Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Iya di Flores NTT, Punya Banyak Kawah Tidak Aktif

Gunung Iya termasuk gunung berapi kerucut yang terletak di bagian selatan Pulau Flores, Indonesia dan sebelah selatan dari Ende.

Liputan6.com, Jakarta - Saat orang memikirkan atraksi gunung berapi di Flores, maka mereka akan mengingat tentang Danau Kelimutu dan mungkin Gunung Egon dekat Maumere. Tapi mungkin gunung berapi yang paling mengesankan di pulau ini adalah Gunung Iya, sebuah puncak kecil dengan ketinggian 637 mdpl di ujung semenanjung pendek yang hanya berjarak 15 menit ke selatan dengan sepeda motor dari kota besar Ende.

Mengutip laman Gunung Bagging, Rabu, 3 Januari 2023, Gunung Iya termasuk gunung berapi kerucut yang terletak di bagian selatan Pulau Flores, Indonesia dan sebelah selatan dari Ende. Meskipun Kelimutu memiliki tempat parkir di dekat puncak dan jalan semen ke tepinya, mencapai Gunung Iya sedikit lebih sulit dan berbahaya daripada yang Anda bayangkan hanya dengan melihatnya di peta. 

Masih banyak hal mengenai Gunung Iya di Ende, NTT selain lokasinya. Berikut enam fakta menarik Gunung Iya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Pendakian Perlu Pemandu Gunung

Terdapat jalan menuju selatan dari kota Ende di sepanjang sisi barat semenanjung yang berubah menjadi jalan tanah sebelum sedikit mengular ke atas lereng bukit. Dekat dari lokasi terdapat beberapa orang yang tersebar di sekitar lereng bukit yang mengumpulkan batuan vulkanik hitam di kawasan ini juga.

Dari puncak jalur tanah pada ketinggian sekitar 150 mdpl, terdapat jalur samar yang mengarah lurus ke atas lereng gunung yang curam. Pemandu yang berpengalaman sangat penting untuk melewati area ini karena meskipun ketinggiannya rendah, area ini terpencil. Pendaki harus hati-hati karena terdapat beberapa selokan dalam yang terbukti sangat berbahaya saat mencari rute saat turun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berangkat Dini Hari

Saat Anda mengikuti jalan setapak yang samar-samar mendaki lereng gunung, akan ada pemandangan terbuka ke sekeliling Anda yaitu Gunung Meja ('Gunung Meja') dengan puncak datar di sebelah kiri Anda tepat di atas kota Ende, dan turun ke Teluk Ende dan Pulau Ende (Pulau Ende).

Dari Ende, Anda bisa dengan mudah naik ojek ke jalur tanah di awal pendakian di sisi barat gunung. Karena gunung berapi ini tidak terlalu tinggi, suhu dan panas matahari pada hari cerah mengharuskan Anda berangkat sedini mungkin, memakai krim tabir surya yang banyak, dan membawa air dalam jumlah yang sangat banyak.

3. Bisa Sekalian ke Gunung Meja

Dalam waktu sekitar satu jam Anda akan mendaki di antara pohon-pohon pinus di dekat puncak gunung. Tak jauh dari sana, Anda akan melihat sebuah tempat pemantauan vulkanologi. Setelah 30 menit berikutnya Anda akan mencapai puncak yang ditutupi pepohonan pinus (630 mdpl).

Dengan pemandu yang berpengalaman dan banyak air, Anda akan kembali menyusuri jalur lumpur hanya dalam waktu satu jam dan segera kembali ke Ende setelahnya. Bagi mereka yang masih menginginkan lebih, pertimbangkan pendakian singkat ke Gunung Meja (382 mdpl) yang memakan waktu sekitar satu jam untuk mencapai puncak dari ujung jalan setapak (120 mdpl) di selatan kota Ende.

3 dari 4 halaman

4. Banyak Kawah Tua Tidak Aktif

Dari puncak punggung bukit, pemandangannya sangat luar biasa dan tiba-tiba geografi gunung menjadi jelas. Di bawah Anda terdapat cekungan berumput berbentuk mangkuk dengan lebih banyak pohon pinus tumbuh di sisinya.

Ini mungkin merupakan kawah tua yang tidak aktif. Di sisi lain kawah tua, rerumputan dan pepohonan berganti dengan pasir vulkanik berwarna kemerahan dan terlihat jelas bahwa punggungan berpasir di seberang kawah tua merupakan tepi tebing terjal kawah gunung berapi Iya yang turun drastis sepanjang tahun. 

5. Titik Puncak yang Sebenarnya

Meskipun mungkin tergoda untuk mengambil jalan ke kanan dari puncak punggungan pertama, jika Anda ingin mencapai puncak yang sebenarnya (sekitar 657 mdpl), ikuti punggungan pohon pinus ke kiri hanya selama 5 menit untuk mencapai titik tertinggi dari keseluruhan gunung.

Pemandangan ke laut di sebelah timur semenanjung sangat bagus. Meskipun Anda mungkin dapat melanjutkan perjalanan ke kawah lama yang tidak aktif dan mengelilingi lereng gunung sepenuhnya, akan lebih aman dan mudah untuk kembali dengan cara yang sama dan mengikuti punggung bukit hingga ke tepi tebing kawah aktif berpasir. Hanya dibutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki dari puncak sebenarnya ke tepi kawah Iya yang aktif. 

 

4 dari 4 halaman

6. Pemandangan Kawah Mirip Gunung Raung

Ketika Anda mencapai tepi kawah aktif itu sendiri, Anda akan terkejut melihat besarnya skala kawah tersebut. Dari ketinggian lebih dari 600 meter, tepi tebing vulkanik turun secara vertikal hingga hampir mencapai permukaan segel.

Kawahnya sendiri lebarnya setidaknya beberapa kilometer dan pemandangannya tentu sama menakjubkannya dengan Raung di Jawa Timur atau Tambora di Sumbawa. Tentu saja, tersandung atau terjatuh di sini akan menyebabkan kematian, jadi jangan terlalu dekat dengan tepi tebing yang runtuh.

Ada juga sejumlah besar gas vulkanik di tepinya, jadi waspadalah terhadap hal ini. Letusan besar terakhir di sini terjadi pada tahun 1969 namun terus dipantau secara ketat dan tentunya hanya masalah waktu sebelum terjadi letusan besar lainnya.

Setelah mengambil foto salah satu pemandangan paling mengesankan di Indonesia, kembalilah ke punggung pohon pinus tempat Anda naik dan berhati-hatilah saat menuruni tempat yang dapat dengan cepat berubah menjadi medan yang sangat membingungkan dan berbahaya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.