Sukses

Bandung Masuk Daftar Destinasi Trending di Dunia Tahun 2024 Versi TripAdvisor

Bandung berada di peringkat ke-15 sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam daftar Destinasi Trending di Dunia Tahun 2024 Versi TripAdvisor.

Liputan6.com, Jakarta - Status Bandung sebagai destinasi populer ternyata tidak hanya diakui dalam skala nasional, namun juga global. Ya, Kota Kembang masuk dalam daftar destinasi trending di dunia tahun 2024, menurut TripAdvisor, platform yang mengumpulkan ulasan pelancong dari berbagai negara.

Melansir situs webnya, Rabu (7/2/2024), para pemenang Travelers' Choice Awards Best of the Best adalah destinasi berupa hotel, restoran, dan aktivitas yang menerima ulasan dan opini luar biasa dalam jumlah besar dari komunitas mereka selama 12 bulan.

"Kurang dari satu persen dari delapan juta listing-an TripAdvisor mendapatkan Travelers' Choice Awards Best of the Best, yang menandakan tingkat keunggulan tertinggi dalam bidang perjalanan," sebut mereka.

Bandung berada di peringkat ke-15 sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam daftar bergengsi tersebut. TripAdvisor menulis, "Bandung adalah kota terbesar ketiga di Indonesia, namun letaknya cukup dekat dengan Jakarta dan menawarkan cuaca lebih sejuk."

"Bandung menampilkan banyak koleksi arsitektur kolonial Belanda, serta taman botani yang indah, kebun binatang, lapangan golf, dan beragam sajian kuliner," imbuh mereka. Pihaknya juga menyoroti bahwa ibu kota Provinsi Jawa Barat ini terkenal akan kegiatan tur dan jalan-jalan, spa, serta pengalaman wisata kuliner lokal.

Sementara itu, di puncak daftar ada Tokyo, Jepang. "Tradisi berpadu budaya pop, tempat Anda dapat berjalan-jalan di kuil kuno sebelum bersantai di bar karaoke," kata TripAdvidor mendeskripsikan kota itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tokyo sampai Seoul

TripAdvisor melanjutkan, "Bangunlah sebelum matahari terbit untuk menyaksikan pelelangan ikan yang ramai di Pasar Toyosu, lalu segarkan diri dengan berjalan-jalan di bawah pohon sakura yang berjajar di sepanjang Sungai Sumida."

"Habiskan waktu di Taman Timur Istana Kekaisaran yang indah, lalu pelajari sejarah Jepang di Museum Edo-Tokyo," imbuhnya. "Jangan lupa makan sushi, mi udon, dan wagashi (makanan manis Jepang) sebanyak yang bisa ditanggung perut Anda."

Menyusul di peringkat ke-2 adalah Seoul, Korea Selatan. Kota ini ditulis sebagai pusat bisnis dan budaya Korea Selatan, tempat gedung pencakar langit menjulang tinggi di atas kuil Buddha.

"Nikmati semuanya dari Menara N Seoul, yang dibangun di atas puncak Taman Namsan, sampai kedai teh dan toko di Insadong yang memberi Anda cita rasa Korea, yang dapat Anda rasakan lebih lanjut dengan mengunjungi pekarangan dan museum Gyeongbokgung."

"Situs Warisan Dunia UNESCO Istana Changdeokgung adalah contoh bagus arsitektur kuno yang autentik," mereka menambahkan.

3 dari 4 halaman

Ha Long Bay

Wisatawan mengunjungi Ha Long Bay untuk melihat dari dekat pulau-pulau kapur, formasi batuan, dan gua yang menakjubkan. "Terkikis selama berabad-abad oleh angin dan air, tempat ini sungguh menakjubkan," sebut TripAdvisor. "Sewa kayak atau perahu, atau ikuti tur untuk menjelajah teluk ini."

Masih dari Asia Tenggara, posisi ke-4 ditempati Kepulauan Palawan. "Palawan adalah sepotong surga, sepotong pulau yang penuh dengan satwa liar eksotis, desa nelayan kuno, dan Situs Warisan Dunia UNESCO," kata platform tersebut.

"Sapa hewan-hewan yang terancam punah di Cagar Alam dan Suaka Margasatwa Calauit atau jelajahi bangkai kapal Jepang di Pulau Coron, yang dianggap sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Tur perahu berpemandu di Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa juga akan membuat Anda takjub," kata mereka.

Melengkapi daftar lima besar, ada Sapa, Vietnam. "Gereja batu Gotik di pusat kota merupakan pusat pertokoan dan kios, berfungsi sebagai pengingat akan pengaruh misionaris Prancis di kota tersebut," TripAdvidor merekomendasikan.

4 dari 4 halaman

25 Destinasi Trending Tahun 2024

Secara lengkap, berikut sejumlah destinasi trending 2024 menurut TripAdvisor:

  1. Tokyo
  2. Seoul
  3. Ha Long Bay
  4. Kepulauan Palawan
  5. Sapa
  6. Bogota
  7. Pattaya
  8. Alajuela
  9. Phnom Penh
  10. Kuala Lumpur
  11. Pulau Jeju
  12. Viti Levu
  13. Chennai
  14. Puebla
  15. Bandung
  16. Panama City
  17. Huaraz
  18. Nairobi
  19. La Psz
  20. Port Ghalib
  21. Brasov
  22. Manta
  23. Casablanca
  24. Santiago
  25. Taipei

Sebelumnya, Bali telah dinobatkan sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu pada 2024  Travelers' Choice Awards Best of the Best, juga dari TripAdvisor. Bali berhasil memuncaki daftar tersebut, disebut sebagai "kartu pos yang hidup, surga Indonesia yang terasa seperti fantasi."

"Berjemurlah di bawah sinar matahari di hamparan pasir putih halus, atau berinteraksilah dengan makhluk tropis saat Anda menyelam di sepanjang punggung bukit karang atau bangkai kapal perang PD II yang berwarna-warni," sebut mereka. "Di pantai, hutan lebat jadi tempat perlindungan bagi pura batu dan monyet-monyet nakal."

"'Ibu kota seni' Ubud adalah tempat yang sempurna untuk menyaksikan pertunjukan tari budaya, mengikuti lokakarya membatik atau kerajinan perak, maupun menyegarkan pikiran dan tubuh Anda di kelas yoga," tambah pihaknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini