Sukses

Mengenal Tempat Wisata di Solo yang Dipromosikan Gibran Rakabuming, Bisa untuk Liburan Tahun Baru 2024

Jelang libur tahun baru 2024, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memamerkan beberapa tempat wisata di Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang momen pergantian tahun ke tahun baru 2024, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memamerkan beberapa tempat wisata di Solo. Salah satu calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 ini membagikan informasi tersebut di akun Twitter atau X miliknya.

Selain mempromosikan, Gibran Rakabuming juga mengajak pengikutnya di media sosial untuk menyambangi dan menghabiskan waktu libur tahun baru 2024 untuk berkunjung ke sana. Dalam cuitannya pada 28 Desember 2023, Gibran mengunggah salah satu tempat ibadah di Solo, yaitu Masjid Raya Sheikh Zayed.

Suami Selvi Ananda ini juga mengunggah video mengenai Masjid Raya Sheikh Zayed yang disebut menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA). Sehari sebelumnya, putra sulung presiden Jokowi (Joko Widodo) juga mengunggah video mengenai tempat wisata Solo Safari.

Gibran Rakabuming bertanya kepada warganet, apakah sudah pernah datang ke destinasi wisata tersebut atau belum. Agar lebih mengenal; dua tempat wisata di Solo tersebut, berikut profil singkatnya.

1. Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid ini diresmikan oleh Presiden Jokowi bersama Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan pada November 2022. Namun masjid ini baru dibuka untuk umum mulai Maret 2023. Letaknya ada di Jl. Ahmad Yani No.128 Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Dilansir dari kanal Citizen6 Liputan6.com dan berbagai sumber lainnya, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo kerap disebut replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi. Namun, Masjid Raya Syeikh Zayed Solo punya perbedaan yakni memadukan nuansa lokal di desainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Salah satunya adalah pelataran di serambi masjid yang mengukirkan motif batik kawung. Tak hanya itu, motif batik juga membalut karpet pada lantai utama bangunan masjid yang dikombinasikan dengan desain geometris arabesque di bagian tengah. Masjid Sheikh Zayed Solo memiliki empat menara setinggi 75 meter dan kubah besar setinggi 65 meter di bangunan utamanya.

Sejumlah imam dan muazin di masjid ini berasal dari UEA. Bahkan, menurut Gibran ada lima imam besar dari UEA yang akan pimpin salat berjemaah saat Ramadan. Menariknya lagi, lokasi masjid ini berhadap-hadapan dengan Gereja Solo Gratia di Jalan Mentawai. Dua bangunan ibadah ini diharapkan dapat menjadi potret simpul toleransi beragama di Kota Solo.

2. Solo Safari

Solo Safari juga termasuk tempat wisata baru di Surakarta. Tempat tersebut menjadi sarana edukasi satwa endemik bagi masyarakat, jadi sangat tepat untuk berlibur ke sana bersama keluarga. Solo Safari termasuk salah satu bagian dari program Pemerintah Kota Surakarta untuk memperbarui aset-aset produktif yang ada di kota Surakarta.

3 dari 4 halaman

Keluarga Jokowi ke Solo Safari

"Saya diajak Pak Wali untuk melihat pembenahan Taman Jurug yang sekarang menjadi Solo Safari. Saya lihat sangat bagus, meskipun belum selesai, sudah kelihatan akan menjadi sangat bagus dan menjadi destinasi baru wisata di Kota Solo" ujar Jokowi, dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Kamis (26/1/2023).

General Manager Solo Safari Shinta Adithya menyebut bahwa Solo Safari adalah salah satu taman bermain yang akan menjadi ikon baru Kota Solo. Ditargetkan destinasi tersebut akan mengubah tujuan wisatawan yang datang ke Kota Solo dari sekadar wisata kuliner menjadi wisata lainnya. Solo Safari buka setiap hari dan tetap buka di hari libur maupun hari libur nasional dengan harga tiket mulai dari Rp45 ribu sampai Rp100 ribu.

Mengutip kanal Health Liputan6.com, 23 Januari 2023, saat kunjungan, Presiden Jokowi ikut membawa serta dua cucunya, yaitu Jan Ethes Srinarenda dan La Lembah Manah, yang saat itu sedang libur cuti bersama Imlek.

"Lihat ular, kelinci, kuda, kura-kura, ayam," kata Ethes menjawab pertanyaan para pewarta. Cucu pertama Jokowi ini mengatakan bahwa ia sempat mencoba kegiatan yang ada di Solo Safari. 

4 dari 4 halaman

Jan Ethes Pegang Ular

Ia ikut memberi makan satwa-satwa dan berinteraksi langsung dengan hewan yang ada bahkan berkesempatan menunggangi kuda. "Senang (naik kuda)," kata Ethes tersenyum lebar seperti dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden.

Jokowi yang ada di belakang Ethes lalu mengingatkan bahwa anak pertama Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu juga sempat memegang hewan reptil. "Pegang ular tadi," sebut Jokowi sembari ikut memengang tangan kanan Ethes.

Kebanyakan orang geli bercampur takut waktu memegang hewan melata itu. Tapi, Ethes dengan percaya diri mengaku tak takut memegang ular besar berwarna kombinasi putih kuning yang ada di Solo Safari.

Jan Ethes dan La Lembah juga ikut memberi makan burung Blue and Gold Macau. Mereka juga berinteraksi dengan ular piton albino, dan melihat walabi, hewan yang mirip dengan kanguru.

Jokowi juga berkeliling melihat area terbuka di Solo Safari, melihat kuda, dan binatang lainnya yang ada di area Solo Safari. Selain itu, Jan Ethes dan La Lembah Manah juga nampak bermain, berfoto, dan berkeliling dengan kuda poni.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini