Sukses

Najwa Shihab Maafkan Komika Felix Seda Usai Dilecehkan Secara Verbal: Lebih Cerdas Memilih Lawakan

Najwa Shihab menjadi korban pelecehan verbal oleh komika Felix Seda saat menghadiri acara Desak Anies Yogyakarta, kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Pengalaman tak mengenakan dialami Najwa Shihab saat menghadiri acara Desak Anies Yogyakarta pada Selasa, 23 Januari 2024. Ia mengalami pelecehan verbal lewat candaan yang dilontarkan komika lokal, Felix Seda.

Setelah kasus tersebut viral, Felix Seda pun segera menemui Najwa untuk meminta maaf. Video permintaan maafnya kemudian diunggah di akun Instagram pribadinya @felixseda pada hari yang sama.

"Saya Felixius Juang Seda, mau meminta maaf ke Mba Najwa Shihab terkait gombalan dari saya waktu tampil di acara Desak Anies Yogyakarta," ucapnya membuka video tersebut.

Perempuan yang akrab disapa Mba Nana itu pun menerima permintaan maaf Felix dengan syarat komika tersebut bisa menjadikan insiden itu sebagai pembelajaran. Ia meminta Felix lebih sensitif dalam memilih candaan sehingga tidak menyinggung orang lain.

"Mudah-mudahan bisa terus belajar dari pengalaman ini. bisa jadi bahan untuk bisa reflektif jadi komika yang lebih cerdas dalam memilih lawakan, lebih sensitif, dan juga bisa untuk memperbaiki diri," ujar Nana.

Felix kembali menegaskan permintaan maafnya di kolom keterangan unggahan tersebut. Ia menyadari bahwa bagian 'meriffing' Najwa Shihab telah kelewatan.

"Tidak seharusnya itu disampaikan pada forum yang seharusnya menjadi tempat aman bagi masyarakat. Sepenuhnya ucapan teman-teman saya setujui dan akan saya jadikan pelajaran," ucap Felix.

Ia juga meminta maaf kepada seluruh pihak yang tersinggung atas ucapannya, terutama kaum wanita. Ia berharap dibukakan pintu maaf dari seluruh pihak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reaksi Warganet

Warganet pun bereaksi atas permintaan maaf terbuka yang disampaikan Felix. Sejumlah warganet memuji sikap Nana yang memaafkan tindakan Felix. "mbak nana baik bgt, kalo aku kayanya udah tantrum," tulis seorang warganet.

Warganet lain menyoroti panitia yang 'kecolongan' dalam memilih komika. Mereka mengingatkan agar tidak asal memilih penampil di acara yang sensitif agar tidak menjadi blunder di kemudian hari. "PEMILU MAKIN DEKAT JGN SAMPE BLUNDER2 BEGINI JADI BAHAN GORENGAN BUZZER!!!!" komentar warganet berbeda.

Ada pula yang mengingatkan agar Felix lebih memperhatikan aturan main saat berbicara. Sebagian warganet bahkan menudingnya sengaja membuat jokes yang melenceng untuk mencoreng nama kandidat capres tertentu. Ada pula yang memintanya untuk belajar lagi sebagai komika sebelum tampil di panggung.

"Mas lain kali sebelum bawa materi keatas panggung tanya dulu ke senior yg udah berpengalaman, kira2 aman ngga materinya buat dipublikasi, gitu loh biar masnya ga blunder pas dipanggung. Tolong lah ya ini makin saya ga ada respect sama komika2 baru," komentar seorang warganet.

"Kau pikir kau lucu kalo begitu! Memalukan sekali. Semoga kau tobat untuk buat bahan lelucon yang seksis!" imbuh yang lain.

3 dari 4 halaman

Ucapan Seksis Felix Seda

Nama Najwa Shihab kembali menjadi trending topic nomor 1 di X, dulunya Twitter, setelah ia hadir dalam acara Desak Anies Baswedan, di Yogyakarta, Selasa, 23 Januari 2024. Saat acara Desak Anies berlangsung, dari rekaman video yang beredar, mantan penyiar televisi itu jadi bahan roasting seorang komika. 

Dari video beredar yang tidak lengkap lagi seperti aslinya diketahui komika tersebut mengucapkan sesuatu yang membuat warganet ikut marah karena mengarah pada pelecehan seksual secara verbal. Seorang pengguna X (Twitter) mengungkapkan apa yang diucapkan oleh komika tersebut hingga dihujat warganet.

"Dia bikin joke "Mbak Nana pake bajunya putih-putih kayak kasur saya dan jadi pengen saya tidurin"," tulis akun @ijbolismus, yang mencoba memberitahu warganet lainnya tentang rekaman potongan video tersebut.

Unggahan pun telah berkali-kali diunggah oleh warganet lainnya dengan 195 ribu penayangan dan 1,4 ribu kutipan balasan. Banyak warganet yang merasa kesal dan tak habis pikir dengan komika itu lantaran kata-katanya yang tak pantas. 

"Menit berapa?" tanya warganet penasaran. "Kepotong tapi soal daleman itu masih script-nya kenapa gitu sih, kayak ga ada topik lain aja," sambung yang lain. 

4 dari 4 halaman

Profil Felix Seda

Menurut penelusuran Tim Lifestyle Liputan6.com, komika tersebut adalah Felix seda. Ia adalah seorang perantau dari Surakarta dan berkuliah di salah satu kampus swasta di Yogyakarta. Tak lama setelah menjadi heboh, ia memprivat akun media sosial Instagram dan X yang dimilikinya. Sementara, akun Linkedin yang dimilikinya juga sudah tidak bisa diakses, namun masih terekam di mesin pencarian. 

Selepas insiden itu, Najwa terlihat tidak berkomentar apapun di media sosialnya. Ia hanya mengunggah beberapa potret saat kegiatannya di Yogyakarta dan terdapat unggahan terbaru bersama beberapa komika tapi tidak termasuk komika yang diduga melecehkannya secara verbal. 

"Terimakasih @abdurarsyad @cokipardedebebas @ficofachriza_ para komika yang sudah bicara politik secara terbuka di #nobarmusyawarahdebat. Sudah menemani dan menghadirkan suasana berbeda dalam kebiasaan nobar debat. Banyak bercanda, banyak makan 😂, banyak berbagi ((perspektif)). Lumayan meredakan ketegangan nonton mereka yang pedas-pedas di atas panggung semalam. Jangan kapok ya ❤️," tulisnya dalam keterangan foto. 

Di kolom komentar media sosialnya yang kini sudah dibatasi, kebanyakan warganet justru mengomentari soal dukungan untuk kandidat tertentu. "Seru banget tamu di Narasi semalam, lain kali undang komika lagi ya," kata seorang warganet. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini