Sukses

Ayam Betutu dan Rendang Masuk Daftar 20 Makanan Pedas Terenak di Dunia Versi CNN

Dalam daftar 20 makanan pedas terenak di dunia yang dirilis oleh CNN, ayam betutu dan rendang masuk di peringkat ketujuh dan kesebelas.

Liputan6.com, Jakarta - CNN mengeluarkan daftar 20 makanan pedas terenak di dunia pada Rabu, 6 Maret 2024. Artikel tersebut merekomendasikan makanan pedas dari berbagai belahan dunia yang patut untuk dicoba. Dalam daftar, ayam betutu menempati posisi ketujuh dan rendang di posisi kesebelas sebagai makanan pedas terenak di dunia.

Dilansir dari CNN, Selasa, 12 Maret 2024, ayam betutu yang populer di Bali dan Lombok adalah hidangan aromatik nikmat yang mendapatkan rasa pedasnya dari beragam rempah seperti kemiri, kunyit, terasi, bawang merah dan putih, serta cabai merah. Lalu, ayam utuh yang sudah dibumbui dan dikukus yang dibungkus daun pisang sehingga aroma bumbunya menguar dan menggugah selera.

Ayam betutu bercita rasa pedas, manis, dan gurih. Daging ayamnya pun lembut sehingga sedap untuk dinikmati bersama nasi.

Bicara soal hidangan pedas yang berempah, aneh jika rendang tidak masuk ke dalam daftar ini. Lauk yang berasal dari kebudayaan masyarakat Minang ini selalu hadir ketika acara-acara besar, seperti lebaran dan pesta pernikahan. Bahan utamanya adalah daging sapi. 

Daging sapi yang dipotong-potong direbus bersama dengan santan dan rempah seperti merica, adas bintang, asam kandis, jahe, kunyit, lengkuas, dan cabai merah giling. Rendang dimasak dengan cara slow cook hingga kuahnya berubah pekat dan legam. Lamanya waktu memasak membuat daging rendang menyerap rasa dari rempah-rempahnya. Kenikmatan rendang sudah tidak perlu diragukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Pedas Peringkat Teratas

CNN mengumpulkan makanan pedas dari berbagai belahan dunia. Peringkat pertama dibuka oleh sup egusi asal Nigeria. Nama sup yang terkenal pedas ini diambil dari salah satu bahannya, yaitu biji melon egusi yang masih berkerabat dengan semangka. Rasa hidangannya sangat kaya rasa karena campuran berbagai bahan seperti, sayuran, daging, dan ikan dan rempah-rempah di dalamnya.

Setelah sup egusi, ada hidangan populer Tiongkok, hot pot. Sup ini biasanya diisi berbagai macam potongan daging dan sayur yang dimasak dalam wadah menggelegak dan disantap langsung dari pancinya. Kuah hot pot mengandung bumbu sichuan yang terkenal pedas. Hidangan ini konon adalah santapan para nelayan di Chongqing yang dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh.

Som tam, rujak pepaya serut asal Thailand hadir di peringkat ketiga. Hidangan ini dibuat dari pepaya mentah parut yang dicampur dengan kacang panjang, kacang hijau, jus asam, ebi, kecap ikan, pasta tebu dan tentunya cabai rawit. Rujak ini jadi kudapan pedas yang menyegarkan bagi masyarakat Thailand.

Selain tiga daftar teratas, ada ayam piri-piri atau peri-peri asal Mozambik dan Angola, perut babi kecap kesukaan pemimpin Tiongkok, Mao Zedong, dan Ayam/Babi Jerk Jamaika yang menempati posisi keempat, kelima, dan keenam.

3 dari 4 halaman

Makanan Asia Jadi yang Terbanyak dalam Daftar

Makanan dari negara-negara Asia jadi yang terbanyak masuk daftar ini. Secara keseluruhan, ada 11 makanan Asia dari daftar 20 makanan pedas terenak di dunia.

Selain beberapa hidangan Asia yang sudah disebutkan di atas, ada pad ka prao yang merupakan hidangan lain asal Thailand berupa gilingan daging babi, bubuk cabai rawit, dan kemangi yang dioseng dan biasa dimakan dengan nasi.

Selain itu, dakdoritang, sup pedas asal Korea Selatan turut masuk ke dalam daftar ini. Sup ini berisikan potongan ayam dan sayuran yang dimasak dengan bumbu gochujang dan bubuk cabai Korea, gochugaru. Menariknya, ada satu resep campuran Bangladesh-Inggris, phaal curry yang menjadi salah satu makanan pedas terenak. Kare jenis ini memasukkan setidaknya 10 jenis rempah, termasuk cabai rawit dan ghost pepper sehingga rasa pedasnya tidak main-main.

Bicara makanan pedas tidak akan lengkap jika tidak menyebutkan India. Ada ayam chettinad yang gurih bersantan dan vindaloo yang memiliki pengaruh Portugis di dalamnya.

Lauk lain asal Tiongkok, mapo tofu, yang terbuat dari tahu yang dicampur dengan gilingan daging lalu dimasak dengan kuah Sichuan pepper yang bisa buat lidah terasa kebas, juga hadir dalam daftar ini. Mapo tofu melengkapi daftar panjang makanan Asia pedas terenak versi CNN.

 

4 dari 4 halaman

Daftar 20 Makanan Pedas Terenak Versi CNN

Buffalo chicken wings bersama hidangan chili mewakili Amerika Serikat sebagai menu pedas terenak. Siapa tak kenal buffalo chicken wings yang dilumuri saus pedas dan biasa dimakan dengan ranch. Chili adalah sejenis saus yang terbuat dari campuran cabai dan kacang merah giling.

Dari Amerika Selatan, ada udang aguachiles asal Mexico. Hidangan ini terbuat dari udang mentah yang dimarinasi dan dicampur dengan perasan limau, potongan daun ketumbar, bawang merah, cabai chiltepin, dan timun. Makanan ini memberikan sensasi pedas dan asam yang segar.

Di Eropa, ada penne all’arrabbiata dari Italia. Sama seperti masakan pasta bersaus tomat lainnya, bedanya penne all’arrabbiata menambahkan cabai merah besar yang membuat rasanya lebih pedas.

Daftar 20 Makanan Pedas Terenak Versi CNN

  1. Sup egusi, Nigeria
  2. Hot pot Sichuan, Tiongkok
  3. Som tam, Thailand
  4. Ayam peri-peri, Mozambik dan Angola
  5. Perut Babi Kecap Mao Zedong, Tiongkok
  6. Ayam/babi jerk, Jamaika
  7. Ayam betutu, Indonesia
  8. Buffalo chicken wings, Amerika Serikat
  9. Udang aguachiles, Meksiko
  10. Pad ka prao, Thailand
  11. Rendang, Indonesia dan Malaysia
  12. Sup dakdoritang, Korea Selatan
  13. Phaal curry, Inggris dengan resep Bangladesh
  14. Penne all’arrabbiata, Italia
  15. Ayam chettinad, India
  16. Doro wat, Ethiopia
  17. Tahu mapo, Tiongkok
  18. Vindaloo, India
  19. Sup Mafé, Senegal
  20. Chili, Amerika Serikat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.