengutip Independent, gelang selotip itu jadi sorotan setelah akun TikTok populer @highsnobiety mengunggahnya cuplikan video dari Paris Fashion Week. Gelang selotip bening itu merupakan bagian koleksi Fall/Winter 2024. Koleksinya bertema serampangan dan acak-acakan.

Kantong debu digunakan untuk atasan, dan selotip bening dililitkan pada beberapa tampilan. Sementara itu, tampilan terakhirnya adalah desain yang dibuat dari tumpukan pakaian dalam, memberikan makna baru pada pakaian luar. Balenciaga terus mempertahankan selera humornya, namun beberapa kritikus menilai itu bukan lelucon.

Warganet mengira gelang itu hanya lelucon sebelum menyadari bahwa perekat itu berlabel Balenciaga. Mayoritas berkomentar sinis atas kreativitas tersebut. 

"Orang kaya sangat ingin merasa miskin," tulis seorang warganet. "Balenciaga baru saja membuang laci sampahnya setiap tahun," imbuh yang lain.

Sementara warganet berbeda bercanda, "Saya baru saja membeli satu... tapi itu dari merek indie kecil bernama Scotch."

"Saya bersumpah seluruh merek ini hanyalah lelucon besar," sambung warganet berbeda.

Balenciaga bukan sekali menjual barang biasa dengan harga luar biasa mahal. Pada 2019, mereka menjual anting dari tutup botol air mineral dengan harga sekitar Rp6,3 jutaan, menurut laman jual beli mytheresa.com. Aksesori tersebut dirancang oleh Demna Gvasalia, Direktur Kreatif label itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tas Bungkus Keripik

Balenciaga kembali mencuri atensi publik saat merilis tas bungkus keripik Lay's. Dikutip dari Hypebeast, Kamis, 13 Oktober 2022, peluncuran tas bungkus keripik Lay's itu dilakukan dalam presentasi Summer 2023 "The Mud Show". Tas tersebut dipegang oleh para model saat berjalan melalui runway yang penuh lumpur buatan seniman Spanyol Santiago Sierra.

Satu bungkus keripik Lay's di AS dijual seharga 4 dolar AS atau setara Rp61,3 ribu. Sementara, tas berdesain bungkus Lay's x Balenciaga dikabarkan dijual seharga 1.800 dolar AS atau sekitar Rp27,6 juta.

Aksesori yang hadir sebagai kolaborasi resmi tak terduga dengan merek keripik itu dibuat dari kulit yang dicetak dengan representasi grafis dari desain tas keripik klasik. Lalu, tas tersebut diubah dengan branding "Balenciaga" yang halus.

Kemudian, tas tersebut diberi sentuhan akhir dengan lapisan perak metalik dan ritsleting sederhana di bagian atas. Tidak jelas apa sebenarnya inspirasi untuk aksesori fesyen viral itu.

3 dari 4 halaman

Rok Handuk Ikea

Rok handuk jadi barang fesyen nyeleneh lain yang dirilis Balenciaga. Melansir Mothership, Sabtu, 18 November 2023, rok handuk dirilis sebagai bagian dari koleksi Spring 2024 merek mewah asal Spanyol itu. Produk tersebut terdaftar sebagai "Rok Handuk Balenciaga" di situs webnya, dan dikatakan terbuat dari katun terry krem.

Rok uniseks ini hadir dalam ukuran S dan M. Menurut deskripsi produk, terdapat dua kancing di bagian pinggang dan tali gesper yang dapat disesuaikan di bagian dalam. Item itu dimakudkan dipakai di pinggang dan jatuh menyentuh lutut Anda. Produk tersebut dibanderol 1.250 dolar Singapura atau sekitar Rp14,3 juta.

Lebih lanjut ditulis bahwa rok tersebut hanya bisa dicuci secara dry clean. "Sungguh ironis, mengingat itu adalah handuk," kata publikasi Singapura tersebut.

 

IKEA Britania Raya tak tinggal diam melihat aksi Balenciaga meluncurkan barang murah dengan harga selangit. Mereka menyodorkan alternatif yang lebih terjangkau. Selain perlu sedikit disetrika, handuknya sepertinya juga bisa dipakai sebagaimana yang didemonstrasikan Balenciaga. Produknya bernama "Rok Handuk VINARN," dan harganya hanya 12,5 dolar Singapura (sekitar Rp143 ribu).

4 dari 4 halaman

Tas Belanja Balenciaga

Ini bukan pertama kalinya IKEA "meledek" Balenciaga karena produknya, menurut Vogue. Pada 2017, merek mewah itu merilis tas jinjing berwarna biru senilai 2.996 dolar Singapura yang memiliki kemiripan dengan tas belanja IKEA yang saat ini berharga 1 dolar Singapura (sekitar Rp11 ribu).

Faktanya, ada banyak item rilisan Balenciaga yang dinilai mirip dengan "barang biasa" di kehidupan sehari-hari. Tahun lalu, misalnya, saat rumah mode mewah tersebut meluncurkan "trash pouch" yang terinspirasi dari kantong sampah.

Mengutip The National News, 2 Agustus 2022, saat direktur kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia, merilis koleksi Fall/Winter 2022, runway presentasi dipenuhi badai salju, dengan para model tampak memegang kantong sampah plastik yang dijual seharga 1.790 dolar AS (sekitar Rp26,6 juta).

Menurut laman Balenciaga, item ini "terinspirasi dari kantong sampah." Produk tersebut tersedia dalam tiga warna, yakni hitam, biru, dan putih. Dengan tali serut gaya kantong sampah untuk menutup, tas hitam dan biru memiliki tali hitam, sedangkan tas putih bertali merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini