Sukses

3 Bandara di Indonesia Masuk Daftar Bandara Terburuk di Dunia Tahun 2023, Salah Satunya Bandara Ngurah Rai Bali

Penilaian Bandara Terburuk di Dunia 2023, yang memasukkan tiga bandara di Indonesia, mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk kinerja tepat waktu dan masukan penumpang seputar navigasi bandara, serta pilihan makanan dan belanja.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga bandara di Indonesia masuk dalam daftar Bandara Terburuk di Dunia Tahun 2023, menurut survei AirHelp Inc. Setiap tahun, pihaknya menganalisis lebih dari empat ribu bandara di seluruh dunia.

Melansir Jagran Josh, Senin (25/12/2023), penilaian mereka mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk kinerja tepat waktu dan masukan penumpang seputar navigasi bandara, serta pilihan makanan dan belanja. Selain bandara-bandara terburuk, evaluasi ini juga bertujuan mengidentifikasi bandara-bandara dengan kinerja terbaik.

Dengan menggabungkan data mengenai ketepatan waktu dan pengalaman wisatawan, laporan ini diklaim "memberi wawasan yang membantu penumpang pesawat mengetahui bandara mana yang unggul dalam memberi layanan yang efisien dan mana yang mungkin menimbulkan potensial tantangan."

Ribuan penumpang dari 58 negara berpartisipasi dalam survei, berbagi pandangan mereka mengenai staf bandara, waktu tunggu, dan kebersihan. Umpan balik kolektif ini merupakan komponen penting dari keseluruhan penilaian kualitas layanan pelanggan, kata mereka.

Melalui survei ekstensif, ribuan penumpang pesawat diminta memberi penilaian terhadap toko dan restoran di bandara yang baru saja mereka kunjungi. Umpan balik ini "sangat penting dalam mengevaluasi kualitas makanan yang tersedia dan pilihan belanja bagi wisatawan."

Berdasarkan indikator itu, Bandara Internasional Banjarmasin Syamsudin Noor kampiun di peringkat pertama. Disusul Bandara Ngurah Rai Bali di posisi ke-6 dan Bandara Halim Perdanakusuma menggenapi daftar bandara terburuk di dunia tahun 2023 di peringkat ke-10.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Bandara Terburuk di Dunia Tahun 2023

Secara lengkap, berikut 10 Bandara Terburuk di Dunia Tahun 2023:

  1. Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, Indonesia (BDJ)
  2. Bandara Internasional Malta (MLA)
  3. Bandara London Gatwick, Inggris (LGW)
  4. Bandara Lisbon Humberto Delgado, Portugal (LIS)
  5. Bandara Beograd Nikola Tesla (BEG)
  6. Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Indonesia (DPS)
  7. Bandara Internasional Toronto Pearson (YYZ)
  8. Bandara Sofia, Bulgaria (SOF)
  9. Bandara Marseille Provence, Prancis (MRS)
  10. Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Indonesia (HLP)

Sementara itu, dengan indikator yang sama, AirHelp Inc. juga menyusun daftar bandara dengan kinerja terbaik. Jepang dan Brasil secara umum mendominasi kategori bandara ini, dengan masing-masing memiliki tiga lokasi dalam daftar 10 bandara terbaik di dunia tahun ini:

  1. Bandara Internasional Muscat, Oman (MCT)
  2. Bandara Internasional Recife/Guararapes–Gilberto Freyre, Brasil (REC)
  3. Bandara Internasional Cape Town, Afrika Selatan (CPT)
  4. Bandara Internasional Brasília–Presidente Juscelino Kubitschek, Brasil (BSB)
  5. Bandara Internasional Doha Hamad, Qatar (DOH)
  6. Bandara Internasional Osaka Itami, Jepang (ITM)
  7. Bandara Internasional Belem/Val-de-Cans, Brasil (BEL)
  8. Bandara Internasional Belo Horizonte Tancredo Neves, Brasil (CNF)
  9. Bandara Internasional Narita Tokyo, Jepang (NRT)
  10. Bandara Amami, Jepang (ASJ)
3 dari 4 halaman

Jakarta-Bali Rute Penerbangan Domestik Tersibuk

Sementara itu, penyedia data perjalanan global, OAG, merilis daftar rute penerbangan tersibuk di dunia pada 2023. Melansir laman resmi, Minggu, 24 Desember 2023, di antara sederet rute, Jakarta-Bali masuk di posisi ke-10 dalam daftar tersebut.

Posisi pertama diraih rute Jeju (CJU) ke Seoul (GMP) dengan 13,7 juta kursi. Rute tersebut juga merupakan rute domestik tersibuk pada 2019 dan 2022. Tercatat bahwa ada kesenjangan kapasitas sebesar 15 persen antara peringkat pertama dan kedua dalam daftar ini.

Dibandingkan pada 2019, rute CJU-GMP memiliki kapasitas maskapai 21 persen lebih sedikit pada tahun ini. Di posisi kedua adalah rute Bandara Chitose (CTS) Hokkaido ke Tokyo Haneda (HND) dengan 11,9 juta kursi. Fukuoka (FUK) ke Tokyo Haneda (HND) adalah rute tersibuk ketiga dengan 11,3 juta kursi. Jumlah tersebut terdapat selisih kapasitas sebesar enam persen antara posisi kedua dan ketiga.

Hanoi (HAN) ke Ho Chi Minh City (SGN) merupakan rute maskapai domestik tersibuk keempat pada 2023 dengan 10,9 juta kursi dan Melbourne (MEL) ke Sydney (SYD) berada di urutan kelima dengan 9,3 juta kursi. Jakarta (CGK) ke Denpasar (DPS) berada di peringkat ke-10. Ini jadi satu-satunya rute dalam 10 besar yang tidak masuk 10 besar pada 2019.

4 dari 4 halaman

Rute Penerbangan Tersibuk

Melansir laporan Tim Bisnis Liputan6.com, Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani dua rute penerbangan tersibuk di dunia berdasarkan data OAG. Dua rute di Bandara Soekarno-Hatta yang masuk dalam daftar rute tersibuk di dunia adalah Jakarta-Singapura di peringkat 6 dalam Top 10 Busiest Global International Flight Routes of 2023, dan Jakarta-Denpasar di peringkat 10 dalam Top 10 Busiest Global Domestic Flight Routes of 2023.

Plt. Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose mengatakan, lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta, terus meningkat pascapandemi COVID-19. Pada Desember 2023, OAG juga mencatat bahwa Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara tersibuk di Asia Tenggara dengan jumlah kursi penerbangan mencapai 3,45 juta kursi.

Sementara di posisi kedua ada Bandara Changi di Singapura dengan 3,42 juta kursi. Pada Desember 2023, rute domestik tersibuk di Bandara Soekarno-Hatta yang masuk dalam Top 10 Domestic Routes in South East Asia berdasarkan analisis OAG adalah Jakarta-Makassar, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Medan, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Pontianak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini