Sukses

Didiet Maulana Ungkap Konsep Baju Pernikahan BCL-Tiko, Berhias Brokat Prancis dan Bunga Melati yang Baru Didapat Pukul 3 Pagi

Untuk kebaya pernikahan yang dikenakan BCL, Didiet Maulana lebih memilih model kutu baru bernuansa klasik. Didiet mengaku bahwa ia mendapatkan inspirasi dari film-film dokumenter lawas asal Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Bunga Citra Lestari (BCL) dan Tiko Aryawardhana beberapa hari lalu dihadiri oleh Didiet Maulana. Selain sebagai sahabat, Didiet ternyata juga hadir sebagai desainer baju pernikahan.

Desainer kondang itu ternyata dipercaya untuk merancang baju akad pernikahan untuk BCL dan sang suami yang menggunakan adat Jawa. Seperti biasanya, baju akad BCL dan Tiko Aryawardhana ini bernuansa putih.

Setelah mengundang rasa penasaran, Didiet Maulana akhirnya memenuhi janjinya untuk mengungkap detail dari baju pernikahan BCL tersebut. Detail itu dibagikannya melalui sebuah unggahan di Instagram, Rabu (6/12/2023). "Inspirasi budaya Jawa menjadi konsep perancangan busana pernikahan Bunga dan Tiko," tulisnya dalam awal keterangan unggahannya.

Untuk kebaya yang dikenakan BCL, Didiet Maulana lebih memilih model kutu baru. Meski begitu, model kutu baru yang ditawarkan itu bernuansa klasik. Didiet mengaku bahwa ia mendapatkan inspirasi dari film-film dokumenter lawas asal Indonesia. Kebaya BCL merupakan hasil inspirasi dari pakaian pada tahun 1950 dan 1980-an.

Meski mengambil inspirasi dari kebaya di masa lampau dan khas Nusantara, ada nuansa mewah yang berbeda yang disematkan melalui hiasan kebayanya. Pasalnya, Didiet memilih bahan brokat Prancis untuk bagian luar kebaya.

Brokat Prancis itu didesain dalam bentuk bunga-bunga kecil yang kemudian menghiasi luaran kebaya BCL. Dipilihnya gambar bunga karena dianggap mewakili nama depan dari BCL dan menggambarkan nuansa kebahagiaan.

"Brokat Prancis berbentuk bunga disematkan pada beberapa bagian, sesuai dengan nama pengantin dan juga laksana bunga yang mekar di hari pernikahannya," terang Didiet. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beskap Tiko Menonjolkan Nuansa Aristokrat.

Tampilan Unge, panggilan akrab BCL, dilengkapi dengan angkin berwarna merah tua dengan batik sogan Sido Mulyo gaya Solo, yang menandakan pemakainya menjadi mulia, hidup bahagia dan tenteram.

"Unge memakai hiasan rambut yaitu sisir serupa mahkota di tengah dengan Centhung (perlambang gerbang), yang menandakan seorang perempuan akan memasuki gerbang tahapan baru kehidupan. Dengan melati dan veil lembut, menemani Unge berjalan menuju tempat pelaminan,” tulis Didiet.

Sementara Tiko memakai busana beskap yang terinspirasi dari beskap Sikepan dengan dalaman kerah tinggi, menonjolkan nuansa aristokrat. Lengkap dengan Blangkon dan melati yang khusus didatangkan dari Jawa.

"Bunga melati baru sampai di lokasi jam 3 pagi hari itu. Dengan epek timang antik. Mbak Mia melakukan set up merias Unge dan suka sekali dengan hasilnya. Kak Arnold membuat tampilan cantik rambutnya dengan melati yang dibawanya," jelas Didet.

Menurut Didiet, pagi itu, semua tim maksimal. Mereka semua tak lupa berdoa dan Didiet sempat memeluk Unge sebelum ia keluar untuk menyiapkan dirinya di hari istimewa itu.

3 dari 4 halaman

Awal Mula Didiet Merancang Baju Pernikahan BCL

"Clap to Aishah dan Mbak Mia yang sudah menata veil sehingga cantik ketika Unge menuruni tangga. Terima kasih Unge, Tiko dan Noah yang percaya sama aku buat bikin baju akad nikah ini. Sebuah moment yang akan selalu kuingat," pungkas Didiet.

Sebelumnya, Didiet juga menceritakan mengenai awal mula dirinya dipercaya menjadi desainer baju pengantin BCL. Sebelum memesan kebaya, Unge rupanya lebih dulu mengenalkan Tiko kepada Didiet.

"Sahabatku menikah! 20 tahun persahabatanku dengan Unge. Kita melewati banyak periode proses hidup masing-masing dan selalu ada kalau masing-masing membutuhkan," tulis Didiet dalam unggahan di akun Instagramnya, @didietmaulana pada Sabtu, 2 Dsember 2023.

"Dan waktu itu Unge mengenalkanku dengan seorang pria, "Dit, kenalin ni Tiko". Sambil senyum. Ok ngerti!" sambung Didiet. Didiet yang menyadari kalau Tiko telah menjadi pasangan baru BCL itu pun kerap meledek sahabatnya tersebut.

Ia kerap menggodanya dengan bercanda kalau Didiet sedang proses membuat kebaya pernikahan untuk BCL. Hingga pada akhirnya, Didiet mendapatkan pesan tak terduga dari aktris dan penyanyi kelahiran 40 tahun lalu itu.

4 dari 4 halaman

Penampilan Tiko dan Noah

"Sampai suatu saat... "dit, 2 desember 2023" WHATTTTT??? dia cuma bales hahahaha.. dan jawab "jadi kapan fitting".." tulis Didiet menirukan percakapan pesannya dengan BCL.

Didiet saat itu berjanji akan membagikan detail lebih lengkap mengenai kebaya tersebut. "Sekarang mau enjoying time dulu sama Unge dan Tiko. Selamat Guys! Tiko, jagain Unge dan Noah ya Brooo," pungkas Didiet Maulana.

Kebaya kutu baru yang dipakai BCL itu dipadukan dengan kain batik cokelat. Sementara Tiko mengenakan kain yang sama dan dipadukan dengan jas putih serta blangkon. Penampilan Tiko serupa dengan Noah, anak tunggal BCL dengan mendiang Ashraf.

BCL juga tampil menawan dengan rambut ditata dalam sanggul klasik, lengkap dengan hiasan ronce melati khas pengantin, dan memakai wedding veil yang menjuntai sampai menyapu lantai. Item ini secara khusus jadi sorotan karena kedapatan ditata perempuan, yang disebut warganet sebagai adik mendiang suami BCL Ashraf Sinclair, Aishah Sinclair.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini