Sukses

Pendaki Gunung Everest Kini Wajib Bawa Kantong Kotoran Sendiri Saat Turun

Orang-orang yang mendaki Gunung Everest sekarang harus membersihkan kotoran mereka sendiri dan membawanya kembali ke base camp untuk dibuang.

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang yang mendaki Gunung Everest sekarang harus membersihkan kotoran mereka sendiri dan membawanya kembali ke base camp untuk dibuang."Pegunungan kami mulai berbau busuk," ungkap Mingma Sherpa, ketua kota pedesaan Pasang Lhamu, lapor BBC dikutip pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Pemerintah kota, yang mencakup sebagian besar wilayah Everest telah memperkenalkan aturan baru ini sebagai bagian dari penerapan kebijakan yang lebih luas. Karena suhu ekstrem, kotoran yang tertinggal di Everest tidak sepenuhnya terurai.

"Kami mendapat keluhan bahwa kotoran manusia terlihat di bebatuan dan beberapa pendaki jatuh sakit. Ini tidak dapat diterima dan mengikis citra kami," tambah Mingma.

Pendaki yang mencoba mendaki Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia, dan Gunung Lhotse di dekatnya akan diperintahkan untuk membeli kantong kotoran di base camp, yang akan diperiksa saat mereka kembali. Lalu di mana Anda buang air besar di gunung?

Selama musim pendakian, para pendaki gunung menghabiskan sebagian besar waktunya di base camp untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian, di mana tenda-tenda terpisah didirikan sebagai toilet, dengan tong-tong di bawahnya untuk menampung kotoran. 

Namun begitu mereka memulai perjalanan berbahaya, segalanya menjadi lebih sulit. Kebanyakan pendaki dan staf pendukung cenderung menggali lubang tetapi semakin tinggi Anda mendaki gunung, beberapa lokasi memiliki lebih sedikit salju, sehingga Anda harus pergi ke toilet di tempat terbuka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sampah di Gunung Jadi Masalah

 

Sangat sedikit orang yang membawa kotorannya kembali ke dalam kantong biodegradable saat mendaki puncak Gunung Everest, karena bisa memakan waktu berminggu-minggu. Sampah masih menjadi masalah besar di Everest dan pegunungan lain di wilayah tersebut, meskipun terdapat peningkatan jumlah kampanye pembersihan, termasuk kampanye tahunan yang dipimpin oleh Tentara Nepal.

"Sampah masih menjadi masalah besar, terutama di kamp-kamp yang lebih tinggi dimana Anda tidak dapat menjangkaunya," kata Chhiring Sherpa, Chief Executive Officer dari organisasi non-pemerintah Sagarmatha Pollution Control Committee (SPCC).

Meskipun tidak ada angka resmi, organisasinya memperkirakan ada sekitar tiga ton kotoran manusia antara kamp satu di dasar Everest dan kamp empat, menuju puncak. "Setengahnya diyakini berada di South Col, yang juga dikenal sebagai kamp empat," kata Chhiring.

Stephan Keck, seorang pemandu gunung internasional yang juga mengatur ekspedisi ke Everest, mengatakan South Col telah mendapatkan reputasi sebagai "toilet terbuka". Dengan ketinggian 7.906 meter (25.938 kaki), South Col berfungsi sebagai pangkalan sebelum pendaki berusaha mencapai puncak Everest dan Lhotse. Di sini, medannya sangat berangin. 

"Hampir tidak ada es dan salju, jadi Anda akan melihat kotoran manusia di mana-mana," kata Keck.

 

3 dari 4 halaman

Beli Kantong Kotoran dari Amerika

Disahkan oleh pemerintah kota pedesaan Pasang Lhamu, SPCC kini membeli sekitar 8.000 kantong kotoran dari Amerika, untuk sekitar 400 pendaki asing dan 800 staf pendukung untuk musim pendakian mendatang yang dimulai pada bulan Maret.

Kantong kotoran ini mengandung bahan kimia dan bubuk yang dapat mengeraskan kotoran manusia dan membuatnya tidak berbau. Rata-rata seorang pendaki diperkirakan menghasilkan 250 gram kotoran per hari.

Mereka biasanya menghabiskan sekitar dua minggu di kamp yang lebih tinggi untuk mencapai puncak. "Dengan dasar ini, kami berencana memberi mereka dua tas, yang masing-masing dapat mereka gunakan lima hingga enam kali," jelas Mr Chhiring.

"Ini tentu merupakan hal yang positif, dan kami akan dengan senang hati memainkan peran kami untuk menyukseskan hal ini," kata Dambar Parajuli, presiden Asosiasi Operator Ekspedisi Nepal.

Dia mengatakan organisasinya telah menyarankan bahwa hal ini pertama-tama harus dilakukan sebagai proyek percontohan di Everest dan kemudian direplikasi di gunung-gunung lain juga. 

 

4 dari 4 halaman

Kantong Telah Diuji Coba di Gunung Lain

Mingma Sherpa, orang Nepal pertama yang mendaki 14 gunung dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter, mengatakan penggunaan tas semacam itu untuk mengelola kotoran manusia telah dicoba dan diuji di gunung lain.

"Para pendaki gunung telah menggunakan tas semacam itu di Gunung Denali (puncak tertinggi di Amerika Utara) dan juga di Antartika, itulah sebabnya kami menganjurkan penggunaan tas semacam itu," kata Mingma, yang juga merupakan penasihat Asosiasi Pendaki Gunung Nepal. 

Keck, pemandu gunung internasional, juga menyampaikan pesan yang sama, mengatakan bahwa ide ini akan membantu membersihkan gunung. Pemerintah pusat Nepal telah mengumumkan beberapa peraturan pendakian gunung di masa lalu, namun terdapat kritik bahwa banyak dari peraturan tersebut tidak diterapkan dengan benar.

Salah satu penyebab utamanya adalah tidak adanya petugas penghubung di lapangan. Pejabat pemerintah seharusnya berada bersama tim ekspedisi di base camp tetapi banyak dari mereka dikritik karena tidak hadir.

"Negara bagian selalu hilang di base camp yang menyebabkan segala macam penyimpangan termasuk orang-orang yang mendaki gunung tanpa izin," kata Mingma, ketua kota pedesaan Pasang Lhamu.

Ia menambahkan, "Sekarang semua akan berubah. Kami akan menjalankan kantor kontak dan memastikan langkah-langkah baru kami, termasuk meminta para pendaki membawa kembali kotoran mereka, diterapkan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini