Sukses

Kontestan Berusia 72 Tahun di Ajang Miss Universe Buenos Aires 2024 Curi Atensi Warganet

Rangkaian agenda menuju kontes kecantikan Miss Universe 2024 menghadirkan beragam cerita menarik. Sebut saja perempuan berusia 72 tahun yang menjadi salah satu kontestan di ajang Miss Universe Buenos Aires 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian agenda menuju kontes kecantikan Miss Universe 2024 menghadirkan beragam cerita menarik. Sebut saja perempuan berusia 72 tahun yang menjadi salah satu kontestan di ajang Miss Universe Buenos Aires 2024.

Dikutip dari Hola, Selasa, 16 Januari 2024, partisipasi kontestan bernama Iris Amelia Alioto tersebut terjadi setelah organisasi Miss Universe mengubah peraturannya untuk menghapus batasan usia. Ini pula yang memicu perempuan dari seluruh dunia untuk bersaing meraih gelar Miss Universe.

Iris sendiri merupakan seorang guru tari, penerjemah, aktris, dan model. Jika ia memenangkan gelar tersebut, ia juga akan menjadi senior pertama yang berkompetisi di ajang Miss Argentina, mewakili negaranya di Miss Universe 2024.

Partisipasi Iris pun mencuri atensi warganet. Tak sedikit dari mereka berbagi di media sosial mengenai keberanian, tekad, dan ketekunan Iris Amelia menjadi inspirasi, terutama bagi mereka yang percaya bahwa usia adalah penghalang untuk mencapai impiannya.

Di sisi lain, sebagian warganet menentang memiliki Miss Argentina senior. Sebaliknya, warganet lain berpendapat bahwa kontes ini mengobjektifikasi perempuan dan mempromosikan standar kecantikan yang tidak realistis, sehingga merugikan harga diri dan kesehatan mental mereka.

"Setidaknya berhasil menjadi viral dan membuat semua orang ingin mengetahuinya. Anda sudah menang, Bu. 👏👏👏👏👏," bunyi salah satu komentar.

Warganet lain menulis, "Aku tidak tahu siapa kamu madam, tapi aku sangat mencintaimu ❤️❤️."

"😅😅 selamat Hari April Mop," ungkap warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontestan Berusia 69 Tahun Bersaing di Ajang Miss Universe Filipina 2024

Bukan hanya Iris, namun sebelumnya perempuan berusia 69 tahun menjadi salah satu dari 15 kontestan yang berlaga memperebutkan mahkota Miss Universe Philippines - Quezon City (MUPHQC). Persaingan ini untuk mewakili Kota Quezon di ajang Miss Universe Filipina 2024.

Dikutip dari Philstar, Kamis, 11 Januari 2024, kontestan itu bernama Jocelyn Cubales atau yang juga dikenal dengan Joyce Penas Pilarsky. Dalam profil yang dirilis MUPHQC, organisasi tersebut menyebut Cubales "percaya bahwa generasi muda dapat belajar banyak dari pengalaman hidupnya, terutama ketabahan."

Cubales pernah berpartisipasi dalam Mrs. Universe 2017 yang dimenangkan oleh Tram Hoang Luu dari Vietnam. Malam penobatan MUPHQC diadakan pada 5 Februari 2024, salah satu dari beberapa malam penobatan lokal untuk mitra terakreditasi Miss Universe Philippines (MUPH) di seluruh negeri.

Dari 19 hingga 21 Januari 2024, ratu baru Miss Universe Filipina 2024 akan dinobatkan di Pampanga, Batangas dan Naic di Cavite. Malam penobatan di Cagayan de Oro dan Bohol dijadwalkan pada akhir pekan terakhir setiap bulan.

3 dari 4 halaman

Kontes Kecantikan

Akhir pekan pertama Februari 2024 akan menjadi malam penobatan untuk area Cebu, Albay, dan seperti yang disebutkan sebelumnya Kota Quezon. Tahun lalu, Organisasi Miss Universe menghapus batasan usia bagi calon kontestan, yang memungkinkan perempuan berusia di atas 28 tahun untuk ikut berkompetisi.

Top 5 MUPH 2023 meliputi dari Michelle Dee (Makati), Christine Opiaza (Zambales), Angelique Manto (Pampanga), Krishnah Gravidez (Baguio) dan Pauline Amelinckx (Bohol). Perwakilan Kota Quezon Mary Eileen Gonzales adalah satu dari tiga perempuan yang membuat sejarah sebagai ibu pertama yang menjadi kandidat MUPH.

Sementara, langkah Miss Universe Filipina 2024 Michelle terhenti di 10 Besar Miss Universe 2023. Walau begitu, ia memenangkan Penghargaan Spirit of Carnival, penghargaan Fan Vote, gold winner di kompetisi Voice For Change dan Best National Costume.

Kontes kecantikan Miss Universe membuat perubahan terbesar sepanjang lebih dari 70 tahun kompetisi kecantikan pertama digelar. Mulai 2023, kompetisi tahunan ini akan mengizinkan keikutsertaan kontestan perempuan menikah dan seorang ibu.

 

4 dari 4 halaman

Aturan Baru

Dikutip dari The National, Senin, 8 Agustus 2023, dalam memo internal yang dilihat oleh The National, Organisasi Miss Universe mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha beradaptasi sesuai perkembangan zaman. Pihaknya menyebut bahwa langkah perubahan yang diambil mencerminkan komitmen mereka.

"Kita semua percaya bahwa perempuan harus memiliki hak pilihan atas hidup mereka dan bahwa keputusan pribadi manusia tidak boleh menjadi penghalang bagi kesuksesan mereka," demikian bunyi memo itu.

Aturan baru itu akan berlaku untuk kontes ke-72 Miss Universe yang akan berlangsung pada 2023. Kontes preliminary berlangsung untuk Miss Universe 2022, yang diadakan akhir tahun 2022.

Sebelumnya, hanya perempuan lajang berusia antara 18--28 tahun yang belum pernah menikah atau memiliki anak yang diizinkan untuk mendaftar. Namun, aturan baru itu tidak menjelaskan apakah kelompok usia kontestan akan tetap sama.

Salah satu kontestan ajang Miss Universe 2023 mencuri atensi. Ia adalah Miss Kolombia 2023 Camila Avella. Dikutip dari Conan Daily, Jumat, 27 Oktober 2023, Camila Avella adalah kontestan Miss Universe 2023 yang sudah menikah dan memiliki seorang anak perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.