Sukses

Kenali 4 Tanda Rambut Menua pada Wanita Usia 20-an dan Cara Mengatasinya

Rambut menua pada wanita usia 20an bukan hal yang bisa dianggap remeh. Rambut adalah mahkota kebanggaan bagi wanita. Seperti halnya kulit, mereka juga ingin punya rambut sehat, berkilau, mudah ditata

Liputan6.com, Jakarta Rambut menua pada wanita usia 20an bukan hal yang bisa dianggap remeh. Rambut adalah mahkota kebanggaan bagi wanita. Seperti halnya kulit, mereka juga ingin punya rambut sehat, berkilau, mudah ditata dan jauh dari masalah. Mengalami rambut menua di usia muda, bisa masalah besar yang bisa menurunkan rasa percaya diri dan menyebabkan perubahan mood yang signifikan 

Dari mana kamu tahu mengalami rambut menua?

Mudah sekali, kamu bisa melihat langsung dengan kedua mata, dari tampilan hingga tekstur rambut. Tanda rambut menua antara lain rambut terlihat kusam, kering, kasar dan mudah patah. Lebih lanjut kenali setiap tandanya, penyebab hingga cara mencegah rambut menua sebelum terlambat dan makin parah.

1. Rambut Kusam

Tanda rambut menua pertama adalah rambut kusam, sebuah kondisi rambut yang tampak pucat. Hal ini terjadi karena rambut kekurangan kelembapan dan minyak alami yang diakibatkan oleh cuaca panas, terlalu lama terpapar matahari dan polusi udara, serta kurang asupan gizi dari makanan. 

2. Rambut Kering

Rambut kering ternyata salah satu tanda dari masalah rambut menua lho. Bukan hanya membuat kita risih saat memegang atau sulit ditata, tapi juga mempengaruhi penampilan kita. Seperti halnya rambut kusam, kondisi rambut kering terjadi karena kulit kepala tidak mampu memproduksi minyak alami yang cukup untuk melembapkan rambut. Ada berbagai hal yang menyebabkan rambut menjadi kering, mulai dari faktor iklim dan cuaca panas, proses styling dan terlalu sering keramas.

3. Rambut Kasar

Kalau sudah ada tanda rambut kering, pasti masalah yang muncul selanjutnya adalah rambut kasar. Rambut kasar terjadi juga karena kulit kepala tidak memiliki kelembapan yang cukup. Ketika rambut kering, kutikula akan menjadi kasar. Iklim yang panas dan kering, serta paparan intens sinar matahari sering kali menjadi penyebab rambut kasar. Selain itu, penyakit dan kebiasaan tertentu jadi pemicu masalah rambut kasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Rambut Mudah Patah

Rambut patah adalah kondisi dimana setiap helai rambut mengalami patah atau rontok. Bila rambut patah jumlahnya 50-100 helai setiap hari sebenarnya tergolong normal. Namun, lebih dari itu atau mudah sekali patah, bisa jadi tanda masalah kerusakan rambut maupun rambut menua. Penyebabnya rambut mudah patah beragam, paling umum adalah kebiasaan buruk saat menyisir, gaya rambut ketat, proses kimia, hair styling hingga paparan sinar matahari dan polusi udara. 

Penyebab Rambut Menua

Dari tanda-tanda rambut menua di atas, secara tak langsung bisa mengetahui penyebab yang mendasari masalah rambut menua. Di samping faktor internal seperti genetik, hormon dan nutrisi, penyebab rambut menua adalah karena faktor eksternal yang terkait kebiasaan dalam perawatan rambut dan pengaruh lingkungan.

Pola makan yang tidak sehat atau kekurangan nutrisi tertentu, seperti protein, vitamin, dan mineral, dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan rambut menua. Selanjutnya, faktor lingkungan seperti paparan sinar UV, polusi udara, dan perubahan cuaca dapat menyebabkan kerusakan dan rambut menua. Selain itu, paparan bahan-bahan kimia dari produk perawatan dan heat protection juga dapat merusak struktur rambut.

Setelah mengetahui tanda-tanda dan penyebab rambut menua, kini saatnya kamu mulai melakukan perawatan yang tepat untuk memastikan rambut sehat, berkilau dan bebas masalah.

  1. Pola makan sehat dengan memenuhi nutrisi penting bagi kesehatan rambut. Seperti mengonsumsi makanan kaya akan protein, vitamin A,B, C, dan E, serta mineral seperti zat besi dan zinc, serta asam lemak omega-3.
  2. Melindungi rambut dari paparan sinar UV dan polusi udara yang menyebabkan radikal bebas. Gunakan penutup kepala atau aksesoris pelindung rambut dari paparan matahari yang berlebihan.
  3. Kurangi penggunaan alat pemanas rambut seperti pengering dan catok. Hindari pemrosesan kimia yang berlebihan
  4. Perawatan rambut yang tepat menjadi kunci penting untuk mencegah masalah rambut menua. Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut, sampo dan kondisioner yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan dan merawat rambut.

Untuk perawatan rambut yang lebih optimal, kamu bisa rutin menggunakan hair vitamin yang diperkaya dengan Moroccan Oil atau Argan Oil yang memiliki manfaat untuk menutrisi dan menghidrasi rambut sehingga bisa melindungi rambut dari sinar UV, radikal bebas dan efek pemanasan lainnya yang bisa menjadi penyebab rambut menua. Lebih jauh, vitamin rambut dapat menstimulasi pertumbuhan rambut, mempertahankan kilau rambut, memperkuat folikel rambut dan mengembalikan kelembapan rambut.

Berikan perhatian untuk rambut mulai dari sekarang, untuk mencegah rambut menua di usia muda.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.