Sukses

Ed Sheeran Belajar Membatik di Malaysia, Warganet Indonesia Ingatkan Asal-usulnya

Kolom komentar di unggahan Ed Sheeran saat belajar membatik di Malaysia riuh dengan perdebatan soal asal-usul warisan budaya yang sudah diakui UNESCO itu.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menggelar tur konser di Singapura, Ed Sheeran menyambangi Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, 24 Februari 2024, dalam konser +-=x (dibaca: Mathematics) Tour 2024. Selama di negeri jiran, Sheeran (33) sempat menjajal beberapa aktivitas untuk mengenal budaya setempat.

Dalam unggahan video di Instagram pada 25 Februari 2024, pelantun lagu Shape Of You itu terlihat mencoba membatik dengan beberapa penggemar terpilih yang beruntung. Ed Sheeran mengaku bahwa dirinya suka melukis di rumah.

"Saya suka melukis di rumah. Saat berada di Malaysia, saya ingin mencoba batik tradisional dan melukis lilin," ujarnya seraya menambahkan bahwa ia ingin memamerkan karya seninya di pub pribadinya di Suffolk, Inggris.

Ia tampak membuat batik bergambar kupu-kupu dengan kombinasi warna kuning, pink, dan ungu pada bagian sayap. Dia terlihat antusias dan senang ketika membatik.

Setelah puas membatik, Sheeran mampir ke tempat pangkas rambut tradisional yang berdiri sejak 1937 untuk bercukur. "Mungkin pencukuran paling bersih yang pernah saya lakukan," kata penyanyi itu sambil tersenyum puas.

Setelah itu, Sheeran memanfaatkan waktunya dengan bermain bulu tangkis dengan atlet ganda campuran Malaysia peraih medali perak Olimpiade Rio 2016, Chan Peng Soon. Dalam unggahan berbeda, Peng Soon memuji Sheeran karena permainan bulu tangkisnya sangat baik dan mengatakan dia mungkin akan mencoba bernyanyi ketika dia pergi ke Inggris suatu hari nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Indonesia Ramaikan Kolom Komentar

Mengutip The Star, Jumat (1/3/2024), Warner Music selaku label yang menaungi Ed Sheeran menyatakan bahwa pertukaran budaya memberi Sheeran dan timnya pengalaman unik dan mengesankan. Hal tersebut juga memperdalam hubungan mereka dengan tradisi Malaysia.

Upaya penyanyi tersebut untuk mencoba mengenal budaya lokal dipuji warganet Malaysia. "Saya suka cara Anda merangkul budaya semua negara yang Anda kunjungi dalam tur Anda," kata salah satu warganet.

Yang lain menambahkan, "Senang Anda menyukainya di sini! Silakan kembali ke sini lebih sering."

Di balik pujian-pujian yang membanjiri kolom komentar, ada juga warganet Indonesia yang memberikan komentar penegasan tentang asal batik yang berasal dari Indonesia. "BATIK FROM INDONESIA!" tulis seorang warganet dalam komentar yang mengundang perdebatan.

"Saya tidak pernah bilang batik itu aslinya dari malaysia, saya bilang ada perbedaan antara desain batik indonesia dan desain batik malaysia," ujar pemilik akun @mwngie. "Aku benci bagaimana orang-orangmu tidak bisa membaca lalu akhirnya menyerang kami. kami orang malaysia tidak pernah mengklaim batik Anda," tambahnya.

Dalam video Ed Sheeran sebenarnya pemandu kegiatan membatik sudah menyebutkan bahwa batik berasal dari Indonesia. Perbedaannya dengan batik Malaysia adalah dari sisi motif. "Diyakini bahwa batik berasal dari Indonesia, tapi batik Malaysia menggunakan banyak motif bunga," ucapnya.

 

3 dari 4 halaman

Ed Sheeran Akan Konser di Indonesia

Selain melangsungkan konser di Malaysia, Ed Sheeran juga dijadwalkan akan tampi di Indonesia pada Sabtu, 2 Maret 2024 mendatang. Konser Mathematic Tour tersebut akan dilaksanakan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara setelah sebelumnya pindah dari Gelora Bung Karno (GBK).

Langkah pemindahan ini dilakukan untuk mendukung pertandingan sepak bola Timnas Indonesia vs Vietnam yang dijadwalkan pada 21 Maret 2024 di GBK. Selain karena alasan tersebut, promotor juga ingin memastikan penggemar mendapat pengalaman konser secara maksimal, termasuk sensasi panggung 360 derajat yang menjadi ciri khas sekaligus standar global untuk Ed Sheeran "+ - = ÷ x Tour 2024.

"Kami menyadari pentingnya pertandingan sepak bola Timnas Indonesia, apalagi ketika Indonesia menjadi tuan rumah. Dukungan kami sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memajukan olahraga nasional," tutur Co-Founder and Chief Operating Officer of PK Entertainment, Harry Sudarma kepada Tim Lifestyle Liputan6.com. Meskipun lokasi dipindahkan, kru advance sudah datang dan persiapan panggung dengan konsep 360 derajat sudah mulai dibangun sejak pekan lalu.

4 dari 4 halaman

Siapkan Shuttle Bus Service

Mengutip dari laman resmi pemesanan tiket konser Ed Sheeran, Jumat (2/3/2024), terdapat dua lokasi titik penjemputan shuttle bus untuk ke venue konser Ed Sheeran di JIS. Pertama dari JI Expo Kemayoran menuju JIS dan dari Gelora Bung Karno menuju JIS.

Tertulis bahwa penyelenggara sudah menyiapkan area parkir untuk kenyamanan konser Ed Sheeran: +-=±x Tour 2024 di Jakarta. Anda bisa masuk ke Parkir Barat JIEXPO Kemayoran dari PINTU 6A maupun dari PINTU 6A.

Panitia konser menyediakan sebanyak 75 unit shuttle dari JIExpo 50 unit shuttle dari GBK. Sementara shuttle bus disediakan dari Parkir Barat JIEXPO Kemayoran hingga Halte JIS mulai pukul 12.00--00.00 WIB. Shuttle bus akan berangkat ke dan dari Halte JIS dengan interval 10 menit.

Titik penjemputan dan pengantaran shuttle bus Parkir Barat JIEXPO Kemayoran akan berada di PINTU 7. Disarankan untuk tiba di Parkir Barat JIEXPO Kemayoran selambat-lambatnya pukul 16.00 WIB agar Anda mempunyai waktu yang cukup untuk bepergian ke JIS menggunakan layanan antar-jemput tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.