Sukses

Model Indonesia Raihan Fahrizal Eksis di Paris Fashion Week 2024, Melenggang di Runway Louis Vuitton dan Solid Homme

Ini menjadi kali kedua bagi Raihan Fahrizal eksis di Paris Fashion Week. Momennya diawali dengan membawakan busana rancangan Pharrel Williams untuk Louis Vuitton.

Liputan6.com, Jakarta - Model-model Indonesia kembali unjuk gigi di pekan mode bergengsi. Giliran Raihan Fahrizal, model asal Bandung, yang kali ini eksis di Paris Fashion Week 2024 dengan tampil di runway dua label internasional, yakni Louis Vuitton dan Solid Homme.

Raihan tampil membawakan busana koleksi Autumn/Winter 2024 rancangan Pharrell Williams sebagai Direktur Kreatif Louis Vuitton untuk lini busana pria. Ia mengenakan setelan jas cokelat dengan kemeja putih sambil menenteng tas. Pertunjukan yang berlangsung pada Selasa malam, 16 Januari 2024 itu mengawali kiprahnya di salah satu pekan mode dunia yang penting.

"Starting @parisfashionweek with @louisvuitton by @pharrell," tulisnya singkat dalam kolom keterangan yang menampilkan cuplikan video runway Louis Vuitton.

Mengutip Guardian, Jumat (19/1/2024), Williams membawakan tema koboi untuk koleksi tersebut dalam pertunjukan yang disaksikan sekitar 1.200 tamu, termasuk aktor Bradley Cooper, Carey Mulligan, dan group idol Riize. Pakaiannya terlihat seperti pakaian peternakan, meskipun dengan sentuhan honky-tonk kelas atas. Para model mengenakan kemeja sutra dan celana denim dengan hiasan rumit.

Satu chore jaket Louis Vuitton menampilkan motif koboi yang sedang mengawasi lahan, sementara jas double-breasted berwarna putih menghadirkan motif kaktus. Karya kulit berukir terinspirasi oleh sadel stok. Hampir setiap model mengenakan topi koboi mulai dari versi kulit licin hingga suede lembut.

"Ketika Anda melihat koboi digambarkan, Anda hanya melihat beberapa versi," kata Williams di belakang panggung setelah pertunjukan. "Anda tidak akan pernah benar-benar melihat seperti apa rupa beberapa koboi aslinya. Mereka tampak seperti kita. Mereka tampak seperti saya. Mereka berkulit hitam dan penduduk asli Amerika."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bawakan Koleksi Solid Homme

 

Hari berikutnya, Raihan tampil di show brand fesyen pria asal Korea Selatan, Solid Homme. Alih-alih menampilkan format runway, Woo Young Mi selaku Direktur Kreatif memberikan pertunjukan bak teater di panggung runway. Mengutip laman WWD, hal itu untuk memberikan penonton gambaran yang lebih dekat tentang detail cerdas, halus, dan unik sebagai ciri desainnya untuk Solid Homme.

Dalam show yang berlangsung di Cirque d'Hiver, para tamu berbaur di halte bus yang disediakan untuk acara tersebut. Papan tanda Solid menunjukkan bahwa mereka telah mencapai tujuan untuk melihat dengan sempurna model-model yang dirancang sesuai dengan visi mobilitas perkotaan desainer Korea Selatan sebagai tema untuk musim ini.

Ada kemeja berwarna cerah dengan bahak teknis yang dicap dengan tulisan 'Beat Traffic-Explore-Zero Emission' yang terinspirasi dari pengendara sepeda. Atasan itu dipadukan dengan celana pendek empuk dan helm berpelindung. Ada pula legging bergaris tebal dengan warna cerah.

Sementara, Raihan membawakan jaket puff berbahan anti-air dengan detail saku beresleting di lengan yang dipadukan dengan kemeja denim dan celana pendek. Tak lupa, penampilannya disempurnakan dengan kacamata hitam, topi baseball serta pouch hijau army. Sebagai alas kaki, ia mengenakan sepatu bot leher pendek dan kaus kaki hitam. Padu-padannya pas untuk tampil stylish di musim hujan seperti saat ini.

"@solidhomme FW24 Thank you! @marielevycast," tulisnya sambil mencolek direktur casting untuk pertunjukan itu.

3 dari 4 halaman

Tampil di Paris Fashion Week 2022

Paris Fashion Week 2024 bukan pengalaman pertama bagi Raihan. Ia pertama kali tampil di pekan mode itu pada 2022. Wajahnya juga tampil di Vogue online.

"Hari ini, saya fashion show untuk Paul Smith, Winter 2022. Selanjutnya akan disambung pada Februari 2022. Saya akan tinggal beberapa bulan di sini untuk mengikuti event fashion yang akan saya ikuti," ujar model yang bernama lengkap Raihan Fahrizal itu saat dihubungi lewat Liputan6.com, Sabtu, 22 Januari 2022.

Raihan menyebutkan dalam runway Paris Fashion Week itu ia memakai koleksi Paul Smith dengan kacamata, topi. Selain itu, dia mengenakan atasan outer warna pink dengan dalaman vintage motif bunga, celana planel, dan sneaker karya Paul Smith.

"Untuk temanya semi vintage Paul Smith," ujar Raihan.  

"Saya kontrak dengan Paul Smith untuk sekali kerja. Setelah itu, saya bisa bekerja dengan brand-brand terkenal lainnya," sambung Raihan soal penampilannya di Paris Fashion Week yang mengenakan koleksi Paul Smith.

Ia menyebutkan sudah berada di Paris sejak 5 Januari 2022. "Saya senang bisa membanggakan orangtua saya dan teman-teman saya di Bandung," kata Raihan.

4 dari 4 halaman

Model Indonesia Pertama di Runway YSL

Sebelumnya, Raihan mencetak sensasi online setelah menjadi salah satu model runway Spring/Summer 2022 Meanswear Collection Saint Laurent di Pulau Isola Della Certosa, Venesia, Italia, 14 Juli 2021.

"Saya senang banget bisa tampil di Venesia, Italia. Apalagi, saya model pria pertama dari Indonesia yang tampil untuk Saint Laurent," ujar Raihan saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 16 Juli 2021.

Bagi Raihan, tampil memeragakan koleksi busana rumah mode Prancis itu merupakan catatan baru dalam perjalanan kariernya. "Selama ini belum ada model pria Indonesia yang jalan di runway Saint Lauren," ungkapnya.

Untuk tampil di pergelaran fesyen itu, Raihan mengatakan sempat menjalani proses casting yang diikuti model dari berbagai negara. Akhirnya, ia terpilih dan bersiap terbang menuju Italia dari Paris, kota tempat tinggalnya sekarang.

Kala itu, ia mengaku sempat dilanda kekhawatiran jika hasil tes PCR-nya positif Covid-19. "Alhamdulillah negatif, jadi akhirnya saya bisa terbang ke Italia," tutur Raihan. "Di sana saya berkenalan dengan model-model dari berbagai negara." Di kesempatan itu, Raihan juga menjalani pemotretan untuk majalah Vogue.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.