Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: NewJeans Mendominasi Asia Artist Awards 2023, Penata Busananya Dinilai Mengecewakan

Selain seputar NewJeans di Asia Artist Awards 2023, Top 3 Berita Hari Ini juga menyinggung upaya mengampanyekan perlindungan hutan Papua sebagai habitat burung cendrawasih dan batik gedog Tuban yang dipakai Taeyong NCT.

Liputan6.com, Jakarta - Gemilangnya prestasi yang ditorehkan girl group NewJeans di Asia Artist Awards 2023 jadi salah satu topik yang masuk dalam Top 3 Berita Hari Ini. Grup asuhan ADOR ini setidaknya berhasil menyabet lima penghargaan sekaligus, yakni Hot Trend Award, Fabulous Award, Song Of The Year Daesang, Singer of The Year, dan Best Choice Award.

Kendati demikian, banyak warganet menganggap aneh busana yang dikenakan Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein. Padahal, kelimanya terpilih jadi wajah dari berbagai label busana mewah.

Yang tidak kalah menarik perhatian pembaca adalah upaya mengampanyekan perlindungan hutan Papua sebagai habitat burung cendrawasih melalui buku cerita anak Sampari si Cenderawasih: Masa Panen dan Peri Matoa karya Michael Jakarimilena dan Floranesia Lantang.

Buku cerita anak ini merupakan seri kedua setelah buku pertama Sampari: Si Cenderawasih sukses diluncurkan pada 2022. Floranesia Lantang menjelaskan bahwa pembuatan buku tersebut didasari minimnya edukasi soal satwa asli Papua, bahkan di Tanah Papua sendiri.

Terakhir, shoutout manis Taeyong NCT untuk para penggemar di Indonesia menggenapi daftar artikel populer. Akhir pekan kemarin, rapper berusia 28 tahun itu diketahui memakai baju batik gedog Tuban kreasi desainer Mel Ahyar setelah menghadiri acara fansign di Indonesia bersama personel NCT 127 lainnya.

Di keterangan unggahan, ia menyebut bahwa potongan busana itu merupakan hadiah. "Apakah ini batik?" tanya Taeyong. Siapa sangka, yang memberi hadiah untuknya ternyata istri Menko Perekonomian, Yanti Airlangga.

Berikut rangkuman Top 3 Berita Hari Ini secara lebih lengkap:

NewJeans Dominasi Pemenang Penghargaan di Asia Artist Awards 2023, Penata Busananya Dinilai Mengecewakan

Selain busana yang dianggap aneh, NewJeans di AAA 2023 juga menarik perhatian karena meja mereka tiba-tiba roboh saat acara berlangsung. Sebelum insiden itu terjadi, para member sempat berusaha memperbaikinya karena posisinya tidak stabil dan bergoyang-goyang.

Persoalan itu sementara terlihat bisa dibereskan. Namun, masalah lebih besar terjadi saat mereka berdiri untuk bertepuk tangan. Meja bundar itu tiba-tiba roboh dan menjatuhkan barang-barang di atasnya.

Selengkapnya...

Ajak Anak Mengenal Satwa Endemik Papua Lebih Dalam Lewat Buku Dongeng Sampari Seri Kedua

Floranesia mengaku merasa miris karena muatan lokal pendidikan di Papua masih minim membahas wilayah itu secara kontekstual. "Ya, biasanya muatan lokal itu mempelajari seperti hanya lagu-lagu daerah. Sementara, kalau yang ada di sekeliling kita, itu mungkin dianggapnya kita sudah tahu. Padahal, tidak semua orang tahu," jelas Flo, akrab disapa.

Ia menyebut, buku cerita anak dan literasi mengenai Papua masih sedikit. Sekalipun ada, itu hanya menonjolkan satu jenis burung cendrawasih saja. "Kita mau menonjolkan banyak karakter, supaya anak-anak tahu bahwa Papua itu kaya dengan alam, budaya, dan satwa endemiknya," tuturnya.

Selengkapnya...

Baju Batik Gedog Tuban Desainer Mel Ahyar yang Dipakai Taeyong NCT Ternyata Pemberian Istri Menteri

Di unggahan Taeyong NCT, Mel Ahyar menjelaskan di kolom komentar bahwa baju batik gedong Tuban itu merupakan bagian dari koleksi terbarunya "Archipelago."

Di komentar lain, Mel juga berterima kasih pada Yanti, menulis, "Makasih ibu sayang yang sudah memberikan gift dari Tuban. It was brilliant idea." Menurut laman Pemerintah Provinsi Jawa Timur, salah satu ciri khas batik gedog Tuban adalah serat benangnya yang kasar.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini