Sukses

Daftar Pemenang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia dan Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2023

Penyelenggaran ABBWI dan ABBI 2023 merupakan bentuk apresiasi terhadap seluruh pemerintah daerah dan stakeholders yang mendukung implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang merupakan program turunan dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bekerja sama menggelar Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) dan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2023 di Jakarta pada Jumat, 15 Desember 2023.

Merujuk rilis yang diterima Tim Lifestyle, penyelenggarannya merupakan bentuk apresiasi terhadap seluruh pemerintah daerah dan stakeholders yang mendukung implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang merupakan program turunan dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Kami akan selalu mendukung upaya pemerintah mengembangkan destinasi wisata di Indonesia, utamanya di lima destinasi super prioritas. Semoga dengan dukungan penuh LPS, pariwisata Indonesia akan terus maju dan berkembang," sebut Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa.

Ia juga menyatakan bahwa tanggung jawab membangun ekonomi nasional berada di pundak banyak pihak, termasuk LPS. "Meski tanggung jawab utama kami lebih pada sektor keuangan, namun tetap berkewajiban mengambil peran melakukan langkah nyata untuk membangun sektor ekonomi lokal," Purbaya menambahkan.

Secara lengkap, berikut daftar pemenang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia 2023:

Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Kawasan

Sumatra:

  1. Sumatra Barat
  2. Kepulauan Riau
  3. Lampung

Jawa dan Bali:

  1. Jawa Barat
  2. DKI Jakarta
  3. Jawa Timur

Kalimantan dan Nusa Tenggara:

  1. Nusa Tenggara Barat
  2. Kalimantan Timur
  3. Kalimantan Tengah

Sulawesi, Maluku, dan Papua:

  1. Sulawesi Tenggara
  2. Sulawesi Tengah
  3. Sulawesi Utara

Kemudian, di kategori "Provinsi dengan Destinasi Pariwisata Berkualitas Terbaik," Nusa Tenggara Barat kampiun sebagai juara tunggal. Sementara itu, "Provinsi Terbaik dalam Implementasi Strategi Kebijakan Pemda" adalah Sulawesi Tenggara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Pemenang Lanjutan

Kabupaten/Kota Terbaik BBWI:

  1. Banyuwangi
  2. GunungKidul
  3. Pariaman

Industri Pendukung BBWI Terbaik:

ASTINDO

Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Nasional:

Sulawesi Tenggara

Tidak ketinggalan, ada juga Provinsi Riau yang jadi pemenang kategori Fesyen dan Kuliner di Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) tahun ini, dengan perolehan suara lebih dari 50 persen di laman anugerahbanggabuatanindonesia.co.id.

Gernas BBI 2023 sebenarnya berkesempatan menyambangi 10 provinsi, yakni Banten, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Papua Barat, Riau, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Bengkulu, dan DKI Jakarta.

Nominasi ABBI 2023 diisi para pelaku usaha pilihan dari provinsi-provinsi tersebut yang telah mengikuti berbagai program selama Gernas BBI digelar di sana. Selama mengikuti kegiatan, mereka menerima pelatihan dan pendampingan yang relevan untuk bisa lolos jadi nominator.

Proses penyaringan pun dilakukan, mulai dari administrasi, hingga penjurian oleh para profesional. Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto, mengatakan ada berbagai syarat legalitas yang harus dilengkapi para nominator.

 

3 dari 4 halaman

Kurasi Pemenang ABBI 2023

Amam berkata, "Karena ABBI bermaksud mendorong para pelaku usaha benar-benar jadi pengusaha besar, beberapa syarat dokumen tentu harus dipenuhi. Setelah itu, mereka juga harus melewati penilaian kurator dari perwakilan kementerian lembaga yang mendampingi Gernas BBI. Ini bukanlah hal mudah."

Setelah lolos dari dua tahap penyaringan, para nominator harus berhadapan dengan dewan juri. Mereka adalah profesional di empat kategori yang dipertandingkan, yakni Fesyen, Kriya, Kuliner, serta Kecantikan dan Kebugaran.

Menurut Direktur Jaringan, Operasional, dan Penjualan Pegadaian, Eka Pebriansyah, wawancara daring yang dilakukan para dewan juri cukup mendalam. Bahasannya mulai dari cara mendapatkan bahan baku, proses pembuatan, pemasaran, hingga rencana pengembangan usaha ke depan. Tahapan ini menghasilkan tiga finalis di setiap kategori.

"Di tahap akhir, mereka (nominee) ditantang memperkenalkan diri ke masyarakat luas melalui video. Mereka harus meyakinkan masyarakat untuk memberi suara pilihannya melalui situs yang telah ditentukan agar mereka terpilih jadi pemenang," sebut Eka.

4 dari 4 halaman

Pemenang ABBI 2023

Hasil pemungutan suara ABBI yang digelar pada 27 November hingga 13 Desember 2023 menghasilkan deretan pemenang. Dua kategori, yakni Fesyen dan Kuliner dipunggawai pelaku usaha dari Riau, yakni Sakinah by Thiffa Qaisty dan Kerupuk Lomang Balado UMMI.

Sementara kategori Kriya dimenangkan Dcraft Indonesia dari DKI Jakarta. Lalu, kategori Kecantikan dan Kebugaran juaranya adalah CV. Anugerah Alam Indonesia asal Bengkulu.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga, mengapresiasi keterlibatan pemerintah dalam Gernas BBI. Ia berbagi, "Gerakan yang awalnya berusaha menyelamatkan pelaku UMKM di era pandemi ini ternyata berdampak luar biasa, melebihi ekspektasi."

Ia menyebut, saat ini, ada penambahan sekitar 15 juta pelaku usaha yang ke platform digital sejak awal Gernas BBI diluncurkan pada Mei 2020. Bima mengatakan, pelaku usaha tersebut bukan sekadar membuka toko online, tapi juga mengembangkan kemampuan bisnis secara digital, termasuk terkait kualitas produk.

"Tidak heran jika saat ini konsumen dengan sangat mudah menemukan berbagai produk lokal berkualitas yang tidak kalah mutu dengan banyak merek asing," tandasnya.

Dalam penyelenggaraannya, ABBWI dan ABBI 2023 juga didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Bank Indonesia (BI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini