Sukses

Tren Kuliner Indonesia 2024, dari Nasi Campur, Mi sampai Makanan Organik

Menurut Chef Ragil Imam Wibowo mengatakan ada sejumlah makanan yang akan tren di tahun 2024 ini karena ketertarikan anak muda mengolah makanan Indonesia hingga hidangan Melayu kopitiam.

Jakarta - Awal tahun umumnya jadi momen untuk memprediksi apa uang akan menjadi tren dalam setahun kedepan, termasuk dalam hal kuliner atau makanan. Koki selebritas atau celebrity chef Ragil Imam Wibowo mengatakan ada sejumlah makanan yang akan tren di tahun 2024 ini karena ketertarikan anak muda mengolah makanan Indonesia hingga hidangan Melayu kopitiam.

"Mereka akan mulai banyak mengolah makanan Indonesia, yang agak lebih umum akan banyak anak muda ubah kopitiam, nasi campur, mi juga berkembang dengan yang klasik," terang Chef Ragil saat ditemui di Jakarta, Jumat, 26 Januari 2024, dilansir dari Antara.

Selain makanan Indonesia yang terus berkembang, Ragil juga memperkirakan kuliner yang dipengaruhi budaya Asia dan Amerika juga banyak beredar tahun ini.  Chef Ragil menambahkan, tren anak muda yang gemar eksplorasi kuliner membuat tren kuliner di Indonesia unik dan tidak bisa disamakan dengan negara lain.

Anak muda atau generasi milenial bisa sangat kreatif dalam mengolah tren makanan Indonesia dan mengembangkan kreasi yang lebih unik. Bagi mereka yang tertarik membuka restoran, Ragil menyarankan untuk mengatahui apa yang sedang ramai dibahas di kalangan juru masak agar bisa mengembangkan makanan yang diminati pasar.

Sementara itu, Ketua tim Pusaka Rasa Nusantara Meilati Batubara mengatakan di luar negeri, tren makanan 2024 yang sedang disukai masyarakat setempat adalah makanan yang lebih sehat atau organik. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Lebih Baik dan Sehat

"Kalau kita melihat di luar negeri, tren luar itu lebih sehat jadi mereka cari makanan lebih sehat, organik, slow food artinya bukan olahan," jelas Meilati. Cara masak sehat dan dari bahan organik sebenarnya sudah ada dari turun temurun dilakukan dari zaman dahulu di Indonesia sehingga dengan mengikuti tren di luar negeri, artinya kembali ke masa makanan disajikan dengan cara lebih baik dan sehat.

Menurut Meilati, zaman dulu, makanan Indonesia dimasak menggunakan minyak kelapa dan memakai bahan seperti tengkawang untuk menggantikan mentega. "Waktunya kita kembali ke masa lalu yang baik, bahwa ternyata tren dunia di Indonesia sudah ada dari dulu," ucap Meilati.

Prediksi ragam tren 2024 sudah banyak bermunculan sejak Desember 2023, termasuk dari platform sosial, Pinterest. Melalui "Pinterest Predicts," pihaknya merilis perkiraan tren lintas bidang, mulai dari fesyen, kecantikan, kuliner, sampai traveling.

Dalam keterangan yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Senin, 11 Desember 2023, tertulis, "482 juta orang menggunakan Pinterest untuk merencanakan hal berikutnya dalam hidup mereka; rumah berikutnya, makanan berikutnya, perjalanan berikutnya."

 

 

3 dari 4 halaman

Tren Makanan Favorit

"Hal ini memberi Pinterest wawasan unik tentang masa depan, apa yang akan segera populer," kata mereka. "Pinterest Predicts adalah laporan ramalan tren yang akan muncul di tahun mendatang. Ini adalah panduan tentang apa yang berikutnya akan dicoba dan dibeli orang."

Untuk bidang kuliner, traveling dan fesyen menurut Pinterest ada dua hal yang akan jadi tren di 2024, dimulai dari kuliner yaitu:

1. Paduan lumer

Pada 2024, dua makanan favorit, seperti quesadilla burger dan pai pizza, diprediksi akan populer, terutama di kalangan gen X dan boomer. Kata kuncinya terdiri dari tacos burger keju (255 persen), kebab permen karet (170 persen), ramen karbonara (165 persen), quesadilla burger (80 persen), dan pai pizza (55 persen).

2. Sehangat tropis

Para boomer dan gen Z akan menggerakkan estetika tropis, lengkap dengan gambar bunga sepatu dan moktail menyegarkan. Pencaian populernya adalah moktail nanas (70 persen), kue nanas cincang (50 persen), estetika kelapa (35 persen), ayam panggang Hawaii (35 persen).

Traveling

4 dari 4 halaman

1. Slowcation

Tahun depan, orang-orang akan merencanakan perjalanan santai dengan orientasi "mengejar tidur yang berharga." Gen Z dan milenial akan memilih lokasi tenang dengan rencana perjalanan yang tidak padat. Tidur ASMR (165 persen) jadi pencarian terpopuler, disusul traveling sendiri (145 persen), tantangan detoks digital (80 persen), hotel staycation (70 persen), dan hidup santai (60 persen).

2. Berani Kotor

Pada 2024, perjalanan off-road akan jadi estetika baru, Perlengkapan off-road (110 persen), kemah off-road (90 persen), mobil petualang 80 persen, roda off-road (70 persen), dan mobil off-road (40 persen) jadi kata kunci paling populer.

Fesyen

1. Pita bertumpuk

Milenial dan gen Z disebut akan menghiasi pakaian, sepatu, rambut, dan perhiasan mereka dengan detail pita, baik besar maupun kecil. Secara data, mereka akan memakai pakaian dengan pita (190 persen), kalung pita (180 persen), rajutan pita (80 persen), estetika pita (55 persen), dan sepatu hak berpita (40 persen).

2. Opa Eklektik

Pada 2024, gen Z dan boomer akan berpakaian layaknya opa-opa. Dengan kata lain, mereka akan menghadirkan elemen opa eklektik nan ekspresif ke lemari pakaian mereka, seperti mode retro, kardigan modis, dan pakaian custom.

Secara presentase, jaket denim custom (355 persen) kampuin, disusul gaya pakaian eklektik (130 persen), pakaian jadul opa-opa (65 persen), gaya jadul opa-opa (60 persen), dan pakaian gaul retro (55 persen).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.