Sukses

Alasan Meghan Markle Tidak Ikut Pangeran Harry Mudik ke Inggris Setelah Raja Charles III Didiagnosis Kanker

Meghan Markle memutuskan tidak ikut Pangeran Harry mudik ke Inggris setelah Raja Charles III didiagnosis kanker, menurut pengumuman Istana Buckingham pada Senin, 5 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle memutuskan tidak ikut Pangeran Harry mudik ke Inggris setelah Raja Charles III didiagnosis kanker. Duchess of Sussex merasa itu adalah "sesuatu yang harus dia (Harry) lakukan sendiri," menurut mantan kepala pelayan Kerajaan Inggris.

Melansir NY Post, Rabu, 7 Februari 2024, adik Pangeran William ini mendarat di London pada Selasa, 6 Februari 2024, dalam upaya menemui ayahnya menyusul berita kesehatan terbaru Raja Inggris. Grant Harrold, yang bekerja untuk Raja Charles selama tujuh tahun ketika ia jadi Pangeran Wales, yakin Meghan membuat keputusan sadar untuk tidak ikut dalam perjalanan tersebut.

"Meghan membuat keputusan bahwa yang terbaik adalah tinggal di rumah bersama anak-anaknya, dan mungkin ia merasa ini adalah sesuatu yang harus dilakukan Harry sendirian," kata Harrold secara eksklusif pada The Post. "Itu ayahnya. Dia menyadari hubungan dekat dan mungkin mendorongnya untuk datang."

Konvoi yang diyakini membawa Harry terlihat di Bandara Heathrow London tepat setelah pukul 14.00, waktu setempat. Pada Senin malam, sebuah Range Rover mewah yang diyakini milik rombongan Harry terlihat tiba di terminal VIP LAX saat ia bergegas menemui ayahnya.

Harry diperkirakan diantar langsung dari bandara untuk menemui Raja Charles III, yang sedang memulai pengobatan kanker rawat jalan. Pakar kerajaan memprediksi Meghan mungkin akan "datang di kemudian hari," tapi untuk saat ini, ia akan tetap di Montecito, California, bersama dua anak mereka, Pangeran Archie dan Putri Lilibet.

"Saya yakin, suatu saat mereka akan membawa cucu-cucunya ke sini (Inggris). Itu mungkin jadi bagian dari apa yang sedang didiskusikan, sebuah kesempatan bagi mereka untuk datang sebagai sebuah keluarga," Harrold berbagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perombakan Secara Tertutup

Harrold menambahkan bahwa akan ada banyak perombakan yang terjadi secara tertutup di dalam Kerajaan Inggris, sementara raja dan Kate Middleton, masih cuti sakit. "Seperti keluarga mana pun, ketika seseorang mengalami apa yang dialami Charles, segalanya harus berubah," kata Harrold.

"Jadwal kerja harus berubah, tapi menurut saya bagi keluarga kerajaan, ini berarti bisnis berjalan seperti biasa sampai batas tertentu, dan kita akan melihat anggota lain mengambil peran penting dalam beberapa minggu maupun bulan ke depan untuk mendukung Charles saat ia menjalani pengobatan," bebernya.

Raja Charles sendiri menyempatkan bertemu Harry. Pertemuan selama 30 menit itu jadi tatap muka pertama antara Charles dan Harry dalam 16 bulan terakhir. Mengutip The Sun, Rabu, 7 Februari 2024, saat menunggu Harry, Charles disebut menunda penerbangannya ke Sandringham dengan helikopter.

Charles membiarkan helikopternya menunggu agar ia bisa secara pribadi menyambut Harry di Clarence House, London. Pertemuan mereka diperkirakan berlangsung kurang lebih setengah jam, dengan Harry dan rombongan meninggalkan Clarence House sekitar 45 menit setelah tiba. 

3 dari 4 halaman

Dipotret Pertama Kali Sejak Pengumuman Mengidap Kanker

Raja Charles tampak bahagia bisa bertemu putranya. Usai reuni tersebut, Raja Inggris difoto untuk pertama kali sejak Istana mengumumkan diagnosis kankernya pada Senin, 5 Februari 2024. Ia tersenyum di samping Camilla saat mereka duduk di belakang State Bentley.

Mereka terpotret melambai pada orang banyak dalam perjalanan singkat antara Clarence House dan Istana Buckingham. Raja dan Ratu akhirnya menaiki helikopter dari taman Istana satu jam lebih lambat dari yang direncanakan.

Sumber-sumber di istana mengatakan, ia akan membagi waktu di kediamannya di pedesaan dan kembali ke London untuk pertemuan, urusan bisnis, dan pengobatan rawat jalan untuk kanker yang dideritanya. Seorang sumber berkata, "Charles selalu memiliki jadwal yang ketat dan memiliki rencana perjalanan meninggalkan London untuk beristirahat dan memulihkan diri di Norfolk." 

Sumber istana mengatakan bahwa Raja "dalam kondisi baik, namun sedikit frustasi karena kondisinya tidak hanya memengaruhi rencananya, tapi juga berdampak pada yang lain."

4 dari 4 halaman

Bertemu Tanpa Pangeran William

Pangeran William dilaporkan tidak ikut dalam pertemuan antara Raja Charles III dan Pangeran Harry. Sumber menyatakan bahwa Pangeran Wales tidak berencana menemui Harry selama adiknya pulang kampung ke Inggris.

Pangeran Wales disebut kembali bertugas setelah beberapa hari absen untuk mendampingi Kate Middleton yang menjalani operasi perut dan pemulihan di rumah mereka di Adelaide Cottage, Istana Windsor.

Charles sebelumnya disebut menyampaikan langsung kondisi penyakitnya pada William dan Harry. Namun, sumber mengungkap, kakak adik itu belum berbicara satu sama lain sekitar setahun. Sekarang, ketika ayah mereka menghadapi masalah kesehatan, salah satu sumber istana penasaran apakah Harry akan  rela menghubungi William lebih dulu.

Pangeran Wales terjadwal menghadiri pesta penggalangan dana tahunan London Air Ambulance, Rabu. William, yang pernah jadi pilot ambulans udara selama sekitar dua tahun di East Anglia, memfokuskan sebagian besar perhatiannya untuk menyoroti pekerjaan tim medis lintas udara dan layanan darurat lain.

Ia pun telah jadi pelindung organisasi tersebut empat tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini