Sukses

Gaya Busana 2 Calon Ibu Negara, Etnik Pakai Tenun dan Batik hingga Kerudung Motif Aksara Jawa

Momen bagaimana para calon ibu negara mendukung suami mereka pun terekam dalam unggahan di media sosial pribadi mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Masa kampanye Pemilu 2024 yang diisi kegiatan safari politik ke sejumlah daerah bukan hanya dilakukan para kandidat calon presiden (capres). Para istri maupun anak capres pun turut serta mendukung dan menemani kunjungan ke area publik dan rumah warga untuk menarik simpati.

Momen bagaimana para calon ibu negara mendukung suami mereka pun terekam dalam unggahan di media sosial pribadi mereka. Berikut gaya busana 2 calon ibu negara yaitu Fery Farhati dan Siti Atiqoh yang dirangkum Liputan6.com pada Kamis (1/2/2024).

1. Fery Farhati dengan Tunik Tenun dan Batik Saat ke Maluku

Pertama-tama gaya busana dari Fery Farhati, istri Anies Baswedan yang merupakan capres nomor urut 1. Wanita berusia 52 tahun itu bersama putrinya, Mutiara Baswedan pada pertengahan Januari 2024 sempat menemani Anies kunjungan ke Maluku.

Tak hanya berdialog bersama warga lewat acara Desak Anies, saat itu mereka sekaligus mengunjungi Pantai Beby Indah di Maluku Tengah. Tampak sebuah momen yang mungkin jarang terlihat, saat Anies berfoto dengan Fery dan putri pertama mereka.

Terlihat kompak, Fery tampak mengenakan sebuah tunik terusan yang mengambil padu padan tenun dan batik secara bersamaan. Tunik panjang yang didominasi warna biru terang itu dikenakan bersama celana panjang bahan dan sepatu sporty. Untuk hijabnya, ia memilih tanpa motif dan palet abu-abu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Fety Farhati dengan Tenun Vest Panjang

Masih di Maluku, dalam sebuah potret terlihat Fery mengenakan busana vest panjang yang menonjolkan motif tenun. Wanita berkaca mata ini, memadukannya dengan hijab warna netral dan inner panjang hitam.

Tampak Fery yang ikut berbaur dengan warga ikut memasak di sekitar Pantai Kastela. "Senja di Pantai Kastela, menikmati ikan fufu garo rica yang dimasak bersama-sama ibu-ibu Laweyan, Ternate, Maluku Utara," tulisnya di keterangan foto.

Bukan hanya sekali itu saja, ibu empat anak ini mengenakan vest sebagai gaya andalan. Tampak ia ingin memberikan siluet agar lebih santun untuk menutup bagian dada saat berbusana dengan tambahan vest tersebut. 

3. Gaya Kasual Etnik Fety Farhati di Rumah

Wastra Batik sepertinya menjadi andalan Fery di berbagai suasana. Bahkan saat santai di rumah, ia kerap mengenakannya. Salah satunya yang terlihat adalah ketika ia sedang bersantai dengan putrinya, Mutiara Baswedan di rumah. Keduanya tampak sedang main dengan kucing peliharaan mereka.

 

3 dari 4 halaman

4. Gaya Atiqoh Kerudung Unik Motif Huruf Jawa

Selanjutnya adalah gaya busana Siti Atiqoh, calon ibu negara dari Ganjar Pranowo, capres nomor urut 3. Salah satu yang menarik adalah tampilannya ketika memakai kerudung dengan motif tulisan Jawa.

"Kerudung motif huruf Jawa yang saya kenakan adalah hasil tangan kreatif desiner santriwati Ning Irun @irunicer dari Pondok Pesantren An Nawawi Purworejo, Jawa Tengah dengan Clothing Brand-nya @li.scarf. Teruslah berinovasi untuk menginspirasi santri dan santriwati lain dalam berkarya," tulisnya di keterangan laman Instagram pribadinya pada 7 Januari 2024. 

Kerudung dengan dasar warna hitam itu tampak serasi ia kenakan dengan atasan senada. Kesannya elegan dan sederhana dengan sentuhan kedaerahan kental, motif tulisan dengan huruf Jawa sansekerta.

"Ayunya calon iu negaraku," komentar warganet.

"Masya'Allah Calon ibu Negara..tambah cantik," tulis yang lain. 

"jadi makin bangga dengan produk Indonesia," sambung warganet. 

"Penghargaan tinggi untuk Ibu Atikoh yang mendukung kreativitas lokal dengan semangat yang luar biasa," yang lain mengapresiasi.

4 dari 4 halaman

5. Gaya Sporty Siti Atiqoh Saat Kegiatan Outdoor

Selanjutnya, Siti Atiqoh yang kerap melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti lari terlihat berpenampilan sporty. Ia memakai pakaian olahraga dengan topi dan kacamata hitam untuk menghalau sinar matahari.

Wanita asal Purbalingga ini tampak menikmati perjalanannya ke sebuah gunung di Jawa Tengah. Tak sendirian, Atiqoh bersama suami dan anaknya terlihat kompak dan menikmati momen tersebut. 

Bukan hanya sekali itu Atiqoh bergaya sporty. Ia yang sering mengikuti ajang lari jarak jauh juga memakai kaus jersey dan topi. Begitu juga saat kampanye ke berbagai daerah, ia tak sungkan memakai celana cargo yang terlihat kasual dipadu sepatu olahraga. 

6. Gaya Siti Atiqoh dengan Gaun A Line Beraksen Batik 

Di momen yang lebih resmi, Siti Atiqoh sering memaksimalkan tampilannya dengan memakai gaun potongan A line. Salah satunya saat datang ke acara resepsi pernikahan yang juga dihadiri oleh suaminya dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Atiqoh terlihat berbeda saat itu dan jauh lebih anggun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.